alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mungkinkah Kita Bisa Lupa Dengan Bahasa Ibu Kita?
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfe850198e31b072c8b4567/mungkinkah-kita-bisa-lupa-dengan-bahasa-ibu-kita

Mungkinkah Kita Bisa Lupa Dengan Bahasa Ibu Kita?

Mungkinkah Kita Bisa Lupa Dengan Bahasa Ibu Kita?


Bahasa ibu (disebut juga bahasa asli atau bahasa pertama), adalah bahasa pertama yang dipelajari oleh seseorang. Biasanya sejak lahir seseorang akan belajar dasar-dasar bahasa ibu mereka dari orang tua atau keluarganya.

Contoh, kalo kalian lahir di Indonesia, orang tua kalian adalah orang Indonesia dan hidup di Indonesia, lalu sejak lahir kalian diajari oleh orang tua kalian berbahasa Indonesia, maka berarti bahasa ibu kalian adalah Bahasa Indonesia.

Tapi walaupun sejak kecil kita selalu memakai bahasa ibu kita untuk berkomunikasi, tau gak kalian kalo kita mungkin saja bisa lupa dengan bahasa ibu kita? Bagaimana dan kenapa ini bisa terjadi, penjelasannya mungkin kompleks. Tapi mari kita bahas kenapa kita bisa lupa dengan bahasa ibu kita.
emoticon-cystg

Mungkinkah Kita Bisa Lupa Dengan Bahasa Ibu Kita?


Quote:


Ada kalanya kita akan menyadari bahwa setelah bertahun-tahun kita tinggal di luar negeri, terkadang bahasa ibu malah jadi terdengar asing bagi kita. Kebanyakan migran yang sudah lama pergi dan menetap di luar negeri pasti tau rasanya. Apakah semakin lama kita meninggalkan kampung halaman kita, semakin besar pula kemungkinan kita bisa melupakan bahasa ibu kita?

Hal ini tidak hanya dirasakan oleh migran yang telah menetap lama di luar negeri saja, tetapi ini juga bisa dirasakan oleh siapa saja yang berusaha mempelajari bahasa lain selain bahas ibu mereka.

Quote:



Mungkinkah Kita Bisa Lupa Dengan Bahasa Ibu Kita?


Pada anak-anak, fenomena ini lebih mudah dijelaskan karena otak mereka pada umumnya lebih gampang beradaptasi. Sampai sekitar usia 12 tahun, kemampuan bahasa seseorang relatif masih dapat berubah. Penelitian pernah dilakukan pada anak-anak yang diadopsi ke luar negeri dan hasilnya menunjukkan bahwa seorang anak usia 9 tahun bisa hampir sepenuhnya melupakan bahasa ibu dari tempat kelahiran mereka sendiri saat mereka dipindahkan ke luar negeri.

Tapi beda kasus dengan orang dewasa, ketika mereka pindah saat dewasa sepertinya bahasa ibu tidak mungkin bisa dilupakan sepenuhnya kecuali dalam kondisi-kondisi ekstrim. Misalnya, Schmid pernah menganalisa orang-orang Jerman keturunan Yahudi yang mengungsi ke Inggris dan AS saat masa rezim Nazi. Setelah sekarang ditanya, ternyata orang-orang Jerman ini tidak bisa bahasa Jerman bahkan mereka malah ingin melupakan bahasa ibu mereka karena trauma.


Mungkinkah Kita Bisa Lupa Dengan Bahasa Ibu Kita?


Seberapa baik kecakapan seseorang menggunakan bahasa ibu sangat berkaitan dengan talenta dalam diri seseorang itu sendiri. Orang yang mahir dalam berbahasa cenderung lebih bisa mempertahankan bahasa ibu mereka, tidak peduli seberapa jauh atau lama mereka pergi dari kampung halaman mereka dan menetap di luar sana.

Tapi bagi mereka yang sudah lama menetap di luar negeri, terkadang kurangnya penggunaan bahasa ibu mereka di tempat mereka tinggal biasanya menimbulkan persilangan linguistik. Mencampuradukan bahasa ibu mereka dengan bahasa tempat mereka menetap.


Mungkinkah Kita Bisa Lupa Dengan Bahasa Ibu Kita?


Sebut saja di London, yang dikenal sebagai salah satu kota dengan penduduk berkemampuan multibahasa terbanyak, hal ini sangat umum kita temukan sehingga jadi terasa seperti dialek para kaum urban. Tau kah kalian lebih dari 20% penduduk London ternyata tidak berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya.

Walaupun mereka memakai bahasa Inggris, mereka akan menyelipkan bahasa ibu mereka ke dalamnya. Misal, mereka berbicara menggunakan bahasa Inggris tapi dicampur dengan bahasa Italia, Perancis, Jepang, Korea, atau Tiongkok yang membuat dialek perkataan mereka jadi aneh.

Quote:


Orang Spanyol yang tinggal di Inggris kebanyakan dari mereka berbicara menggunakan bahasa Inggris. Karena sudah tinggal lama, bekerja dan terlalu sering menggunakan bahasa Inggris mereka jadi tidak terbiasa lagi dengan bahasa ibu mereka, bahasa Spanyol.

Kalo ketemu dan berbincang dengan sesama orang Spanyol mereka kadang malah canggung menggunakan bahasa ibu mereka sendiri. Dominguez menganalisa, sepertinya orang-orang Spanyol yang ada di luar negeri memang tidak suka bergaul untuk melestarikan tata bahasa ibu mereka.


Mungkinkah Kita Bisa Lupa Dengan Bahasa Ibu Kita?


Berbeda dengan orang Kuba, jika orang Kuba pergi ke AS hampir pasti mereka akan tinggal di Miami, sebuah kota yang terkenal karena jumlah komunitas Amerika Latin disana yang besar, dan mereka selalu berbicara menggunakan bahasa Spanyol dalam kehidupan sehari-hari.

Tapi setelah menetap lama di Miami, dialek bahasa Spanyol orang Kuba jadi berbeda, bukan karena pengaruh bahasa Inggris, tapi karena jenis bahasa Spanyol lain yang ada di Miami seperti bahasa Spanyol orang Kolombia atau Meksiko. Orang-orang Kuba lama-kelamaan malah berbicara bahasa Spanyol seperti orang Kolombia atau Meksiko.

Hal ini juga menunjukkan suatu proses alami manusia untuk beradaptasi terhadap realita di lingkungannya yang baru. Jadi mungkin teorinya semakin kita akrab dengan bahasa atau dialek lain yang berbeda dengan bahasa ibu kita, semakin mungkin itu mengubah tata bahasa ibu kita.


Mungkinkah Kita Bisa Lupa Dengan Bahasa Ibu Kita?


Sebenarnya untuk orang yang pergi ke luar negeri setelah dewasa dan menetap lama bertahun-tahun disana, kalo mereka mulai lupa dengan bahasa ibu mereka, masih bisa dibantu dengan cara mereka bergabung dengan komunitas sebangsa atau pulang kampung ke tanah asalnya.

Yang agak susah itu mungkin kalo sudah dibawa ke luar negeri sejak anak-anak, misal karena perkerjaan orang tua mereka terpaksa dibawa oleh orang tuanya untuk menetap dan tinggal belasan/puluhan tahun di luar negeri.

Walaupun mereka sempat belajar bahasa ibu, tapi karena mereka tumbuh dan berkembang menjadi dewasa di luar negeri, kemampuan bahasa ibu mereka mungkin terkikis. Dialek bahasa ibu mereka mungkin akan berbeda karena pengaruh bahasa dari luar, atau malah bisa saja mereka jadi sepenuhnya lupa dengan bahasa ibu mereka.

Tapi intinya, bagi kita yang namanya bahasa ibu adalah penting dan sudah terikat dengan identitas diri kita. Hal ini harus ditanamkan pada diri setiap orang, jangan sampai bahasa ibu kita terlupakan.
emoticon-nyantai


Referensi: BBC
Diubah oleh codename.isal
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
B O N U S +
emoticon-Shakehand2

Sejauh apapun melangkah...
Mungkinkah Kita Bisa Lupa Dengan Bahasa Ibu Kita?

Ingatlah kampung halaman...



*TEKAN GAMBAR UNTUK MELIHAT KOLEKSI THREAD ANE YANG LAINNYA

emoticon-Cendol Gan emoticon-Sundul emoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh codename.isal
bisa orang Jepang yang 10 tahun tinggal di Amerika bisa lupa Kanji

orang Indonesia yang tinggal di UK 15 tahun bisa gagap bahasa Indonesianya emoticon-Smilie
bahasa indonesia number one emoticon-Embarrassment
wong Jowo ojo lali Jowone...
komen greget
Yak benul
emoticon-Recommended Seller

Mungkinkah Kita Bisa Lupa Dengan Bahasa Ibu Kita?
"dimana tanah dipijak, disitu langit dijunjung"
ane sering pake 2 bahasa asing, inggris dan jepang.
kosa kata bahasa indonesia ane banyak yang ilang, harus mikir dulu agak lama baru inget emoticon-Leh Uga
Bisa hilang karena jarang di gunakan.

Ane turunan Jawa, Sunda, Aceh, Arab dari nyokap.

Sunda, Tionghoa dari bokap.

Dan ane gak bisa bahasanya, karena terbiasa pakai bahasa Indonesia dan Inggris.

Pernah baca lupa di artikel mana, kata nya nanti di masa depan bahasa bukan lagi menjadi masalah bagi manusia untuk saling berkomunikasi karena saat itu setiap manusia di tanam chip dan untuk berkomunikasi mereka gak perlu berbicara, mungkin semacam telepati atau entahlah.
Diubah oleh keykartwood
Quote:

Balik kesini jadi kayak bule ngomong nya emoticon-Big Grin

Quote:

Mari kita gunakan & lestarikan bahasa Indonesia emoticon-Shakehand2

Quote:

Apa tu gan artinya? emoticon-Thinking

Quote:

Salam sempak gan emoticon-Cendol Gan
Quote:

Betul gan emoticon-Jempol

Quote:

Nah ini contohnya dampak kalo kita sering gunakan multi bahasa emoticon-Ngakak

Quote:

Ane pernah liat di YouTube, ada teknologi kayak mikrofon gitu... Terus kalo kita ngomong bisa langsung ke translate sendiri, dan bisa di setting juga mau ke bahasa apa aja emoticon-Big Grin
ane always pake common language.... ya karena ane love bgt ma Indonesian languange emoticon-Cool
Ga mungkin bisa lupa selama kita di indonesia, walaupun sejago2-nya kita bahasa asing. Paranoid aja. Emangnya ente kalo keluar rumah bahasanya apa, walaupun di rumah ente pake bahasa inggris? emoticon-Big Grin
Quote:

Cintai bahasa Indonesia emoticon-I Love Indonesia

Quote:

Kalo tinggal disini mah gak akan lupa bre, kalo tinggal diluar bertahun tahun tuh baru bisa aja lupa, atau bahasanya jd belepotan emoticon-Big Grin
Gw juga pakai b.indo karna lingkungan gw orang indo, kalau lingkungan gw orang luar pun gw bakal ngomong indo karna gw gak paham omongan mereka. jadi secara gak langsung gw melestarikan emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh Quickies
oh berarti gak semuanya ya..
Tergantung banyak faktor, spt komunitas, lingkungan, dll

Nice share gan
Diubah oleh mockingbird7
jangan sampe lah
Temen2 ane di kampung jg udah pada gabisa berbahasa jawa Kromo, bisanya ngoko doank sm temen seusianya. Kalau ngmg sm yg lebih tua pada pakai bhs Indonesia. Ini ane aja di kampung yg notabene jauh dari kotanya Boyolali (dan Boyolali jg bukan kota)
Diubah oleh chaoslife
Jayalah slalu untuk dirimu Yang senantiasa berjasa
Tak pernah ada hentinya dalam sejarah manusia

Dia pula yang menaburkan warna berbagai bahasa
Mengajari manusia berhati mulia dan berbakti
Dia pula yang tak jemuh-jemuh untuk mengasuh
Dia pula yang tak henti-henti untuk memberi

Itulah IBU....
IBUku IBUmu IBUmi kita semua
Tanpa dia akkan pernah ada
Sejarahnya manusia...

Itulah IBU....
IBUku IBUmu IBUmi kita semua
Tanpa dia akkan pernah ada
Sejarahnya dunia...

by Marjinal

jangan sampe lupa gan, Indonesia tercintaemoticon-Mewek
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di