alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
KOPI DECAF, Alternatif Kopi Tanpa Kafein yang Katanya Lebih Sehat (NEWS)!!!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfbbd16d675d43b1f8b4569/kopi-decaf-alternatif-kopi-tanpa-kafein-yang-katanya-lebih-sehat-news

KOPI DECAF, Alternatif Kopi Tanpa Kafein yang Katanya Lebih Sehat (NEWS)!!!

KOPI DECAF, Alternatif Kopi Tanpa Kafein yang Katanya Lebih Sehat (NEWS)!!!

Kopi menjadi salah satu minuman favorit untuk memulai hari agar lebih berenergi. Namun karena berbagai alasan tertentu, kopi harus dibatasi karena masalah kesehatan tertentu. Ya, kandungan kafein di dalam kopi memang selain membawa manfaat tetapi juga dapat menimbulkan efek samping tertentu. Kopi decaf atau kopi tanpa kafein disebut-sebut sebagai alternatif yang lebih sehat. Benarkah begitu?
Apa itu kopi decaf?
KOPI DECAF, Alternatif Kopi Tanpa Kafein yang Katanya Lebih Sehat (NEWS)!!!
Kopi decaf adalah sebutan lain untuk kopi tanpa kafein. Namun sebenarnya kopi decaf tidak bebas kafein sama sekali, tetap ada kandungannya tapi tidak sebanyak di kopi pada umumnya. Kopi decaf adalah kopi yang sekitar 97 persen kafeinnya dihilangkan.
Ada banyak cara untuk menghilangkan kafein dari biji kopi seperti menggunakan air dan pelarut organik atau karbon dioksida. Dibandingkan dengan kopi biasa, kopi ini memiliki rasa yang lebih ringan dan warna serta aroma yang tidak terlalu pekat.
Dikutip dari Healthline, penelitian menemukan bahwa 1 cangkir kopi decaf (180 ml) mengandung 0 hingga 7 miligram kafein. Sementara dalam kopi biasa, kandungan kafeinnya mencapai 70 hingga 140 mg per takaran saji.
Apakah kopi decaf bisa jadi alternatif untuk mengurangi kafein?
KOPI DECAF, Alternatif Kopi Tanpa Kafein yang Katanya Lebih Sehat (NEWS)!!!
Jika Anda sensitif terhadap kafein atau ingin menguranginya dengan alasan kesehatan tertentu maka kopi decaf bisa dijadikan pilihan. Hal ini karena kandungan kafein di dalamnya yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan kopi biasa.
Kafein memang memiliki berbagai manfaat seperti memperbaiki suasana hati, meningkatkan metabolisme, dan membuat Anda lebih berenergi. Akan tetapi, konsumsi kafein yang terlalu banyak juga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti menimbulkan kecemasan, insomnia, masalah pencernaan, meningkatkan detak jantung, hingga memberikan efek buruk pada kesuburan.
Oleh sebab itu, Anda bisa menjadikan kopi decaf sebagai alternatif untuk mengurangi asupan kafein bagi yang tetap ingin minum kopi.
Namun, yang perlu Anda ketahui bahwa baik kopi biasa maupun kopi decaf sama-sama mengandung manfaat kesehatan yang hampir setara. Pasalnya, baik kopi tanpa kafein maupun kopi biasa sama-sama mengandung antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas.
Asam hidrokinamik dan polifenol adalah antioksidan utama yang mampu mengurangi kerusakan oksidatif serta membantu mencegah berbagai penyakit seperti jantung, kanker, dan diabetes tipe 2.
Namun, beberapa penelitian menyebutkan bahwa kopi decaf justru mengandung antioksidan 15 persen lebih rendah akibat proses penghilangan kafein. Akan tetapi, kopi ini mengandung sejumlah nutrisi yang terdiri dari 2,4 persen magnesium, 4,8 persen kalium, dan 2,5 persen vitamin B3.
Cara membuat kopi decaf sendiri di rumah
KOPI DECAF, Alternatif Kopi Tanpa Kafein yang Katanya Lebih Sehat (NEWS)!!!
Meski kopi ini sudah banyak di jual di pasaran, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Namun, sebenarnya pembuatan kopi tanpa kafein ini tidak sesederhana kelihatannya. Berikut cara sederhana membuat kopi decaf sendiri di rumah:
Merendam biji kopi
Hal pertama yang perlu dilakukan untuk membuat kopi tanpa kafein adalah merendam biji kopinya. Anda bisa merendamnya di dalam air atau dengan menggunakan larutan etil asetat atau metilen klorida. Biji kopi yang direndam adalah yang masih hijau dan segar bukan biji yang telah dipanggang.
Isi mangkuk berisi biji kopi dengan air panas atau pelarut kemudian biarkan meresap selama beberapa menit. Kemudian, saring dan ulangi kembali. Proses pengulangan ini menentukan seberapa banyak kafein yang dihilangkan.
Panggang biji kopi
Proses selanjutnya yang bisa dilakukan ialah memanggang biji kopi. Anda bisa memanggangnya di dalam oven dengan memasukkan biji kopi yang telah direndam ke dalam loyang logam. Sebar biji kopi di dalamnya dan pastikan tidak ada biji yang menumpuk.
Panggang biji kopi selama kurang lebih 10 hingga 15 menit dengan suhu sekitar 230 derajat celcius. Setelah itu, angkat dan dinginkan.
Giling biji kopi dan seduh
Siapkan alat penggiling kopi dan mulailah untuk menggiling biji kopi yang telah dipanggang. Setelah semuanya tergiling dengan sempurna, kemudian seduh kopi dengan air panas. Usahakan untuk menuangkan air mendidih dengan suhu sekitar 90-90,6 derajat celcius. Agar kopi terasa lebih nikmat, campurkan 10 gram kopi ke dalam 180 ml air ke dalam cangkir favorit Anda.

emoticon-Cendol (S)emoticon-Blue Guy Peace Thank you KASKUS.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Suhu air 90°C ?! emoticon-Kagets

Rasio 1:18 ?! emoticon-Kagets

Direndam Etil asetat atau metilen khlorida? emoticon-Kagets

Cuma utk menurunkan kadar kafein harus mengorbankan citarasa yg tersembunyi dlm biji kopi?! emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

Mending minum arabika luwak emoticon-Nohope

Kandungan kafein kopi Arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %

Robusta memiliki kafein lebih tinggi, antara 1,7 - 4% sehingga lebih pahit

Kopi liberika memiliki kadar kafein sebesar 0,7-1,2 % dari total jumlah senyawa yang ada di setiap bijinya.

Belum lagi residu etil asetat atau metilen khlorida yg terserap dlm biji kopi. Aye gak gitu ngerti soal reaksi kimia antara kafein yg secara kimia memiliki rumus C6H10N4O2 dan termasuk dalam jenis senyawa organik. Kafein juga sering disebut dengan nama lainnya guaranine, trimethylxantine dan mateine. Termasuk dalam jenis senyawa alkaloid dengan titik leleh 237 derajat celcius.

Yang pasti bakal banyak merusak citarasa kopi itu sendiri......
minum kopi tanfa kafein se umpama makan soto tapi persi mie instan
enaknya dimana?

segernya minum kopi kental panas panas +cemilan ,, seger mata melek
Balasan post kruingputih3
Wahhh.. bgitu ya gan..

Thanks ya, secara chemical kurang tahu gan..

emoticon-Cendol (S)
Balasan post yuswijaya
Bener juga gan... tapi kan sehat.. hehe
Quote:


Jangan minum. Kopi
kopi yg di cari ya kapein nya, malah diilangin, sama aja kayak beli bakso tp mie sama kuah aja emoticon-Traveller
Kopi tanpa kafein gimana gitu yaa hehe tapi boleh juga dicoba
Silahken di coba.. Hal Baru yang sehat kan tidak apa agan sist..

Coffe in the morning..emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S)
kelihatannya menarik buat dicoba emoticon-Om Telolet Om!
kalau di pasaran harganya berapaan?
kopi apapun keknya sehat kalo dikonsumsi sewajarnya. apalagi untuk perokok berat ya katanya sehat
Quote:


ohemji. BEN ?!!!

Wahhh... HT nii. Terima kasih sekali lagi..

emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S) emoticon-Cendol (S)
emoticon-Wow Kopinya nubi emoticon-Cool
Bisa dicobain yang pengen minum kopi tapi tak mau kafein tuh.


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di