alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Kunyit Untuk Tendonitis
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfe0dc2925233cb488b4573/kunyit-untuk-tendonitis

Kunyit Untuk Tendonitis

Mungkin bagi anda yang sering merasakan nyeri pada sendi dan tulang nya, anda sudah tahu dengan yang namannya tendon ini. Jadi, tendon adalah band jaringan yang kuat, fleksibel dan berserat yang menghubungkan otot dengan tulang. Pada saat tendon mengalami peradangan, tersinggung, atau menderita air mata mikroskopis, kondisi seperti ini biasa disebut dengan tendonitis.

Tendon ini dapat kecil, seperti pita kecil yang lembut di tangan atau besar seperti tali berat dan ropelike yang menyandarkan otot betis atau juga paha. Di dalam kebanyakan kasus, penyebab dari tendonitis tidak diketahui. Apabila ada penyebabnya dapat diidentifikasi, kondisinya biasanya terjadi karena beberapa alasan.


Gejala Tendinitis

Secara umum, gejala dari tendonitis ini menyebabkan nyeri pada jaringan di sekitar sendi, terutama setelah sendi digunakan terlalu banyak saat bermain atau juga bekerja. Di dalam beberapa kasus, sendi mungkin terasa lemah, dan juga daerahnnya mungkin berwarna merah, hangat saat disentuh, dan juga bengkak.

Faktor Risiko Tendinitis

Terjadinya peradangan pada tendinitis ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pekerjaan, olahraga, usia, atau banyak lainnya. Ketika seseorang yang sudah berusia lanjut tendonnya menjadi kurang fleksibel. Hal ini dapat membuatnya rentan atau mudah mengalami cedera.

Untuk pekerjaan sendiri, tendinitsi secara umum terjadi pada pekerja dengan gerakan berulang, bergetar, membutuhkan banyak tenaga, dan juga bekerja dengan posisi tubuh yang janggal.

Kunyit Untuk Tendonitis

Tahukah anda bahwa tanaman kunyit dapat dijadikan sebagai ramuan untuk meringankan peradangan ? Tidak hanya peradangan saja, studi terbaru menyatakan bahwa kunyit dapat meringangkan peradangan menyakitkan seperti tendinitis ( radang tendon ) dan juga arthritis ( radang sendi ).

Kebanyakan orang, biasanya mengobati tendinitis ini dengan obat anti inflamasi seperti ibuprofen atau pun aspirin. Pada tahap yang lebih serius lagi, peradangan ini juga diatasi dengan suntikan steroid. Akan tetapi, obat-obatan tersebut memiliki efek samping, seperti mual, muntah, sakit maag, dan masalah lain yang berkaitan dengan sistem pencernaan serta kelelahan, sakit kepala, dan juga mengantuk.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para penelti dari University of Nottingham di Universitas Inggris dan Ludwig Maxmillians di Munich Jerman menyatakan bahwa kunyit dapat digunakan untuk menekan peradangan pada tendon.

Tanaman kunyit sendiri merupakan agen anti inflamasi ( anti peradangan ) dan obat untuk gejala yang berhubungan dengan sindrom iritasi usus dan gangguan lainnya. Sifat anti peradangan dan juga antioksidan yang dimilikinnya, membuat para peneliti di berbagai negara sedang menyelidiki kunyit untuk dalam pengobatan berbagai penyakit.

Selain itu, studi yang dilakukan dan telah dipublikasikan dalam Journal of Biological Chemistry menemukan bahwa kunyit dapat menghambat peradangan yang disebabkan oleh zat yang disebut interleukin. Tanaman kunyit sendiri mampu mencegah interleukin yang akan menimbulkan peradangan. Kunyit sendiri juga dapat memblok proses peradangan sehingga dapat digunakan untuk meringan tendinitis yang merupakan peradangan pada tendon.

Cara Pengolahan Ramuan Kunyit :

- Pertama, siapkan minyak kelapa dan juga kunyit secukupnya
- Kemudian, buat ramuan berbentuk pasta dengan mencampur minyak kelapa secukupnya dengan bubuk kunyi 1 sendok teh.
- Lalu, hasil olahan tersebut dapat langsung diterapkan langsung pada sendi yang nyeri dengan cara dibalut menggunakan perban.
- Setelah itu, apabila 3 jam sudah berlalu, bilas dengan menggunakan air biasa
- Terakhir, menggunakan perawatan seperti ini dapat diulangi sesuai dengan kebutuhan saja demi menghindari yang namannya efek samping kunyit.

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di