alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfc741f620881c1558b4569/memori-komputer

Memori Komputer

Pengertian Memori Komputer
Memori merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. Memori biasanya disebut juga dengan istilah : computer storage, computer memory atau memory, merupakan piranti komputer yang digunakan sebagai media penyimpan data dan informasi saat menggunakan komputer. 

 Memori komputer bertanggung jawab untuk menyimpan data dan aplikasi secara sementara atau secara permanen. Memori memungkinkan seseorang untuk menyimpan informasi yang tersimpan di komputer.

  

 Jenis - Jenis Memori Komputer
Memori Komputer dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis yaitu :
  •  Memori Primer

  Memori primer (juga disebut memori utama), digunakan untuk akses langsung data oleh prosesor. Karena penyimpanan memori utama menunjukkan kemampuan proses yang lebih cepat, sangat mahal dan karenanya tidak sebagian besar digunakan untuk penyimpanan data. Kebanyakan sistem komputer di seluruh dunia menggunakan memori utama hanya untuk proses bootstrapping dengan tujuan tertentu.

Memori utama dapat dibagi menjadi dua jenis – Random Access Memory (RAM) dan Read Only Memory (ROM). RAM mempertahankan isinya selama listrik menyala. Sebuah chip RAM digunakan sebagai memori utama pada kebanyakan komputer saat ini. Namun, komputer lama (di era 80-an) menggunakan perangkat ROM (disket, pita magnetik, tetapi lebih menonjol disket) sebagai mekanisme memori utama.

RAM (Random-Access Memory).
Adalah jenis memori yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer dihidupkan dan bersifat volatile. Selain itu, RAM mempunyai sifat yakni dapat menyimpan dan mengambil data dengan sangat cepat.RAM juga dibagi menjadi
Dua jenis yaitu : Static RAM (SRAM) dan Dynamic RAM (DRAM).
  • Static RAM (Mahal dan cepat):
  • SRAM menggunakan sirkuit bistable yang menempel untuk menyimpan satu bit masing-masing, dan karenanya lebih cepat daripada mitranya. Harga tinggi mencegah tidak banyak yang menggunakan pada mesin komputasi sehari-hari, tetapi banyak mesin modern menggunakan SRAM sebagai Cache prosesor.      
  • Dynamic RAM:

 Banyak digunakan dalam komputer modern sebagai memori utama, DRAM lebih lambat dari SRAM, tapi tidak mahal karena dan mudah dalam perakitan pemasangkan penyimpanan memori.

ROM (Read Only Memory):
ROM adalah bentuk penyimpanan permanen. ROM tetap aktif terlepas dari apakah power supply dihidupkan atau dimatikan. Meskipun demikian, ROM digunakan  sebagai perangkat utama untuk kebanyakan komputer di era 80-an. Ini karena perangkat ROM tidak memungkinkan data yang tersimpan di dalamnya dapat dimodifikasi.
Memori ROM yang digunakan dalam komputer modern adalah pra-program oleh produsen sirkuit dan tidak dapat diubah oleh pengguna. Alasan utama mengapa ROM tidak secara luas digunakan dalam sistem komputer modern adalah karena biaya masking dan kesalahan pengambilan. Proses ini sangat mahal, dan hampir tidak ada manufaktur yang murah.

  • Memori Sekunder
  • Tidak seperti memori utama, memori sekunder tidak langsung dapat diakses oleh komputer. Ketika komputer membutuhkan untuk menjalankan atau menjalankan aplikasi yang tersimpan dalam memori sekunder, pertama kali membawanya ke penyimpanan memori utama untuk sementara waktu, kemudian mengontrol dan menjalankan pelaksanaannya. Setelah eksekusi aplikasi dilakukan, prosesor melepaskan aplikasi dan mengembalikan kontrol dan data memori pada perangkat memori sekunder.
  •  Berikut ini Beberapa contoh Memori Sekunder :
    •  Magnetic Disk :  Merupakan piranti penyimpanan sekunder yang paling banyak dijumpai pada sistem komputer modern. Disk adalah sebuah piringan bundar yang dibuat dari logam atau plastic yang dilapisi dengan bahan yang dapat dimagnetisasi.data yang dikirim akan dikirim di atasnya dan kemusian dapat dibaca dari disk dengan menggunakan kumparan pengonduksi (conducting coil) yang dikenal dengan sebutan head. Selama operasi pembacaan dan penulisan, head akan bekerja dengan sifat stasioner, sedangkan piringan berputar di bawah head tersebut.
    • Drum Magnetic : Media penyimpanan ini berbentuk drum (sebuah silinder berlubang) yang dilapisi dengansebuah film magnetic. Drum dibagi-bagi menjadi beberapa track konsentrasi mengelilingi permukaannnya. Setiap track berhubungan dengan sebuah head baca/tulis yang tetap dan beberapa head dapat melakukan pembacaan atau penulisan secara paralel. Karena headnya tetap maka tidak ada waktu cari (seek time). Sebuah track pengendali waktu berfungsi sebagai sebuah referensi untuk menunjukkan posisi drum tersebut. Untuk mengakses data, pertama-tama head ditempatkan pada track atau track-track yang semestinya dan kemudian data pada track tersebut diakses secara sekuensial. Drum yang kecil memiliki kapasitas penyimpanan yang sama dengan disk, rata-rata 2x106 karakter. Drum yang besar memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar, sebagai perbandingan, hingga 9x109 karakter. 
    • Pita Magnetik  : ita magnetik merupakan salah satu jenis memori sekunder yang digunakan untuk penyimpanan offline yang besar. Pita magnetik juga berfungsi sebagai media transfer data yang paling sederhana antara mesin-mesin yang tidak mempunyai sambungan komunikasi secara langsung.
    • Floppy disk :Floppy disk(disket) terbuat dari cakram tipis, fleksibel yang dilapisi bahan yang bersifat magnetik dan terbungkus atau dilindungi oleh plastik.kebanyakan floppy disk hanya mampu menampung data sekitar  1-2Mb  saja, tetapi  sekarang  floppy  disk  dapat menyimpan  data hingga  1  Gb.  meskipun kecepatan  akses  datanya  lebih  lambat  dari  pada  harddisk  dan  lebih  rentan  terhadap  kerusakan permukaan disknya, floppy disk dulu sangat disukai karena harganya yang lebih murah dari pada removable disk lainnya dan dapat ditulis berkali-kali. 
    • Magneto-optic disk : Magneto-optic disk adalah salah satu contoh dari removable disk. Teknologi penyimpanan data pada magneto-disk adalah dengan cara menyinari permukaan disk dengan sinar laser yang ditembakkan dari disk head. tempat yang terkena sinar laser ini kemudian digunakan untuk menyimpan bit data, untuk mengakses data yang telah disimpan, head mengakses data tersebut dengan bantuaan kerr effect. Cara kerja kerr effect adalah ketika suatu sinar laser dipantulkan dari sebuah titik magnetik. palarisasinya akan diputar secara atau berlawanan dengan arah jarum jam, tergantung dari orientasi medan magnetiknya. rotasi inilah yang dibaca oleh head disk sebagai sebuah bit data. 
    • Optical disk : Optical disk tidak menggunakan bahan yang bersifat magneti sama sekali. Optical disk menggunakan bahan spesial yang dapat diubah oleh sinar laser menjadi memiliki spot-spot yang relatif gelap atau terang. contohnya dar optical disk ini adalah CD-RW dan DVD-RW.
    • Flash memory : 
    • Flash memori adalah sejenis EEPROM (Electrically-Erasable Programmable Read-Only Memori) yang mengizinkan akses pada lokasi memori untik dihapus atau ditulis dalam satu operasi pemograman. istilah awamnya memori adalah suatu bentuk dari chip memori yang dapat ditulis, tidak seperti chip random accsess memori, dan dapt menyimpan datanya meskipun tanpa daya listrik (nonvolatile). memori ini biasanya digunakan dalam kartu memori, USB flash drive(flash disk), pemutar MP3, kamera digital, telepon genggam.
    •  
    •   Hard Disk : Hard disk merupakan media penyimpanan yang paling handal. Keunggulan hard disk dibanding floppy disk adalah pada kecepatan dan kapasitasnya. Dengan bahan dasar yang kuat, maka hard disk dapat diputar lebih cepat. Demikian juga lapisan magnetic lebih kompak dan padat.  


  
 Cara Melihat Memori Komputer 
Sebagai tambahan saya akan memberikan sedikit informasi tentang Bagaimana melihat sisa Memori Komputer kita (RAM).Sebenarnya untuk melihat memori komputer, kita bisa menggunakan 3 cara yaitu : 


  • Klik pada ‘Start’ menu dan menunggu jendela menu Start untuk muncul ke atas. Klik kanan pada ‘My Computer‘, kemudian klik ‘Properties’. Pilih tab yang ‘General’. Anda akan dapat melihat RAM di komputer Anda di sini.
  • Klik pada ‘Start menu‘ dan kemudian pilih ‘Run’. Pada kotak dialog yang terbuka, ketik ‘dxdiag’ lalu tekan enter. Konfigurasi sistem akan muncul pada jendela baru.
  • Klik pada menu ‘Start’, kemudian ke ‘Programs’, lalu ke ‘Aksesoris’, selanjutnya ‘System Tools‘, dan kemudian ke ‘Sistem Informasi‘.  

Sumber : http://ulickfahindra.blogspot.com/
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di