alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Buku /
Mengapa Harus Ada Perselisihan? Ketika Damai Lebih Membuat Kita Nyaman & Sejahtera
3 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfe0bf131e2e6455c8b4567/mengapa-harus-ada-perselisihan-ketika-damai-lebih-membuat-kita-nyaman-amp-sejahtera

Mengapa Harus Ada Perselisihan? Ketika Damai Lebih Membuat Kita Nyaman & Sejahtera

Mengapa Harus Ada Perselisihan? Ketika Damai Lebih Membuat Kita Nyaman & Sejahtera

Ya, mungkin sebagian sudut pandang memberikan cakupan bahwa adanya perselisihan akan dapat memunculkan kiat positif pada setiap diri manusia. Namun hal tersebut hanya sebatas bagi orang yang masih terkontrol emosi dan jiwanya. Menurut sumber merdeka.com ada beberapa efek akibat adanya perbedaan pendapat yaitu :

Memunculkan ide
Pola pikir akan mulai berkembang ketika adanya masukan dan ide yang berseberangan dengan orang lain. Ketika ilmu terbungkam pada satu titik akan dapat bertambah ketika adanya perbedaan gagasan dari sebuah pertentangan.

Belajar fleksibel
Pembelajaran lain yang didapat yakni pembelajaran tentang berlapang dada terhadap suatu masalah dengan orang atau suatu kelompok.Perselisihan bisa berakhir dengan baik jika kedua belah pihak mau saling mendengarkan. 

Memahami kepribadian
Saat terlibat perselisihan, Anda pasti akan belajar tentang pemikiran dan kepribadian orang lain. Dengan begitu, Anda tentu bisa lebih berhati-hati saat saat berurusan dengan orang yang sama.Setiap orang jelas memiliki pandangan yang berbeda-beda. Dengan berselisih, Anda pun akan semakin memahami perbedaan itu. Tidak ada yang salah dengan perbedaan jika Anda bisa menghargainya.

Menemukan solusi
Perselisihan tentu membutuhkan jalan keluar yang baik. Itulah manfaat penting dari berselisih, yaitu mendewasakan Anda dengan cara berusaha sekuat tenaga untuk menemukan solusi.

Membentuk reputasi
Layaknya perdebatan, bila semua gagasan disampaikan akan muncul reputasi antar kedua pihak penyampai. Meski salah satunya akan kalah akan tetapi reputasi akan tetap ada, dituliskan pada sejarah singkat yang akan dialirkan melalui mulut ke mulut.

***

Meski dengan adanya banyak dampak yang dirasakan oleh kedua pihak ketika datangnya perselihsihan. Namun rasa kebencian karena adanya perbedaan pendapat terkadang sulit lebih sulit dihilangkan dari pada dampak tersebut. Untuk itu selalu bertoleransilah dalam mengatasi orang yang berbeda pendapat karena hakikat bangsa Indonesia adalah satu kesatuan. Bhineka Tunggal Ika (berbeda-beda tapi tetap satu jua).


Dengan adanya kedamaian mengapa harus ada perselisihan yang tak membuat nyaman. Dengan adanya kenyamanan dalam berkehidupan sosial juga akan membuat kita lebih sejahtera. (arti damai)


Semoga bangsa, rakyat dan negara Indonesia menjadi negara yang damai sejahtera atas rahmat-Nya, mengutip dari tujuan adanya negara yakni menyatukan dengan persatuan untuk sebuah kedamaian.

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di