alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Ilmuwan China Berhasil Buat Bayi Kembar Tahan HIV Lewat Rekayasa Genetik
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfd5928dc06bd56548b4567/ilmuwan-china-berhasil-buat-bayi-kembar-tahan-hiv-lewat-rekayasa-genetik

Ilmuwan China Berhasil Buat Bayi Kembar Tahan HIV Lewat Rekayasa Genetik

Ilmuwan China Berhasil Buat Bayi Kembar Tahan HIV Lewat Rekayasa Genetik

Kemajuan di bidang sains kadang menimbulkan pro dan kontra, seperti yang terjadi baru-baru ini. Layaknya kejadian di film-film fiksi ilmiah, China berhasil menciptakan bayi kembar hasil rekayasa genetik. Bahkan disebutkan bayi tersebut bisa diedit genetikanya.


He Jiankui, ilmuwan asal China menciptakan bayi kembar tahan HIV yang dibuat dari rekayasa genetika. He Jiankui merupakan profesor pada universitas Southern University of Science and Technology (SUST) di Shenzhen. 
 
 DNA dua bayi kembar yang diberi nama "Lulu" dan "Nana" diubah melalui metode yang disebut CRISPR. Gen kedua bayi itu melewati "pengeditan" yang mencegah embrio terjangkit HIV. Ia pun menjelaskan, ayah kedua bayi kembar itu mengidap HIV. Namun prosedur yang digunakan ternyata kontroversial karena bisa jadi ancaman bagi landasan bioetika. 

 Ilmuwan itu menerangkan, orang tua kedua bayi tidak berniat memiliki bayi yang gennya dimanipulasi agar nantinya menjadi anak-anak yang sesuai dengan keinginan mereka.  
 
Quote:


Quote:


 Tak berapa lama setelah He Jiankui mempublikasikan video itu, Universitas SUST mengeluarkan pernyataan akan segera memulai investigasi, sambil menyebut prosedur itu pelanggaran serius terhadap etika dan standar akademik. SUST juga menambahkan, He Jiankui sekarang berada dalam masa cuti tanpa gaji sejak Februari lalu.

Pakar biokimia AS Jennifer Doudna, yang menciptakan metode CRISPR mengatakan, jika terbukti, langkah He melanggar cara pendekatan transparan yang disetujui komunitas sains dan melanggar prosedur penggunaannya.
Ilmuwan China Berhasil Buat Bayi Kembar Tahan HIV Lewat Rekayasa Genetik

Ada banyak perdebatan terkait hal yang dilakukan He Jiankui, termasuk di kalangan ilmuwan. Di Amerika Serikat, prosedur kedokteran itu dibatasi ketat hanya untuk penelitian di laboratorium. Sedangkan di Cina, pembuatan klon manusia dilarang, tetapi rekayasa genetik tidak dilarang.

Lantas apakah bahaya yang ditimbulkan dari penelitian tersebut?


Quote:


 Nicholas Evans, seorang profesor bidang filsawat di University of Massachusetts Lowell mengatakan, keputusan He Jiankui untuk mengumumkan pekerjaannya yang jadi terobosan itu, "adalah bentuk praktek ilmuwan yang sangat bermasalah," yang melanggar norma-norma masyarakat.

Evans menambahkan, rekayasa genetika pada embrio sudah beberapa kali dibicarakan. "Yang lebih revolusioner adalah anak-anak ini katanya dibuat untuk menghasilkan resistensi terhadap sebuah penyakit. Itu langkah yang mengandung banyak bahaya.”

Pengumuman He Jiankui muncul menjelang konferensi besar tentang pengeditan gen di Hong Kong. David Baltimore, pakar biologi yang memimpin konferensi internasional itu mengungkap, konferensi bertujuan untuk memutuskan "apa yang kita anggap benar dan salah."


Quote:

Mungkin sisi baiknya di masa depan dimungkinkan lahirnya bayi-bayi unggulan dengan gen-gen unggul yang bisa dipesan oleh para orang tua, atau kejadian terburuknya lahirnya mutan-mutan akibat rekayasa genetik yang berakibat ke generasi selanjutnya.

Lalu menurut agan sista bagaimana? Mendukung atau justru tak setuju dengan penelitian tersebut?

Sumber
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di