alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Unsur Kebahasaan dalam Buku Ajar Bahasa Arab
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfe0fe3de2cf2d7628b4568/unsur-kebahasaan-dalam-buku-ajar-bahasa-arab

Unsur Kebahasaan dalam Buku Ajar Bahasa Arab

Unsur kebahasaan dalam pengembangan buku ajar Bahasa Arab adalah memperhatikan bahasa yang diajarkan  kepada peserta didik meliputi unsur-unsur bahasa dan keterampilan bahasa, sehingga materi yang akan diajarkan sesuai dengan tujuan-tujuan yang telah ditetapkan.[url=file:///E:/Ad-Dirosah/PKM%202017/pkm%202017.docx#_ftn1][size=4][font="Times New Roman", serif][1][/font][/size][/url]
Berdasarkan penjelasan di atas dapat dikatakan bahwa asa kebahasaan terdiri dari unsur-unsur bahasa dan empat keterampilan berbahasa. Unsur bahasa terdiri dari aswat, mufrodat, dan tarakib. Adapun empat keterampilan berbahasa tersebut adalah istima’, kalam, qiroah, dan kitabah.
Sedangkan keterampilan istima’ adalah kemampuan seseorang dalam memahami kata atau kalimat yang dibicarakan oleh pembicara atau suatu media tertentu.kemampuan ini dapat dicapai dengan cara latihan secara terus menerus untuk mendengarkan perbedaan bunyi unsur kata(fonem) dengan unsur yang lainnya.
Sebagai salah satu keterampilan reseptof, keterampilan menyimak atau maharah istima’ haruslah menjadi unsur yang lebih dahulu dikuasai oleh peserta didik.
Keterampilan kalam adalah kemampuan menggunakan bunyi artikulasi ataupun kata untuk mengungkapkan suatu ide atau gagasan, pendapat, serta keinginan kepada lawan bicara.secara umum kemampuan berbicara bertujuan agar peserta didik dapat berkomunikasi dengan baik dalam artian apa yang disampaikan dapat diterima dan dimengerti oleh lawan bicaranya.
Keterampilan qiraah adalah kemampuan mengenali, memahami isi suatu bacaan tertulis atau suatu teks tertentu.dengan makna luas kemampuan membaca tidak hanya berpaku pada melafalkan bacaan tetatpi memahami apa yang disampaikan oleh teks tersebut.
Jadi kemampuan membaca mencakup empat hal: yang pertama, mengenali symbol-simbol tertulis, yang kedua, memahami makna atau isi yang dimaksud, yang ketiga, menyikapi makna yang terkandung dalam teks, dan yang terahir, implementasi dalam kehidupan sehari-hari.[url=file:///E:/Ad-Dirosah/PKM%202017/pkm%202017.docx#_ftn2][size=4][font="Times New Roman", serif][2][/font][/size][/url]
Keterampilan kitabah adalah kemampuan dalam mendeskripsikan atau mengungkapkan ide gagasan mulai dari aspek yang sederhana sampai yang kompleks.
Kemampuan menulis dalam pembelajran Bahasa Arab secara garis besar terdiri dari imlak(al-imlak), kaligrafi(al-khath), dan mengarang(al-insya’)

[hr]
[url=file:///E:/Ad-Dirosah/PKM%202017/pkm%202017.docx#_ftnref1][size=3][font=Calibri, sans-serif][1][/font][/size][/url]Hamid, M Abdul, dkk. Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media. Malang: UIN-Malang Press. 2008. hlm 101.
[url=file:///E:/Ad-Dirosah/PKM%202017/pkm%202017.docx#_ftnref2][size=3][font=Calibri, sans-serif][2][/font][/size][/url]Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung:                PT. Remaja Rosdakarya Offset. 2014. hlm 144.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di