alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Machine Learning Bantu Tingkatkan Perekrutan Yang Tepat
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfcb92fe05227c84d8b4567/machine-learning-bantu-tingkatkan-perekrutan-yang-tepat

Machine Learning Bantu Tingkatkan Perekrutan Yang Tepat

Machine Learning Bantu Tingkatkan Perekrutan Yang Tepat

Di perusahaan teknologi, istilah Artificial Intelligence (AI), Machine Learning, Deep Learning hingga Natural Language Processing bukanlah sesuatu yang baru. Namun bagi masyarakat awam mungkin hanya istilah AI yang sering  terdengar dan lebih mudah di pahami. Tak banyak orang mengerti apa itu machine learning hingga perannya yang sangat penting dalam mempermudah kehidupan manusia.

Machine learning sendiri merupakan cabang aplikasi AI atau kecerdasan buatan yang berfokus pada pengembangan sebuah sistem yang mampu belajar atau melatih dirinya sendiri tanpa harus berkali-kali di program oleh manusia. Program ini dibangun menggunakan algoritma yang akan menyelesaikan suatu permasalahan. Algoritma machine learning yang ada merupakan jaringan saraf buatan yang inspirasinya datang dari cara kerja neuron otak manusia.

Algoritma menjadikan mesin mampu mengeksekusi sebuah pekerjaan secara spesifik, termasuk pekerjaan para Human Resource Departement (HRD) dalam merekrut karyawan baru. Lantas bagaimana mendapatkan kandidat karyawan yang tepat dengan biaya rendah tanpa harus merugi karena meng-hire pekerja yang buruk? Anda dapat menggunakan machine learning. Program ini memberikan kemudahan dan efisiensi melalui tiga bidang yang berbeda, diantaranya:
1.      Application and resume review
Program ini menyaring ringkasan berdasarkan kata kunci, memanfaatkan data sosial untuk mengidentifikasi kandidat karyawan, serta menggunakan kuisioner online.
2.      Pre-engagement
Menerapkan asisten AI dan chatbots untuk menanggapi pertanyaan calon karyawan atau menjadwalkan wawancara.
3.      Talent Sourcing
Mempersempit kandidat karyawan teratas menggunakan atribut kunci.

Saat tiga hal ini dapat memangkas biaya dan waktu HRD dalam merekrut karyawan yang tepat untuk mengisi posisi yang dibutuhkan perusahaan, terdapat satu hal yang dipercaya mampu memberikan jaminan dan dampak besar yaitu talent sourcing. Terdapat beberapa pertimbangan ketika Anda menggunakan machine learning untuk membantu menemukan kandidat karyawan yang tepat seperti passive sourcing, active sourcing dan diversity and inclusion.


Sumber: Oracle, Tech In Asia, Teknosains

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
dasar skill bisa diasses mesin Yang karakter dibaca manusia emoticon-Smilie
makin canggih saja emoticon-Smilie
gila ya semakin lama semakin canggih aja

kalau mau tahu seputar it atau masalah tkj kunjngi blogspot [img]didanlay.blogspot.com[/img]


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di