alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Cek Dulu, Bagian Ini Penting Banget buat Motor Ente, Gan!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfe5b3bc1d7703c3b8b456b/cek-dulu-bagian-ini-penting-banget-buat-motor-ente-gan

Cek Dulu, Bagian Ini Penting Banget buat Motor Ente, Gan!

Halo agan-agan
emoticon-Cool

Sebelum berkendara, sebaiknya kita emang tau apa yang penting di motor kita dan perlu di cek buat mastiin semuanya aman. Tapi, kadang gak banyak diantara kita langsung pakai setiap hari. Mungkin sepele sih “kemarin dipake gapapa”, yaaa… itu kemarin. Gatau hari ini gimana kondisinya.

Cek Dulu, Bagian Ini Penting Banget buat Motor Ente, Gan!

Well, emang penting banget buat ngecek beberapa bagian motor setiap hari. Hal ini tentunya buat memastikan kalau motor yang bakal kita gunakan emang layak jalan. Terus, apa aja sih bagian yang perlu di cek? Ini dia…

1. Rem berfungsi dengan baik
Jangan terlalu pakem tapi juga jangan terlalu dalam. Rem yang terlalu pakem bisa bikin kita jatuh saat menarik rem walaupun Cuma sedikit. Tapi, rem yang terlalu dalam pun akan membuat kita menabrak kendaraan di depan kita. Kita semua tau fungsi dari rem ini dan kita sendiri mungkin yang akan merasakan penggunaannya. Jadi, sebelum berkendara, pastikan rem motor berfungsi dengan baik ya!

2. Tekanan ban dan kondisi ban
Tekanan udara pada ban juga perlu di cek. Jangan sampai terlalu kencang ataupun kurang angina. Karena ban akan mempengaruhi banyak bagian, mulai dari velg hingga shockbreaker. Kalau tekanan udara pada ban kurang ataupun berlebih, bisa membuat rusak velg dan shockbreaker karena mereka akan bekerja lebih keras. Untuk kondisi ban, kita juga perlu memeriksanya dan memastikan tidak bocor ataupun ada benda yang menancap, bisa paku atau baut di jalan. Sebagian diantara kita mungkin sudah menggunakan ban tubles sehingga meskipun tertancap paku tidak akan langsung kempes, tapi performa ban gak akan bagus ketika ada paku yang menancap.

3. Tarikan gas tidak bermasalah
Meskipun jarang terjadi, tapi tarikan gas juga bisa bermasalah. Umumnya tarikan gas menyangkut, sehingga tenaga mesin akan di pacu terus dan motor akan terus berjalan jika gas menyangkut. Hal ini tentunya sangat berbahaya. Karena gas akan sulit kita kendalikan dan bukan gak mungkin akan membuat kita menabrak kendaraan lain atau jatuh dari motor.

4. Oli motor masih dalam keadaan baik
Cek bagian bawah mesin, apakah ada oli yang menetes? Cek tanggal kapan terakhir ganti oli? Cek sudah berapa jauh jarak penggunaan motor? Oli memang bukan hal yang terlihat penting setiap saat, tapi oli jadi bagian yang penting dan sangat berpengaruh untuk mesin motor. Jadi, pastikan oli yang digunakan juga dalam keadaan baik. Jenis oli yang digunakan juga sangat berpengaruh, kalau motor kamu matic, pastikan pakai oli untuk motor matic juga. Buat motor matic, saya biasa pake Eni Oil i-Ride 4T Matic ini oli yang bisa melapisi seluruh komponen mesin dengan baik serta dibuat dari base oil pilihan dengan additive khusus supaya bisa mengefesiensikan bahan bakar motor dan yang pasti sih bikin tarikan motor lebih enteng.

5. Kelistrikan motor
Mulai dari lampu motor, klakson, lampu sein, sampai starter. Hal ini yang cukup simpel dan bisa langsung keliatan. Sebelum berkendara, kita bisa test dulu. Kalau starter mati mungkin saat itu juga kita mengginakan kick starter atau selahan motor. Tapi kalau lampu sein mati, saat mau belok bisa jadi kita akan di tabrak dari belakang karena tidak memberikan tanda mau belok. Atau jika lampu motor mati dan kita berkendara di malam hari, tentunya kita akan membuat jarak pandang kita terbatas.

Udah di cek belum? Coba di cek ya. Pastikan 5 hal di atas berfungsi dengan baik sebelum berkendara ya! Jangan lupa juga buat selalu safety riding!
emoticon-Cool

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
6. punya budget buat maintenance
bensin

percuna kalo semuanya baik tp ga ada bensinnya emoticon-Cool
Kalau punya motor tapi ngga ada yang diajak jalan-jalan mah percuma emoticon-Hammer (S)

Quote:
Quote:


Bisa diganti air kelapa itu gan








Udah diminum sampe abis, tinggal dorong motornya emoticon-Wakaka


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di