alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Manfaat kopi bagi kesehatan tubuh dan kecantikan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfba2e112e2574b468b4567/manfaat-kopi-bagi-kesehatan-tubuh-dan-kecantikan

Manfaat kopi bagi kesehatan tubuh dan kecantikan

Sebagian besar dari Anda pasti menyukai kopi, kopi merupakan mood boster yang sangat baik untuk Anda minum baik saat bersantai maupun saat melakukan sebuah pekerjaan tertentu. Kopi akan membuat mood Anda menjadi lebih baik, tidak mudah mengantuk dan konsentrasi tetap terjaga. Namun, terkadang ada beberapa masalah yang dialami oleh seseorang yang meminum kopi di saat yang kurang tepat.

Seperti saat perut masih kosong atau saat malam hari menjelang tidur. Kopi, mampu mengganggu kesehatan tubuh. Sehingga banyak orang yang menganggap kopi tidak baik bagi tubuh dan terlalu banyak mengkonsumsi kopi masuk ke dalam pola hidup yang tidak sehat. Padahal, jika Anda tahu kopi memiliki manfaat yang sangat banyak untuk tubuh.

Jadi, mari kita pelajari bersama kopi masuk ke dalam jenis minuman yang baik untuk tubuh atau malah berbahaya untuk tubuh. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Dr. Frank Hu yang dilakukan selama 20 tahun tentang efek kopi dalam tubuh, menyebutkan bahwa orang yang meminum kopi lebih banyak mampu bertahan hidup lebih lama.

Lebih spesifiknya lagi dalam penelitian Hu ini menemukan bahwa peminum kopi memiliki resiko lebih rendah terkena penyakit kordiovaskular dan neogeneratif. Penelitian Hu ini dimulai sejak tahun 1976 dan melibatkan hampir 210 ribu orang. Frank Hu sendiri merupakan peneliti yang sudah memiliki gelar Profesor di Harvard Medical School.
Penelitian ini, tentu mampu melibas mitos-mitos seputar kopi yang banyak beredar di masyarakat. Semua orang tetap bisa menikmati kopi, terlebih kopi merupakan komoditi terbaik di Nusantara. “kopi merupakan minuman yang sangat kompleks. 

Selain kafein, biji kopi juga mengandung ratusan bahkan ribuan bio aktif lainnya.
jadi, sangat sulit bahkan mustahil untuk menjelaskan efek dari setiap komponen dan senyawa tersebut, “ jelas Hu Manfaat kesehatan yang ditimbulkan oleh kopi, sebenarnya tidak hanya dihasilkan oleh satu komponen saja. Melainkan campuran antara satu komponen dengan komponen yang lainnya. Seperti halnya komponen berupa mineral dan juga antioksidan.
Penjelasan Hu selanjutnya ditambah dengan sulitnya mempelajari efek dari kopi itu sendiri terhadap tubuh, karena seperti yang kita tahu banyak peminum kopi yang juga menjadi perokok aktif. Hu menyebutkan rokok bisa saja menutupi manfaat dari kopi terhadap tubuh. dan manfaat kopi untuk tubuh ini ditemukan pada orang-orang yang mengkonsumsi kopi namun tidak merokok.

Dengan kata lain, aktivitas merokok dapat menutupi khasiat dari kopi. Dari penelitian yang dilakukan oleh Hu juga bisa dibuktikan bahwa meminum kopi secara rutin juga mampu menurunkan resiko diabetes, kardiovaskular, parkinson, dan penyakit hati termasuk kanker hati. Mengkonsumsi kopi juga mampu menurunkan potensi depresi dan keinginan untuk bunuh diri.

Selain itu, kopi juga mampu membantu tubuh untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah dan meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh, selain itu juga mampu mengurangi dampak peradangan. Namun, tidak selamanya kopi memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Akan berdampak buruk jika kopi dicampur dengan gula yang berlebih. Diabetes dan juga kadar gula dalam darah akan semakin parah dan tidak terkurangi.

Penelitian Lain Tentang Kopi

Penelitian tentang kopi yang dilakukan oleh National Cancer Institute menyebutkan bahwasannya peminum setia kopi memiliki resiko kematian dini 16 persen lebih kecil. Penelitian ini dilakukan selama 13 tahun dan melibatkan 400 ribu orang.
Meminum kopi memang dapat meningkatkan kadar hormon stres dalam  tubuh dan memicu ketergantungan pada kafein. Dan berikut ini ada beberapa manfaat kopi dan akan berdampak positif jika kopi dikonsumsi setiap hari.

Mencegah penyakit empedu

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Hervard pada tahun 2002 menyebutkan perempuan yang meminum kopi setidaknya 4 cangkir kopi setiap harinya mampu menurunkan resiko penyakit empedu. Penurunan resikonya mampu mencapai 25 persen.
Study sebelumnya menemukan hasil yang sama pada pria yang meminum kopi dalam kadar yang sama setiap harinya.

Mencegah depresi

Menurut laporan Archives of Internal Medicine menyebutkan bahwasannya perempuan yang meminum tiga cangkir kopi setiap hari 1 persen lebih kecil mengalami depresi. Sedangkan mereka yang meminum sebanyak empat cangkir memiliki 20 persen lebih rendah menurunkan depresi.

Meningkatkan memori

Kopi ternyata mampu menurunkan memori baik memory jangka panjang maupun jangka pendek. Dalam presentasi yang dilakukan pada Radiological society of Niurth America, para peneliti menemukan kenyataan bahwa mengkonsumsi dua cangkir kopi berkafein meningkatkan memori jangka pendek dan kecepatan reaksi.
Mengurangi resiko diabetes

Peminum kopi juga mampu mengurangi resiko diabetes tipe 2. Laporan pada Januari 2012 dalam Journal of Agricultural menyebutkan and Food Chemistry menyebutkan bahwasannya efek senyawa yang terkandung dalam kopi akan menghalangi  polipeptida yang dapat menghasilkan serat protein abnormal yang ditemukan pada orang dengan diabetes tipe 2.

Menurunkan resiko kanker

Manfaat kopi bagi kesehatan tubuh dan kecantikan www.idntimes.com[/caption]
Konsumsi kopi juga mampu menurunkan resiko kanker payudara, endometrium, prostat dan kanker hati serta menurunkan obesitas, estrogen dan insulin. Sebuah study pada 2008 di Swedia menyebutkan minum paling tidak dua sampai tiga cangkir kopi sehari mampu mengurangi risiko kanker dan menunda pertumbuhan kanker payudara.

Meningkatkan metabolisme tubuh

Sebuah  study pada tahun 1980 menyatakan bahwa kafein yang ditemukan pada kopi mampu merangsang metabolisme tubuh. Hal tersebut dimungkinkan akan terjadi pada orang “normal”. Sedangkan pada seseorang yang mengalami obesitas akan mengalami oksidasi lemak yang lebih besar.
Menurunkan resiko penyakit parkinson

Dalam Journal of American Medical Association pada tahun 2000 menemukan bahwasannya konsumsi kopi akan membuat resiko lebih rendah untuk menderita parkinson. Pada study yang dilakukan pada tahun 2010 juga menyatakan bahwasannya meminum dua sampai 3 cangkir kopi setiap hari, mampu menurunkan resiko mengalami penyakit parkinson sampai 25 persen lebih kecil.

Mengandung antioksidan tinggi

Penelitian yang dilakukan oleh Hervard, Edward Giovannucci dalam penelitian yang diterbitkan dalam Cancer Epidemiology, Biomarkers and Prevention, mencatatkan bahwa  kopi mengandung lebih banyak antioksidan daripada sayuran.
Meningkatkan kinerja dan performa

Kafein yang terdapat di dalam kopi telah dibuktikan mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan kinerja jangka pendek. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 menyebutkan jika manfaat kafein tampak dalam ketahanan, momen stop and go dan ada aktivitas intensitas tinggi jangka panjang.
Mencegah encok

Pada study 2007, yang dilakukan pada pria yang berusia 40 tahun membuktikan tentang ketahanan seorang yang berusia 40 tahun terhadap resiko asam urat.
Manfaat kopi untuk perawatan wajah

Tak hanya bermanfaat untuk wajah saja, kopi juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Jadi, untuk Anda yang ingin memiliki wajah yang halus, mulus dan bersih  secara alami, Anda bisa memanfaatkan kopi ini untuk perawatan wajah Anda. Pasti Anda penasaran, apa saja manfaat dari kopi untuk wajah. Berikut, kami akan menguraikan tentang manfaat kopi untuk kecantikan.
Mengecilkan pori-pori

Kopi juga bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori. Anda bisa menggunakan ampas kopi atau bubuk kopi yang belum di seduh. Cara menggunakan kopi untuk mengecilkan pori-pori yang dengan cara menjadikannya sebagai masker.
Aplikasinya sangat mudah, cukup siapkan dua sendok kopi bubuk, campurkan sedikit air, aduk hingga merata. Oleskan pada wajah, tunggu 15-20 menit, dan basuh dengan menggunakan air hangat.
Atasi wajah berminyak

Kopi juga bisa dijadikan sebagai cara yang ampuh untuk mengatasi wajah yang berminyak. Caranya yakni dengan menjadikan kopi sebagai masker wajah. Caranya yakni, siapkan dua sendok kopi murni, beri sedikit air hangat, aduk hingga merata, jangan sampai terlalu cair.
Setelah dicampur oleskan pada wajah secara merata pada seluruh bagian wajah. Setelah merata, diamkan selama 15-20 menit. Setelah mengering basuh dengan menggunakan air hangat sampai bersih. Lakukan perawatan ini 2-3 kali selama satu minggu dan lakukan saat sebelum tidur.
Melembutkan dan menghaluskan kulit

Ampas kopi juga bisa Anda jadikan sebagai scrub pada wajah sehingga kulit nampak lebih halus, terawat secara alami. Cara menggunakan ampas kopi ini yakni dengan cara mengendapkan ampas kopi, oleskan pada wajah secara merata diamkan selama 15-20 menit.
Setelah mengering jangan langsung dibasuh, gosok-gosok wajah sampai wajah terasa lebih halus. Setelah Anda menggosok wajah Anda, bilas wajah dengan menggunakan  air hangat. Keringkan wajah dengan menggunakan handuk hangat. Lakukan perawatan ini 2-3 kali selama satu minggu.

Menghilangkan bekas jerawat

Kopi juga berfungsi sebagai penghilang jerawat. caranya hampir sama dengan perawatan wajah dengan kopi lainnya. Yakni dengan menjadikan ampas kopi sebagai masker wajah. Jadi, setelah minum kopi sebaiknya Anda tidak membuang ampas kopi, simpan ampas kopi dan manfaatkan sebagai perawatan wajah yang alami tanpa efek samping.
Jadi, untuk Anda yang ingin memiliki wajah bersih dan terhindar dari bekas jerawat, sebaiknya Anda menggunakan cara ini agar kulit wajah Anda tetap terjaga kesehatannya.

Hilangkan komedo

Tak hanya bermanfaat untuk menghilangkan jerawat saja, ampas kopi juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo. Cara menghilangkan komedo dengan menggunakan kopi ini bisa dilakukan baik pada laki-laki maupun perempuan. Dengan perawatan kopi, komedo bisa bersih dari wajah Anda. lakukan ini dengan rutin 2-3 kali selama satu minggu. Luangkan waktu Anda sebelum tidur akan hasil lebih maksimal.

Dan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, sebaiknya Anda memilih biji kopi murni yang terbaik. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan kopi murni tanpa gula. Sehingga, yang meresap pada wajah Anda benar-benar kopi murni tanpa campuran apapun.

Selain memilih biji kopi pilihan, sebaiknya Anda juga memasak kopi dengan matang yang sempurna agar kopi tak hanya memiliki cita rasa yang nikmat namun juga mampu dimanfaatkan kandungannya dengan maksimal. giling kopi yang Anda masak dengan kehalusan standard lalu sedu dengan air yang tidak terlalu mendidih. Cita rasa yang nikmat serta ampas yang tersisa akan diserap oleh tubuh, sehingga manfaatnya bisa kita rasakan dari luar maupun dari dalam.
Demikian sedikit ulasan dari kami tentang kopi, manfaat kopi baik untuk kesehatan maupun untuk kecantikan, cara menikmati kopi dan berbagai kandungan serta mitos dari kopi. Semoga bermanfaat. Salam saatsantai
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di