alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ayo Tingkatkan Keamanan dan Lindungi Diri Anda dari Serangan Siber
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bff5a579252339c1a8b456b/ayo-tingkatkan-keamanan-dan-lindungi-diri-anda-dari-serangan-siber

Ayo Tingkatkan Keamanan dan Lindungi Diri Anda dari Serangan Siber

Ayo Tingkatkan Keamanan dan Lindungi Diri Anda dari Serangan Siber

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, menyatakan bahwa kesadaran masyarakat Indonesia terhadap keamanan siber masih sangat rendah. Budaya tersebut menurutnya, tidak perlu muluk-muluk dengan teknologi canggih, tetapi bisa dilakukan mulai dari setiap individu. Ia meminta sosialisasi mengenai keamanan siber digencarkan, karena dilihat dari Index Security, frekuensi Indonesia diserang peretas masih di atas rata-rata dibanding negara lain di dunia.

Sistem keamanan siber yang mumpuni menjadi salah satu penopang proses transformasi digital. Terlebih dengan era Industri 4.0 di mana Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Perindustrian, telah meluncurkan Roadmap “Making Indonesia 4.0” yang menjadi strategi nasional untuk mengembangkan perindustrian berbasis teknologi.

Presiden Direktur Microsoft Indonesia Haris Izmee, dalam presentasinya yang bertemakan “Cybersecurity in Indonesia: Are We Prepared for It?” menjelaskan beberapa poin penting untuk melindungi, baik individu maupun organisasi, dari serangan siber (cybersecurity), diantaranya:
  • Mulai berdisiplin dari diri sendiri, baik sebagai individu maupun organisasi

Yang paling mudah dilakukan diri sendiri adalah dengan selalu menggunakan software terbaru serta melakukan pembaruan software  secara rutin, menjaga kata sandi yang kuat, menggunakan otentikasi multi-faktor terhadap otentikasi mencurigakan jika diperlukan, memperbarui dan memelihara keaslian perlindungan sistem operasi, perangkat lunak, dan anti-malware.

  • Keamanan siber sebagai penggerak transformasi digital

Semakin berkembangnya tren global ke arah perekonomian digital yang mengandalkan teknologi, keamanan siber menjadi hal yang sangat penting untuk memastikan transformasi digital, baik pada skala individu, organisasi/ bisnis, maupun negara berjalan dengan lancar. Sebaliknya, transformasi digital juga memberikan peluang bagi praktik keamanan siber untuk meninggalkan cara lama dan memperkuat sistem keamanannya untuk menghadapi tantangan-tantangan digital.

  • Berinvestasi untuk perkuat fundamental organisasi dalam keamanan siber

Cegah serangan siber dengan terus melakukan praktik dasar keamanan terbaik. Sudah saatnya setiap individu dan organisasi memahami dasar-dasar keamanan siber dengan selalu menggunakan sistem operasi dan perangkat lunak serta anti-malware yang asli dan senantiasa diperbarui.

  • Tingkatkan kemampuan dan lengkapi dengan perangkat terintegrasi terbaik

Dengan menggunakan perangkat yang terintegrasi, individu dan organisasi bisa mengurangi jumlah perangkat yang digunakan dan sekaligus mengurangi kerumitan dalam operasi keamanan organisasi. Selain itu, memaksimalkan keterampilan karyawan untuk menggunakan perangkat yang ada juga akan membantu mengoptimalkan penanganan risiko keamanan siber.

  • Tinjauan, evaluasi serta kepatuhan yang berkelanjutan

Peninjauan dan evaluasi harus dilakukan secara rutin untuk memastikan bahwa tidak ada celah yang bisa mengancam keamanan siber di organisasi. Para pemimpin organisasi tidak hanya harus patuh pada regulasi industri, namun juga pada praktik-praktik keamanan terbaik.
  • Gunakan AI dan otomatisasi untuk tingkatkan kapasitas dan kapabilitas

Kemajuan kecerdasan buatan (artificial intelligence – AI) saat ini bisa digunakan untuk meningkatkan kapabilitas dan kapasitas operasi keamanan organisasi sehingga dapat secara cepat mendeteksi setiap celah dan membaca sinyal serangan siber dan upaya menghindari serangan bisa dengan cepat dilakukan.
  • Memilih platform awan yang aman dan konsisten, seperti model komputasi Hybrid Cloud

Serangan siber yang melibatkan pembobolan data bisa dihindari dengan menyimpan data pada sistem komputasi awan yang konsisten dan lingkungan on-premise. Dengan model komputasi Hybrid Cloud dari Azure Stack, solusi yang dimiliki oleh Microsoft ini menghadirkan platform keamanan yang menyeluruh dan bisa membantu melindungi ekosistem data pelanggan dan menjadi salah satu solusi perlindungan bisnis yang tepat.

Sumber: microsoft.com; cnnindonesia.com
Gambar: microsoft

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
perlu diberikan keamanan terutama dalam dunia maya emoticon-thumbsup


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di