alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Hampir 100% Kristen, Ternyata Timor Leste Pernah Punya Pemimpin Muslim
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bff5d3ac0d7705b718b4567/hampir-100-kristen-ternyata-timor-leste-pernah-punya-pemimpin-muslim

Hampir 100% Kristen, Ternyata Timor Leste Pernah Punya Pemimpin Muslim

Hampir 100% Kristen, Ternyata Timor Leste Pernah Punya Pemimpin Muslim

Peta Timur Leste (sumber : oilnow.gy)


Bagi orang Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan nama Timor Leste. Negara yang berbatasan darat dengan Indonesia ini pernah menjadi bagian dari Indonesia. Timor Leste sempat menjadi provinsi ke-27 Indonesia sebelum akhirnya merdeka pada tahun 2002. 

Hampir 100% Kristen, Ternyata Timor Leste Pernah Punya Pemimpin Muslim

Lambang Timur Leste saat menjadi bagian dari Indonesia (sumber : koranmakassar.com)


Timor Leste merupakan sebuah negara kecil yang populasinya hanya sekitar 1,3 juta jiwa. Populasinya terkecil kedua di Asia Tenggara setelah Negara Brunei Darussalam. 

Mayoritas penduduk Timor Leste merupakan orang-orang keturunan Austronesia. Selain itu itu terdapat juga sedikit orang-orang keturunan Papua, Portugis dan Tionghoa. 

Dari segi agama, umumnya penduduk Timor Leste menganut agama Kristen. 96 persen menganut Katolik dan 2 persen menganut Protestan. Sementara penganut agama Islam di negara tersebut tidak lebih dari 1 persen. Selain Kristen dan Islam, terdapat juga penganut agama Budha, Hindu, dan aliran kepercayaan di Timor Leste.

Berdasarkan komposisi agama di Timor Leste, terlihat jelas kalau Islam berstatus sebagai agama minoritas. Meski minoritas, ternyata Timor Leste pernah memiliki pemimpin seorang penganut agama Islam. Hal tersebut menarik perhatian sejumlah pihak mengingat Timor Leste merupakan sebuah negara yang hampir 100 persen penduduknya menganut agama Kristen.

Pemimpin Muslim Timor Leste tersebut bernama Mari Bin Amude Alkatiri. Dia merupakan Perdana Menteri pertama Timor Leste setelah negara tersebut mendeklarasikan diri merdeka dari Indonesia pada tahun 2002 silam. Menariknya lagi, kalau dilihat dari garis keturunan, Mari Alkatiri bukanlah keturunan Austronesia seperti mayoritas penduduk Timor Leste. Dia merupakan seorang muslim keturunan Arab-Yaman.

Hampir 100% Kristen, Ternyata Timor Leste Pernah Punya Pemimpin Muslim

Mari Alkatiri (sumber : okezone.com)


Mari Alkatiri merupakan salah satu tokoh kuat dari Partai Fretilin. Sebelum menjadi partai seperti sekarang ini, Fretilin dulunya merupakan sebuah gerakan pemberontakan terhadap pemerintahan Indonesia saat Timor Leste masih menjadi bagian dari Indonesia.

Mari Alkatiri pernah mundur dari jabatan Perdana Menteri Timor Leste pada tahun 2006. Namun dia kembali terpilih sebagai Perdana Menteri Timor Leste pada tahun 2017.

Boleh dibilang penduduk Timor Leste memiliki sikap toleransi yang kuat. Bila kita cermati, nyaris tidak pernah terjadi diskriminasi atau bentrokan agama di negara tersebut. Hal tersebut turut dibenarkan oleh sejumlah WNI yang menetap di Timur Leste seperti yang dilansir dari inews.com (10/4/18).

Biasanya bentrokan yang pernah terjadi di Timor Leste justru antara orang-orang yang terlibat di dunia politik. Khususnya antara pendukung integrasi dan pro kemerdekaan. 

Kedewasaan sikap orang Timor Leste dalam menerapkan toleransi beragama patut ditiru oleh Indonesia. Sebab, setiap warga berhak untuk menjadi pemimpin tanpa perlu terbatasi oleh agama yang dianutnya. 

Referensi :
https://tirto.id/timor-leste-pada-ma...-kolonial-co55
https://www.inews.id/news/read/89513...di-timor-leste
https://news.okezone.com/read/2017/0...ru-timor-leste

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
emoticon-Wow dari 97% maoyritas Kristen, tapi tangguh juga Mr. Mari Alkatiri ini emoticon-2 Jempol
Quote:

Yang terpenting itu rakyatnya mau menerima
Karena nggak ada larangan milih pemimpin non Mayoritas

Enaknya TimorLeste emoticon-Traveller
Balasan post arifdoank
Quote:


Nah itu juga Toleransi nomor satu itu emoticon-Jempol
Quote:

Dalam hal ini tampaknya kita harus belajar dari Timor Leste
ada demo bersilit silit gk disana ? emoticon-Hansip
sebernya klo gak ada klompok ekstrimis di indonesia, jg bisa ky gini, adem ayem tentrem, smoga klompok2 tsb segera lenyap dari Bumi Nusantara, Aamiin
Quote:

Dalam hal toleransi, orang sana jauh lebih dewasa
Quote:

Kalau demo kayaknya ada. Tapi ga terkait agama
ya memang....hal ini membuktikan bahwa toleransi di komunitas kristen masi ada. bener2 beda ama pemikiran keyakinan sebelah yang macem virus. orang dipilih krn kemampuan. bukan dijegal karena beda keyakinan
Quote:

Tergantung negaranya sih gan. Di amerika aja yg peradabannya lebih maju tidak pernah ada pemimpin dari kalangan agama minoritas.
beda agama tidak masalah.
karena perbedaan itulah kita belajar saling menghargai.
baru ngeh juga ane itu alkatiri orang yaman ketururnan pantesan ada adek kelas di azhar orang timor leste ane hafal nama belakng nya alkatiri
Diubah oleh yuswijaya
lho salah mlebu kamar aku,..
Toleransi yang tinggi nya wajib ditiru indonesia nih
Balasan post hardtocry
Bener banget gan
Diindonesia kenyang sama sara
Ane pernah tinggal di dili, timor leste antara tahun 2008-2011 dan selama disana dari sudut pandang ane toleransinya emang cukup tinggi.
Timor Leste kuat rasa nasionalisme mereka, karena sikap patriot kaya itu intoleransi dan paham kebencian lenyap. Andai sikap Indonesia kaya itu, udah lama negara ini maju.
Timor leste ga kampungan lah kaya kota itu emoticon-Big Grin
Liat kota London di inggris, siapa walikotanya?
London itu banyak yahudi
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di