alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Heboh:Ilmuwan Tiongkok Mengklaim Telah Melakukan Penyuntingan Terhadap DNA Manusia
4.75 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfdf30332e2e615288b4567/hebohilmuwan-tiongkok-mengklaim-telah-melakukan-penyuntingan-terhadap-dna-manusia

Heboh: Ilmuwan Tiongkok Mengklaim Telah Melakukan Penyuntingan Terhadap DNA Manusia

Heboh:Ilmuwan Tiongkok Mengklaim Telah Melakukan Penyuntingan Terhadap DNA Manusia


Para ilmuwan rekayasa genetika dunia heboh, pasalnya seorang ilmuwan di Tiongkok yang bernama He Jiankui baru-baru ini mengklaim telah membantu melakukan rekayasa genetika terhadap DNA bayi manusia. Bayi kembar perempyan yang baru saja lahir ini telah di sunting (edit) DNA-nya oleh ilmuwan tersebut dengan menggunakan alat CRISPR-cas9.

Jika klaim tersebut benar, makan hal ini adalah lompatan luar biasa bukan saja dalam ilmu pengetahuan tapi juka dalam etika ilmu.

Tujuan Penyuntingan DNA
Dr. He mengatakan, tujua dia melukan penyuntingan DNA tersebut dari orang tua yang positiv mengidap HIV. Namun demikian tujuan penyuntingan tersebut bukan untuk mencegah anak mewarisi virus HIV dari orang tuanya, karena hal ini bisa dengan mudah dicegah dengan pengobatan-pengobatan yang ada sekarang. Akan tetapi tujuan dari penyuntingan DNA dari embryo bayi manusia ini adalah untuk agar si bayi bisa bertahan dan tidak terkena virus HIV dan AIDS.

Beliau merasa memliki tanggung jawab bukan hanya sebagai pionir dalam tindakan penyuntingan DNA embryo manusia tapi juga merasa hal yang dia lakukan sebagai contoh bagi para ilmuwan selanjutnya untuk melakukan hal yang sama. Selanjutnya biarlah masyarakat yang menentukan apakah hal tersebut adalah terlarang atau dibolehkan. Pada akhirnya, menrut dia, akan ada orang juga yang akan melakukan hal yang sama, jika bukan dia maka pasti akan ada seseorang yang akhirnya melakukannya juga.

Pro dan Kontra
Dalam melakukan penyuntingan DNA bayi manusia tersebut, ilmuwan Tiongkok dibantu oleh seorang ilmuwan asal Amerika. Pada dasarnya, penuntingan DNA manusia adalah ilegal di banyak negara termasuk Amerika sendiri. Hal ini karena manusia yang telah di sunting DNA-nya tersebut kelak bakal mewariskan DNA yang telah berubah tersebut pada keturunannya, dan juga membahayakan DNA orang lain. Hal ini karena, seandainya seseorang dengan DNA yang telah diubah menikah dengan orang lain dengan DNA yang belum diubah atau sudah diubah, anak hasil pernikahan tersebut sangat mungkin tidak lagi memiliki DNA yang sama dengan orang lain pada umumnya.

Dr. Kiran Musunuru, seorang ahli genetika dari Universitas Pennsylvania berkomentar, tindakan menyunting DNA bayi manusia merupakah hal yang tidak benar secara etika maupun moral. Sedangkan Dr. Eric Topol, kepala Scripps Research Translational Institute di California, mengatakan bahwa hal tersebut merupakan hal yang prematur (terburu-buru), penyuntingan DNA manusia sama hal-nya menyunting dasar sistem operasi seorang manusia, ini adalah suatu yang sangat besar (tidak seharusnya dilakukan dengan terburu). Dan masih banyak lagi para ilmuwan dunia yang menyatakan bahwa penyuntingan DNA pada manusia adalah suatu yang masih tidak aman untuk dilakukan, dan apa yang dilakukan oleh ilmuwan Tiongkok tersebut.

Berbeda dengan Dr. Kiran dan Dr. Eric, seorang ilmuwan dari Universitas Harvard yang bernama George Church berpendapat bahwa penyuntingan DNA manusia untuk mencegah penyakit HIV adalah suatu yang bisa dibenarkan, karena HIV adalah penyakit yang sangat membahayakan bagi kesehatan manusia.

Nasib bayi yang telah disunting DNA-nya
Sebelum melakukan penyuntingan DNA, Dr. He telah menjelaskan kepada orang tua bayi tersebut, bahwa hal tersebut belum pernah dilakukan sebelumnya dimanapun dan juga berisiko. Namun demikian dia menjamin asuransi bagi anak-anak yang terlahir dengan DNA yang telah disunting tersebut hingga berusia 18 tahun atau lebih lama lagi, jika para orang tua tersebut setuju. Dia meyakini bahwa apa yang dilakukannya tersebut bakal membantu keluarga tersebut dan juga anak-anak mereka. Jika seandainya penyuntingan DNA tersebut mengakibatkan efek yang tidak diinginkan, Dia sendiri akan merasa sakit sebagaimana yang dirasakan oleh para orang tua tersebut dan juga dia merasa sangat bertanggung jawab atas tindakannya tersebut.




Gimana menurut agan/aganwati, apakah penyuntingan DNA embryo manusia adalah etis? Kira-kira gimana ya tindakan tersebut dipandang dari sisi Agama? 

Beberapa referensi berita:
1. https://www.livescience.com/64166-fi...ies-risks.html
2. https://www.bloomberg.com/news/artic...aimed-in-china
3. https://www.apnews.com/4997bb7aa36c4...488e19ac83e86d
Diubah oleh dumpsys
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 6
emoticon-Wow
Wah, berarti apakah termasuk mutan ya gan?
Tujuannya sih baik gan, Ini menarik bukan hanya dari sisi etika dan sains, tapi juga dari sisi agama?

emoticon-Toast
Cikal bakal X Man
Transhumanism nih...
ilmu kapir emoticon-Bata (S)

melanggar kaidah2 agamaemoticon-Bata (S)

harus dibasmi emoticon-Bata (S)

kita negara yg agamis jelas menentangnyaemoticon-Bata (S)
Diubah oleh kena.semprot
Quote:


Jadi gimana menurut agan?

Quote:


Semoga bukan malah jadi lemah daya tahannya ya gan

Quote:


Semoga gan

Quote:


emoticon-ceyememoticon-gagalpaham
percobaan ini
Diubah oleh edsixteen
Quote:


Sepertinya kayak gitu gan, tapi menariknya scientist nya sudah cukup memiliki reputasi. Jadi taruhannya kredibilitasnya dia juga
Wah membuka gerbang ke pengetahuan yg lebih luas lagi gan
pantau dulu lah.
kalau edit dna hasilnya bagus kita cari bunyi ayat yang dukung.
kalau hasilnya ancur cari yang ngutuk.
biar kita diakui juga kehebatannya.
Kasihan nasib bayinya.. Jadi kelinci percobaan.. Kenapa juga musti alasannya karena virus HIV yang juga hasil rekayasa manusia..
Repotnya yg kek gini pasti melalui Trial and Error, nah di situ letak ga etisnya....
Quote:


Benar gan, dan berisiko

Quote:


Biasanya kaidahnya kalau bahaya, ga boleh, kalau aman boleh. akhirnya diserahin ke ahlinya yang menentukan apakah bahaya atau tidak. misalnya kasus rokok, kalau para dokter sepakat bahwa rokok bahaya, jadinya haram, kalau masih ga sepakat jadinya makruh. gitu kali ya emoticon-sudahkuduga

Quote:


Bener gan, ane juga merasa kasihan sama bayinya. terhindar dari HIV menurut ane belum 100% pasti, tapi jadi ada sesuatu yang kurang dari DNA-nya yang efeknya ada kemungkinan negatif emoticon-Sorry

Quote:


bener gan, perlu testing yang lebih banyak untuk memastikan keamanannya. sayangnya Dr. He ga mempublikasikan paper untuk penelitiannya ini, jadi ga ada peer review
Biar ga kena HIV.
Quote:

wah bisa gitu ya
komeng dlu bru baca mmpung pejwan
Quote:


Karena dilakukan sunting DNA yang mempengaruhi pewarisan HIV.
Quote:


Jangan lupa dibaca ya, gan.. nanti komeng lagi.
ini beritanya kemaren di tipi..
bakal di selidiki tuh melanggar kode etik katanya. emoticon-sudahkuduga

Kalo dilihat dari sisi agama sih, bakal kontra gan.
Diubah oleh yunda.me
gemboked doloe
Yang mau liat bayi nya dari sebelah aja.
emoticon-Cool
Diubah oleh yunda.me
Quote:


bahaya jg ya gan, ntr kya di pilem2 jdinya. memunculkan ras manusia baru

perasaan kmrn ane smpet baca yg kabar baik ada yg udh nemu vaksinnya loh,
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di