alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apa Bedanya Kebahagiaan dan Kesenangan?
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfe6ce2c0d770ce7c8b4567/apa-bedanya-kebahagiaan-dan-kesenangan

Apa Bedanya Kebahagiaan dan Kesenangan?

Pada intinya kita semua adalah bagian dari masyarakat pencari kesenangan. Kebanyakan dari kita menghabiskan energi untuk mencari kesenangan, dan disaat bersamaan kita semua cenderung menghindari penderitaan.  

Tapi apakah kesenangan selalu sama dengan kebahagiaan? Nggak juga. Sebab ternyata ada perbedaan besar antara kebahagiaan dan kesenangan. 

Apa Bedanya Kebahagiaan dan Kesenangan?

Kesenangan berarti momen perasaan sementara yang disebabkan oleh faktor dari luar. Misalnya ketika kamu memakan menu yang sangat lezat, gaji kita naik, dan lain sebagainya. Tapi karena sifatnya sementara, kesenangan tidak akan berlangsung selamanya. Kalau faktor pemicu kesenangannya hilang, maka hilang juga kesenangan yang dialami. 

Tapi sebagian besar orang tampaknya kecanduan dengan kesenangan yang sifatnya sesaat. Bukankah kita senang mengkonsumsi segala macam hal yang sifatnya memberi kesenangan sementara? Kita mungkin senang main game selama empat jam setiap hari, dan kegiatan macam itu kita lakukan setiap hari. Nah, main game selama empat jam sehari itu yang sering kita sebut sebagai kesenangan sementara. 

Apa Bedanya Kebahagiaan dan Kesenangan?


Apakah kesenangan sementara identik dengan kebahagiaan? Ternyata tidak. Ada sebuah masalah yang muncul ketika kita berusaha menyamakan kesenangan dan kebahagiaan. Sebab semua orang cenderung terjebak pada persepsi bahwa kebahagiaan mesti ada pemicunya. Tapi ketika pemicu itu hilang, ikut hilang pula kebahagiaan.

Nah, sampai di sini kita berhadapan dengan rumusan kedua: kebahagiaan tidak identik dengan kesenangan sesaat. Maksudnya begini: kalau kamu senang memakan chips, misalnya, maka ketika chips itu tidak ada, kamu akan merasa baik-baik saja. 

Apa Bedanya Kebahagiaan dan Kesenangan?


Seseorang bisa merasa bahagia ketika menikmati chips, namun tidak tergantung pada chips untuk meraih kebahagiaan. Hidup dan kebahagiaan seseorang tidak tergantung pada seberapa banyak chips yang dimakan dalam sehari. Terdengar rumit? Mari kita coba simak satu kasus Thomas, pencari kebahagiaan.

Thomas berhadapan dengan seorang psikolog. Dia adalah seorang pria, lebih tepatnya pebisnis, dengan kemakmuran dan keamanan finansial. Hidupnya juga terasa lengkap, berkat kehadiran istri yang cantik dan anak-anak yang sehat. Thomas memiliki rumah yang bagus dan banyak waktu luang untuk menikmati hidup. Masalahnya adalah: Thomas tidak bahagia.

Dari luar Thomas tampak bahagia, dan dia memang memiliki segala pra-syarat kebahagiaan. Terkadang dia menikmati satu momen kesenangan sementara, seperti ketika menonton pertandingan sepakbola atau bersosialisasi dengan kawan-kawan dekatnya. Tetapi di luar kesenangan macam itu, dia kerap merasa depresi dan sering mengalami kecemasan. 

Saking parahnya kecemasan yang dialami Thomas, dia sering mengalami sakit perut. Thomas sudah berkonsultasi dengan dokter, dan sumber penyakitnya itu berasal dari rasa stres. Thomas kemudian pergi ke seorang psikolog untuk mencari solusi.

Dalam sebuah sesi konsultasi dengan psikolog, diketahui belakangan bahwa keinginan terdalam Thomas adalah mengontrol orang dan segala macam kejadian yang ada di sekitarnya. Di lubuk hatinya, Thomas ingin segala sesuatu berjalan seperti maunya, dan percaya bahwa caranya itu akan berhasil. 

Apa Bedanya Kebahagiaan dan Kesenangan?

Dalam kehidupan nyata, Thomas selalu mengkritik istri, teman, anak-anaknya, bahkan pekerjanya. Dia percaya bahwa dirinya benar dan mereka salah, dan Thomas juga percaya bahwa tugasnya adalah untuk membetulkan mereka dengan penilaian dan kritik. Masalahnya bukan hanya kritik yang dilontarkan Thomas, tapi juga pemaksaan kepada orang lain supaya melakukan sesuatu seperti apa maunya. Tadinya cara seperti itu berhasil, dan memberikan kesenangan sementara kepada Thomas. Tapi ketika sakit perutnya semakin parah, dia akhirnya berkonsultasi kepada psikolog.

Sang psikolog dan Thomas mulai bekerja bersama mencari akar kebahagiaan yang bisa menyelesaikan masalah Thomas. Akarnya sederhana: Thomas akhirnya memilih untuk menjadi orang yang ramah, peduli, penuh kasih sayang, sekaligus lemah lembut dengan dirinya sendiri dan orang lain. Sederhananya, Thomas belajar bahwa kebahagiaan alami akan datang ketika dia mampu menunjukkan keramahan dan cinta, tidak hanya kepada dirinya sendiri, melainkan kepada orang lain juga. Sejak itu, sakit perutnya pergi dan lenyap begitu saja.

Dari Thomas mungkin kita semua bisa belajar satu hal: kebahagiaan utuh takkan bisa didapat dari kesenangan sesaat. Mungkin rumusnya begini: kalau kita merasa senang akan sesuatu, bukan berarti kita lantas merasa bahagia dengan apa yang kita senangi.


>>> SUMBER REFRENSI <<<


emoticon-Toastemoticon-Rate 5 Staremoticon-Toastemoticon-Rate 5 Staremoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star


Kunjungi Informasi Menarik yang Lain Yaa Gan :













Diubah oleh andibagaskara
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
ane kok masih bingungung mengenai chips ya gan .. emoticon-Bingung (S)
sama, ane masih bingung kedua konsep

Ditambah Chips pulak emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

tapi gapapa Gan, analisis mantap emoticon-Smilie
.ความสุขคือสงทเราอยด้วยเเล้ว
รสึกสบายใจทจะได้อย
เเต่ความสนุกคือเราได้กระทำส่งใด
ไปสงหนง เเล้วเรารสึกสนุกกับมัน
918Kiss
komen greget
Nais gan
emoticon-Cool

Apa Bedanya Kebahagiaan dan Kesenangan?
Ane masih bingung gan
beda lah
Quote:


translate bre
Kesenangan cuma bisa ente dapatkan pada waktu,tempat dan momen tertentu.

Kebahagiaan bisa ente dapatkan dimana aja.
Tergantung bagaimana cara ente bersukur.

Orang yg terlalu mudah dan selalu mendapatkan apa yg diinginkannya.
Kesenangan dan kebahagiaan baginya cuma sebentar gan.

Contoh kecil
saat agan memberi orang nga mampu duit 100ribu.
Agan bisa diingat terus sama orang tsb dan nga jarang agan didoakan juga.
Nominal yg terlalu murah untuk sebuah doa. emoticon-Big Grin


Coba agan kasih duit 1jt sama horang kaya.
Agan cuma dapat ucapan "makasi ya" emoticon-Big Grin

Iya emoticon-Big Grin emoticon-Hammer
Diubah oleh aretralala
Balasan post bhethoro.kolo
Quote:

Tergantung dimana thomasnya gan, kalau di amerika, chips artinya keripik kentang, kalau di inggris jadi kentang goreng, kayak kentang mcd tapi potongannya gede2.
Balasan post aretralala
Setujuuuu.. bahagia sesungguhnya itu bisa mensyukuri dimanapun kita berada ketika di atas maupun dibawah 😎🤟
salam mejeng
ane lebih suka bahagia
tulisannya bray emoticon-Hammer2

Leh Ugha

Dari Thomas mungkin kita semua bisa belajar satu hal: kebahagiaan utuh takkan bisa didapat dari kesenangan sesaat. Mungkin rumusnya begini: kalau kita merasa senang akan sesuatu, bukan berarti kita lantas merasa bahagia dengan apa yang kita senangi.
bahagia lebih kepada kepuasan batiniah broo
kalo kesenangan lebih ke lahiriah gans..
Quote:


(2) emoticon-Shakehand2
bahagia sudah pasti senang
senang belum tentu bahagia
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support16
Thread keren tapi sepi emoticon-Malu bagi ane senang adalah saat do'i putus sama pacarnya, sementara bahagia adalah saat doi mau menghabiskan sisa hidupnya bareng ama ane emoticon-Matabelo
Diubah oleh sukses.muda
ane masih bingung gan....
beda tipis soalnya......
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di