alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Tech / ... / Website, Webmaster, Webdeveloper /
Cara Mengetahui Pemilik Domain Dengan Mudah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bff4e08c1d770023d8b4568/cara-mengetahui-pemilik-domain-dengan-mudah

Cara Mengetahui Pemilik Domain Dengan Mudah

Cara mengetahui pemilik domain tidaklah sulit dilakukan. Semua orang kini bisa mencari informasi tentang pemilik sebuah website dengan cara yang sederhana. Banyak sekali orang yang ingin mencari data lengkap sebuah website untuk berbagai tujuan, misalnya untuk melakukan penawaran produk, jasa domain, atau sekedar menambah referensi. Untuk itu dibutuhkan sebuah cara mengetahui pemilik domain yang tepat agar kita bisa benar-benar tau siapa sebenarnya pemilik web terkait. Jika mencarinya secara manual tentu akan memakan waktu lama. Terkadang kita kebingungan mencari tau siapa pemilik domain A dan siapa pemilik domain B. Nyatanya dalam mengetahui kepemilikan sebuah domain memang tidaklah sulit. Pasalnya, ada banyak layanan data di internet yang bisa digunakan untuk menyuguhkan informasi yang detail tentang pemilik sebuah web yang sebenarnya. Salah satunya adalah cara mengetahui pemilik domain dengan menggunakan WHOIS.

Apa Itu WHOIS?

Cara Mengetahui Pemilik Domain Dengan Mudah


Sebelum mengupas lebih jauh tentang cara mengetahui pemilik domain, alangkah baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu alat seperti apa yang anda gunakan berikut ini. WHOIS merupakan sebuah website yang menyediakan informasi tentang alamat, IP Address, dan juga nama pemilik website yang tersedia di internet. Semua data yang disajikan oleh situs ini cukup akurat dan bisa dijadikan bahan referensi oleh pencari informasi. Situsnya juga mudah diakses dan selalu tersedia kapan saja 24 jam. Ditambah lagi, banyak pengguna yang lebih memilih menggunakan situs yang satu ini karena kemudahan yang diberikan didalamnya.

WHOIS juga tak hanya menjadi cara mengetahui pemilik domain yang sangat istimewa, tapi mereka juga memiliki aplikasi tersendiri yang bisa mencari informasi yang ada di database WHOIS tersebut. Jadi informasi apapun yang anda inginkan akan tersaji dengan detail disana. Berikut adalah tutorial cara mengetahui pemilik domain.

Cara Mengetahui Pemilik Domain Dengan Memakai WHOIS

Cara Mengetahui Pemilik Domain Dengan Mudah


Pertama, anda harus membuka situs WHOIS terlebih dahulu yang bisa anda akses melalui whois.com, atau cukup ketik saja WHOIS di kolom pencarian. Nantinya akan muncul halaman utama dari situs informasi tersebut. Kemudian, anda tinggal memilih menu searching yang tersedia di halaman WHOIS ini. Lalu masukan nama domain atau IP Address dari situs yang ingin anda gali informasi. Selanjutnya, tunggu beberapa saat, maka hasilnya akan segera muncul dimana anda akan bisa mendapatkan informasi tentang data situs secara real time. Satu hal yang pasti, informasi yang tersedia di WHOIS juga selalu terupdate setiap saat, jadi anda akan benar-benar mendapatkan informasi actual yang tersaji didalamnya saat itu juga.

Apa Saja Informasi Yang Disajikan oleh WHOIS?

Ada beberapa informasi detail yang disajikan oleh WHOIS. Sebagai sebuah situs yang bisa memberikan informasi dengan akurat, anda akan melihat banyak kegunaan yang bisa anda nikmati didalamnya. Disini anda akan bisa mendapatkan informasi yang tepat antara lain sebagai berikut:

DOMAIN INFORMATION

Di sini anda akan mendapatkan informasi yang berkaitan dengan domain tersebut. Info tersebut menyuguhkan nama website terkait. Kemudian ada juga info tentang registration date dan expired date dari domain tersebut. Lalu ada juga info lainya tentang status domain apakah aktif, non aktif, atau pause. Serta informasi tambahan tentang nama server yang digunakan.

REGISRANT CONTACT

Informasi lainnya adalah yang berkaitan dengan orang yang mendaftarkan website tersebut. Disini biasanya terlampir informasi mengenai nama pendaftar, organisasi apa yang dia bentuk, kemudian dimana alamat dan kota tempatnya tinggal. Serta ada juga info tambahan tentang negara, email, dan juga nomor telepon pihak terkait yang bisa dihubungi.

ADMINISTRATIVE CONTACT

Informasi lainnya adalah yang berkaitan dengan data administrasi orang yang membuat website tersebut. Info yang disuguhkan kurang lebih sama dengan bagian registrant contact. Disini anda akan mendapatkan detal biodata dari orang yang memiliki web tersebut.

TECHNICAL CONTACT

WHOIS juga menyediakan technical contact yang berfungsi untuk melampirkan informasi tentang contact yang bisa dihubungi untuk pemilk website terkait. Disini anda juga akan mendapatkan informasi yang lengkap mengenai contact yang bisa dihubungi, nama pemilik website, IP Address, dan lain sebagainya.

RAW WHOIS DATA
Bagi anda yang ingin informasi yang lebih lengkap dan detail bisa melihat ke bagian raw whois data ini. Disinilah anda akan mendapatkan informasi yang lebih detail tentang bioinfo pemilik situs tersebut. Semua disini akan tersaji dengan detail sehingga bisa anda gunakan untuk berbagai keperluan. Yang terpenting adalah mengecek aktif tidaknya website tersebut karena ada beberapa website yang statusnya masih pending, belum aktif, atau sudah aktif.

Cara Mengetahui Pemilik Domain Melalui ICANN.ORG dan DOMAINTOOLS.COM

Ada beberapa situs lain yang bisa anda pakai dalam hal cara mengetahui pemilik domain Disini anda bisa berkunjung ke situs icann.org atau domaintools.com. Tentu saja keduanya juga memiliki fungsi yang saama untuk memberikan data yang lengkap tentang pemilik sebuah situs. Disini cara kerja yang mereka lakukan juga sama seperti WHOIS, yakni anda cukup memasukan nama situs terkait kedalam fasilitas search atau lookup yang mereka sediakan. Pastikan mengecek nama domain yang anda masukan sudah benar atau tidak supaya hasil yang anda dapatkan nanti bisa akurat.

Mereka juga memiliki cara kerja yang sama dengan whois.com. Tapi sebetulnya whois memiliki web lain yang bisa juga anda gunakan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, yakni whois.net. Beberapa situs diatas akan memberikan kepada anda informasi tentang pemilik website dengan mudah dan cepat. Lalu apa fungsi dan kegunaan dari WHOIS ini?

Cara Mengetahui Pemilik Domain Dengan Mudah


Pertama, fungsinya adalah sebagai pelindung hak cipta dari suatu merk dagang. Seperti yang kita ketahui di internet banyak orang yang mencari inspirasi untuk membentuk suatu organisasi, badan usaha, dan lain sebagainya. Terkadang mereka mencari inspirasi di badan yang sudah berdiri lebih dulu atau organisasi yang sudah terkenal.

Hal ini akan menimbulkan kebingungan jika ada orang yang memiliki dua nama, merk dan logo yang sama. Lalu siapa pemiliknya yang sebenarnya? Disinilah perlu adanya perlindungan hak cipta dan juga perlindungan terhadap sebuah merk dagang. WHOIS memberikan data yang riil agar merk tersebut tetap aman dan status kepemilikannya benar-benar diketahui oleh public. Selain itu, hal ini juga bisa meningkatkan kepercayaan terhadap pengunjung website terkait.

Dalam hal ini adalah website yang memiliki tujuan tertentu seperti website jual beli online dan lain sebagainya. Pastinya orang-orang ingin mendapatkaan informasi yang akurat tentang siapa pemilik dari web tersebut dan apakah transaksi yang terjadi didalamnya bisa dipertanggung jawabkan atau tidak. Selain itu, WHOIS juga berfungsi sebagai referensi untuk mengetahui apakah domain yang digunakan tersebut sudah pernah dipakai orang lain atau belum. Jika belum, maka orang lain akan bisa memakai nama domain terkait untuk menciptakan merk dagang online mereka.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Quote:


Cuma soal akurasi data hanya menggunakan whois itu belum tentu akurat. Karena whois domain itu mudah dimanipulasi, sekalipun itu domain ID yang syaratnya mesti pakai KTP. Kalau poin utamanya mencari pemilik domain secara akurat sih tidak cuma whois domainnya saja, karena domain akan berkaitan dengan alamat ip. Sebab tanpa alamat ip atau diarahkan ke alamat ip tertentu, domain tidak bisa digunakan.

Jadi akan lebih akurat juga apabila ditelusuri juga dari:

PTR
apabila PTR berbeda dengan A record domainnya, maka kemungkinan besar alamat ip dari domain tersebut tidak dikelola sendiri oleh pemilik domain yang bersangkutan.

Data Whois IP
Nggak cuma domain yang ada data whoisnya, IP address pun ada data kepemilikannya. Seperti org field, dan asn nya (ini sih biasanya untuk entitas yang besar). Kalau ip milik personal biasanya sih hanya tercantum nama di organization filednya saja, sedangkan ASN tetap dibawah provider penyedia jaringannya

Sertifikasi SSL
Hari gini siapa sih pemilik domain yang masih nggak peduli untuk memansag sertifikat SSL untuk domainnya? Berhubung sertifikat SSL saat ini sudah hal yang lumrah, selain bisa didapatkan secara mudah dan gratis. Nah untuk pemilik domain yang menggunakan domainnya untuk keperluan yang agak serius, sertifikat SSL ini jadi salah satu pertimbangan juga.

Untuk domain yang penggunaan lebih serius, misalnya domain untuk yang digunakan oleh organisasi, perusahaan, atau entitas tertentu biasanya sih dilengkapi dengan sertifikat SSL tipe EV atau OV. Kedua jenis sertifikat SSL ini sulit untuk dimanipulasi data kepemilikannya. Data yang tercantum dalam kepemilikan sertifikat tersebut pasti sangat bisa dipercaya. Berhubung prosesnya sertifikasinya juga banyak persyaratannya.



×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di