Kaskus

News

arin194Avatar border
TS
arin194
Perencanaan Pembelajaran Maharah Kalam
Perencanaan atau rencana (planning) adalah menyusun langkah-langkah yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan[url=file:///C:/Users/USER/Downloads/Documents/Makalah%20Kalam%20fixx.docx#_ftn1][color=black][size=4][font="Times New Roman", serif][1][/font][/size][/color][/url]. Pada konteks pengajaran, perencanaan dapat diartikan sebagai proses penyusunan materi pelajaran, penggunaan media penga­jaran, penggunaan pendekatan dan metode pengajaran, dan penilaian dalam suatu alokasi waktu yang akan dilaksanakan pada masa ter­tentu untuk mencapai tujuan yang telah diten­tuakan[url=file:///C:/Users/USER/Downloads/Documents/Makalah%20Kalam%20fixx.docx#_ftn2][color=black][size=4][font="Times New Roman", serif][2][/font][/size][/color][/url].
Berdasarkan definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran bahasa Arab adalah proses penyusunan materi, media, pendekatan, metode dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab pada masa tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.
Dalam pembelajaran, perencanaan pembelajaran memiliki berbagai manfaat yang sangat banyak bagi pendidik maupun peserta didik. Adapun manfaat perencanaan pembelajaran dalam proses belajar mengajar adalah sebagai berikut:
1.      Sebagai petunjuk arah kegiatan dalam mencapai tujuan,
2.      Sebagai pola dasar dalam mengatur tugas dan wewenang bagi setiap unsur yang terlibat dalam kegiatan,
3.      Sebagai pedoman kerja bagi setiap unsur, baik unsur guru maupun unsur murid,
4.      Sebagai alat ukur efektif tidaknya suatu pekerjaan, sehingga setiap saat diketahui ketepatan dan keterlambatan kerja,
5.      Untuk bahan penyusunan data agar terjadi keseimbangan kerja, dan
6.      untuk menghemat waktu, tenaga, alat-alat, dan biaya[url=file:///C:/Users/USER/Downloads/Documents/Makalah%20Kalam%20fixx.docx#_ftn3][color=black][size=4][font="Times New Roman", serif][3][/font][/size][/color][/url]
Secara umum perencanaan pembelajaran ada 2 yaitu Silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.[url=file:///C:/Users/USER/Downloads/Documents/Makalah%20Kalam%20fixx.docx#_ftn4][color=black][size=4][font="Times New Roman", serif][4][/font][/size][/color][/url]Silabus memiliki cakupan perencanaan yang lebih luas.
Adapun RPP adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus[url=file:///C:/Users/USER/Downloads/Documents/Makalah%20Kalam%20fixx.docx#_ftn5][color=black][size=4][font="Times New Roman", serif][5][/font][/size][/color][/url]. RPP merupakan bentuk detail dari silabus. Poin-poin yang direncanakan dalam silabus diinterpretasikan dan diimplikasikan secara rinci.
Dalam menyusun RPP hendaknya memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut:
1.     Perbedaan individual peserta didik antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik.
2.     Partisipasi aktif peserta didik.
3.     Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian.
4.     Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan.
5.     Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi.
6.     Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indicator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar.
7.     Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.
8.     Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi[url=file:///C:/Users/USER/Downloads/Documents/Makalah%20Kalam%20fixx.docx#_ftn6][size=4][font="Times New Roman", serif][6][/font][/size][/url]

[hr]
[url=file:///C:/Users/USER/Downloads/Documents/Makalah%20Kalam%20fixx.docx#_ftnref1][size=3][font=Calibri, sans-serif][1][/font][/size][/url]Harjanto, Perencanaan Pengajaran (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), hlm, 1
[url=file:///C:/Users/USER/Downloads/Documents/Makalah%20Kalam%20fixx.docx#_ftnref2][size=3][font=Calibri, sans-serif][color=black][size=3][font=Calibri, sans-serif][2][/font][/size][/color][/font][/size][/url]M. Yusuf A. Hasyim Zukhaira, Penyusunan perencanaan pembelajaran bahasa arab berbasis pendidikan karakter dan budaya bagi guru-guru madrasah ibtidaiyah (Semarang: ABDIMAS Vol. 17 No. 1, Juni 2013) hlm, 63
[url=file:///C:/Users/USER/Downloads/Documents/Makalah%20Kalam%20fixx.docx#_ftnref3][size=3][font=Calibri, sans-serif][3][/font][/size][/url]Abdul Majid, Perencanaan Pembelaja­ran: Mengembangkan Standar Kompe­tensi Guru (Bandung: Rosdakarya, 2006), hlm, 22
[url=file:///C:/Users/USER/Downloads/Documents/Makalah%20Kalam%20fixx.docx#_ftnref4][size=3][font=Calibri, sans-serif][4][/font][/size][/url]M. Yusuf A. Hasyim Zukhaira, Penyusunan perencanaan pembelajaran bahasa arab berbasis pendidikan karakter dan budaya bagi guru-guru madrasah ibtidaiyah (Semarang: ABDIMAS Vol. 17 No. 1, Juni 2013) hlm, 63
[url=file:///C:/Users/USER/Downloads/Documents/Makalah%20Kalam%20fixx.docx#_ftnref5][size=3][font=Calibri, sans-serif][5][/font][/size][/url]Ibid, 63
[url=file:///C:/Users/USER/Downloads/Documents/Makalah%20Kalam%20fixx.docx#_ftnref6][size=3][font=Calibri, sans-serif][6][/font][/size][/url]Permendikbud No 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, hlm, 7-8
0
147
0
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan