alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Khusus Buat Nubie yang Belum Paham Soal Kode pada Ban
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfbe167620881b20b8b456a/khusus-buat-nubie-yang-belum-paham-soal-kode-pada-ban

Khusus Buat Nubie yang Belum Paham Soal Kode pada Ban

Khusus Buat Nubie yang Belum Paham Soal Kode pada Ban

Khusus Buat Nubie yang Belum Paham Soal Kode pada Ban

Permisi gan, balik lagi bahas seputar otomotif, bersama Nubi Pelatkuning007. Kali ini Nubi mau bahas, enggak sih... lebih tepatnya, reminding saja soal ban mobil. Buat yang sudah paham Alhamdulillah dan mungkin bisa share nambahin pengetahuan-pengetahuan yang belum dibahas Thread ini.

Masalahnya, masih banyak pemilik mobil baru (bahkan ada juga yang konsumen lama), enggak paham betul soal angka dan huruf yang tertulis pada dinding ban. Ini angka sama huruf bukan asal tulis gan, ada artinya masing-masing. Nah, ini yang mau Nubi bahas.. eh ingetin, hahahahaemoticon-Ngakak

Coba Agan lihat ban yang ada pada mobil masing-masing deh, bakalan nemu kode angka 245/65R16 86H. Apakah artinya, jadi tiap angka ini punya fungsi informasi tersendiri dan sudah punya ketentuan baku dari sononya, maksudnya udah standar internasional, di seluruh dunia sama Gan.

Khusus Buat Nubie yang Belum Paham Soal Kode pada Ban

Dari angka pertama, “245”, merupakan ukuran lebar telapak ban (permukaan ban yang menyentuh tanah) dalam satuan milimeter (mm). Angka selanjutnya, “65”, merupakan aspek rasio, yakni perbandingan antara ketebalan profil dengan lebar telapak ban. Jadi kalau 65 yang tertera, berarti ban ini punya ketebalan 65% dari lebar telapaknya.

Sederhanya, ukuran ban dari bibir pelek sampai lapisan ban terluar lah gan, seberapa tebel tuh ban.

Huruf “R” merupakan singkatan dari Radial, salah satu wujud konstruksi pola jahitan benang kawat yang membentuk si ban itu. Ada huruf lain, misalnya “B” singkatan dari Bias Belted, kemudian ada “D” singkatan dari Diagonal Bias. Ini lebih kepada teknologi konstruksi si ban dan berlaku di seluruh dunia.

Khusus Buat Nubie yang Belum Paham Soal Kode pada Ban

Kemudian, jumpa angka “16”, ini adalah ukuran diameter rim alias pelek (velg) dalam satuan inci. Makannya, waktu ganti pelek, pasti sering denger orang bilang, “ente pake ring berape?”emoticon-Sundul

Nah, angka ini acuannya gan...

Lanjut lagi angka berikutnya, “86”, ini bukan acara TV ya gan... hahaha.emoticon-Ngakak Ini adalah angka menunjukkan seberapa kuat itu ban mengangkut beban. Yak, setiap ban punya kekuatan daya angkut dan ini juga standar global. Kalau 86 itu kekuatan angkutnya hingga 530 kg per ban. Jadi kalau 4 ban, ya tinggal dikali aja gan. (nanti bisa lihat daftar list kode daya angkut di bagian bawah naskah ini ya gan)

Terakhir, huruf kapital “H”, merupakan kekuatan rotasi ban dalam kecepatan. Jadi, enggak semua ban bisa buat balapan gan. Itu sebabnya, ban buat mobil balap itu beda karakternya bukan kayak yang digunakan pada mobil sehari-hari. Kalau huruf H, artinya maksimal 210 km per jam. (ini juga ada listnya).

Khusus Buat Nubie yang Belum Paham Soal Kode pada Ban

Tabel load Index/ beban maksimal ban:

86=530kg
87=545kg
88=560kg
89=580kg
90=600kg
91=615kg
92=630kg
93=650kg
94=670kg dan seterusnya.


Tabel indikator kecepatan maksimal pada Ban:

G= 90km/jam
H= 210km/jam
J= 100km/jam
K= 110km/jam
L= 120km/jam
M= 130km/jam
N= 140km/jam
P= 150km/jam
Q= 160km/jam
R= 170km/jam
S= 180km/jam
T= 190km/jam
U= 200km/jam
V= 240km/jam
W= 270km/jam
Y= 300km/jam

Nah, mudah-mudahan menambah pengetahuan ya Gan...

Salam Cendol,
emoticon-Toast




Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
emoticon-2 Jempol
nice share gan. tambah wawasan soal ban mobil emoticon-Big Grin
nice inpo gan emoticon-2 Jempol
mantul infona emoticon-Recommended Seller
Thanks penjelasannya ganemoticon-thumbsup
Thanks infonya gan emoticon-2 Jempol emoticon-Rate 5 Star
mantul gan, cuma tabel indikator kecepatan yg blm ane tau, nice inpoh..
nice share gan


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di