alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Luar Negeri /
Ketika BBC membuat berita palsu
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfb9b4fd44f9fc12e8b4569/ketika-bbc-membuat-berita-palsu

Ketika BBC membuat berita palsu

Selamat Datang Di Thread Ku

Ketika BBC membuat berita palsu



Ketika BBC membuat berita palsu

Ketika BBC membuat berita palsu

Ketika BBC membuat berita palsuJauh sebelum 'berita palsu' memiliki nama, BBC adalah seorang ahli berita palsu, tulis Dabashi [Clodagh Kilcoyne / Reuters]

Awal bulan ini, BBC menyiarkan satu seri informasi yang informatif dan informatif tentang disinformasi dan berita palsu, "masalah global," sebagaimana mereka katakan dengan tepat, "menantang cara kita berbagi informasi dan merasakan dunia di sekitar kita."

Apa yang nyata? Apa distorsi? Serial ini mengajarkan kita. Saya menonton sebanyak mungkin episode dalam seri ini, dan selebihnya saya ikuti di situs web BBC. Dalam satu episode kita belajar bagaimana "polisi Nigeria mengatakan informasi palsu dan gambar-gambar pembakar di Facebook telah memberikan kontribusi terhadap lebih dari selusin pembunuhan baru-baru ini di Negara Bagian Plateau - sebuah wilayah yang telah dirusak oleh kekerasan etnis."

Di episode lain, kita belajar bagaimana di Mesir berita palsu menjadi senjata pilihan untuk menghancurkan perbedaan pendapat. Di bagian lain, kita belajar bagaimana "ponsel pintar mempermudah jutaan orang India untuk berkomunikasi dan berbagi pesan di media sosial. Tapi informasi yang salah menyebar dengan cepat dan sering dapat mematikan."

Serial ini kemudian bergerak untuk memberi tahu kita bagaimana "penyelidikan BBC telah menemukan bahwa media dan pejabat Rusia menyajikan klaim palsu tentang sebuah laboratorium yang didanai AS di negara tetangga Georgia." Dalam episode lain, kami diberi tahu tentang bagaimana "berita palsu di Turki merajalela, dan menargetkan banyak, termasuk BBC. Namun ada juga yang melawan."

Sambil menonton episode ini tiba-tiba terpikir oleh saya, karena saya yakin Anda juga telah memperhatikan, sesuatu yang agak aneh tentang seri ini? Ini semua tentang negara-negara non-Inggris, dan negara-negara non-Eropa - tentang India, Nigeria, Mesir, Kenya, Turki dan Thailand, yang tentu saja sangat baik untuk, tidak diragukan lagi, berita palsu adalah masalah global yang mencakup negara-negara ini.Tetapi menargetkan negara-negara non-Eropa ini sebagai situs berita palsu yang secara eksklusif menempatkan media Eropa dan BBC secara khusus sebagai wasit atas manifestasi kebenaran. Berita palsu adalah sesuatu yang dilakukan oleh orang-orang hitam dan cokelat yang terbelakang, sementara berita nyata adalah apa yang dikatakan BBC dan orang kulit putih lainnya kepada kami.

Itu membuat saya berpikir - seperti yang kita katakan di New York.

Kamu memalsukannya sampai kamu membuatnya

Eksotisme dan eksorsisme yang disengaja ini dari berita palsu sebagai sesuatu yang terjadi di antara orang-orang gelap dan bukan di antara Inggris terdengar sedikit, bagaimana harus saya katakan dengan sopan, aneh bagi sepasang telinga Iran yang cukup tua untuk mengetahui kudeta militer AS-Inggris melawan Mohammad Mossadegh pada tahun 1953, dan fungsi propaganda resmi media berita mereka dalam tindakan berbahaya itu. Sikap yang lebih suci dari sikap media resmi AS dan Inggris, BBC dalam kasus khusus ini, bisa menggunakan sedikit memori historis. Itu akan mengajarkan mereka kerendahan hati.

Jauh sebelum "berita palsu" memiliki nama, BBC adalah seorang ahli berita palsu, sebenarnya berita palsu tentang yang paling berbahaya, konsekuensi yang paling kejam, menghamburkan bangsa, bukan hanya individu, ke dalam bencana langsung.Yang ada dalam pikiran saya tentu saja adalah peran rawan BBC sebagai mesin propaganda imperialisme Inggris di seluruh dunia. Serta dalam memungkinkan dan memfasilitasi kudeta CIA / MI6 tahun 1953 di tanah air saya pada khususnya, dengan melakukan persis apa yang sekarang berjalan di sekitar menemukan negara-negara gelap melakukan - terlibat dalam berita palsu dan propaganda.

Peran BBC dalam menggulingkan Mosaddeq tidak keluar dari karakter atau tidak biasa. Dalam sepotong berjudul Mengapa tabu kisah pertempuran propaganda perang di masa perang harus diberitahu diterbitkan oleh The Guardian, David Boyle menulis tentang karakter seperti Noel Francis Newsome (1906-1976), yang "sebagai direktur siaran Eropa ... memimpin apa yang masih operasi penyiaran terbesar yang pernah dipasang, dalam 25 bahasa yang berbeda untuk total lebih dari 25 jam sehari, melintasi tiga panjang gelombang. "

Potongan kebenaran semacam itu adalah sumber rasa malu untuk BBC hari ini, karena "dialah yang menentukan strategi untuk menggunakan berita sebagai senjata perang - itu tidak hanya benar tetapi juga diakui Inggris."

Di sini kita belajar "itu Newsome dan Ritchie (wakilnya Douglas Ritchie) yang benar-benar menciptakan mitos BBC, dengan menggunakan berita sebagai senjata - tidak cukup apa yang dikatakan mitos - dengan semua sumber daya budaya, musik, dan humor."

Jika Anda pikir ini terlalu mencurigakan, maka Anda harus tahu: "Kepala propaganda Hitler, Goebbels, memperingatkan pada 1944:" Ada satu cara di mana Inggris, terlepas dari sempitnya pemikiran politik mereka, berada di depan kita - mereka tahu bahwa berita dapat menjadi senjata dan ahli dalam strateginya '. "

Ini bukan orang coklat atau orang kulit hitam yang berbicara - ini orang Jerman kulit putih yang berbicara tentang orang kulit putih Inggris yang memimpin BBC.

BBC dan CIA / MI6 Coup tahun 1953

Apa yang dilakukan oleh Inggris dan BBC di Iran terhadap Mossadeq sangat selaras dengan mesin propaganda perang dan pasca perang yang lebih besar. Di sini peran BBC dalam menjelekkan dan mengutuk karakter Perdana Menteri Mohammad Mossadeq bahkan bukan masalah. Yang dipermasalahkan adalah peran langsung yang dimainkan BBC Persia dalam peristiwa yang menentukan itu.

Setelah bertahun-tahun kecurigaan spekulatif diberhentikan sebagai teori konspirasi, BBC Radio 4 akhirnya mengakui, dalam sebuah program yang disebut Dokumen, dan subtitle A kudeta yang sangat Inggris, fakta tindakan berbahaya dari BBC. "Dokumen-dokumen mengungkap," kata BBC sekarang, "sejauh mana keterlibatan Inggris dalam kudeta tahun 1953 yang menggulingkan pemerintah terpilih secara demokratis dan menggantikannya dengan tirani Shah."Program kemudian secara eksplisit menjelaskan: "Iran baru saja menasionalisasi ladang minyak yang sangat yang telah mendorong Inggris melalui dua perang dunia. Downing Street menginginkan mereka kembali. London membayar agen Iran untuk menabur benih perbedaan pendapat di Teheran. Kemudian, untuk memenangkan dukungan Amerika untuk kudeta, orang-orang dari Kementerian mengipasi kekhawatiran invasi Rusia. "

Kemudian muncul kalimat pembuka: "Bahkan BBC digunakan untuk mempelopori kampanye propaganda Inggris. Bahkan, Bibi setuju untuk menyiarkan kata sandi yang sangat untuk memicu revolusi." Dengan "revolusi" tentu saja itu berarti kudeta.

The New York Times juga melaporkan: "Inggris, juga, berusaha untuk mempengaruhi Shah dan meyakinkannya bahwa agen mereka berbicara untuk London. Seorang agen Inggris, Asadollah Rashidian, mendekati dia pada akhir Juli dan mengundangnya untuk memilih frasa yang kemudian akan menjadi disiarkan pada waktu yang telah diatur sebelumnya pada program bahasa Persia BBC - sebagai bukti bahwa Tuan Rashidian berbicara untuk Inggris. "

Fakta yang sama dilaporkan oleh The Guardian: "Pria lain, Asadollah Rashidian, diduga mendekati shah dan mengundangnya untuk memilih sebuah frasa yang kemudian akan disiarkan pada waktu yang sudah diatur sebelumnya di layanan bahasa Persia BBC sebagai bukti bahwa Rashidian berbicara untuk intelijen Inggris.

"Terkadang bahkan paranoid memiliki musuh

"Hanya karena kau paranoid," Woody Allen dilaporkan hanya mengatakan setengah lelucon, "bukan berarti mereka tidak keluar untuk menjemputmu." Hal yang sama berlaku tentang teori konspirasi tentang BBC. Kadang-kadang bahkan paranoid pun benar.

Masalah peran BBC dalam politik Iran dan negara-negara lain telah menjadi begitu lazim sehingga para sarjana telah melakukan penelitian menyeluruh tentang kebenaran masalah ini dan menerbitkan buku-buku yang didokumentasikan dengan cermat mengenai masalah ini.

Dalam volume yang diedit oleh Marie Gillespie dan Alban Webb, Diasporas dan Diplomacy: Zona kontak Cosmopolitan di BBC World Service 1932-2012, yang merupakan studi yang sangat baik dari komunitas diaspora dan layanan komprador mereka di BBC, kita belajar bagaimana "ketika tiba untuk melaporkan secara negatif di Mossadeq, selama dua minggu semua penyiar Iran menghilang. BBC tidak punya pilihan selain membawa orang-orang Inggris yang berbicara bahasa Persia karena Iran telah melakukan pemogokan. "Dalam pengantar mereka, para editor mengutip Sir Robert Hamilton Bruce Lockhart (1887-1970), yang mereka identifikasi sebagai "wartawan, mata-mata, dan diplomat Inggris," telah mengatakan: "untuk biaya sebuah kapal penjelajah kecil Anda dapat merekrut layanan dari armada pertempuran "sebagai pembenaran untuk pendanaan pemerintah Inggris dari BBC.

Dua cendekiawan lainnya, Annabelle Sreberny dan Massoumeh Torfeh telah menerbitkan sebuah studi yang lebih rinci, Persia Service: BBC dan Minat Inggris di Iran (2014) di mana mereka memeriksa "persepsi" bahwa BBC bukan hanya seorang penulis sejarah yang netral tetapi sebenarnya agen aktif dalam politik Iran dan wilayahnya secara luas. Mereka berkonsentrasi pada BBC Persia Service, mencoba menciptakan sebuah landasan netral untuk menginterogasi baik objektivitas BBC dan persepsinya sebagai alat kekuatan lunak dalam gudang kolonial Inggris dan kepentingan postkolonial.

Hasilnya adalah prosa non-komitmen yang dengan sendirinya terlibat dalam mengacaukan antara fakta dan berita palsu. Dengan kata-kata mereka sendiri, mereka mencoba menemukan keseimbangan dalam "tarian yang tidak berbakat antara kontrol keuangan versus independensi editorial" dari liputan BBC dari empat episode utama dalam sejarah Iran baru-baru ini: pelepasan Reza Shah pada tahun 1941, kudeta CIA-MI6 melawan Mossadegh pada 1951-1953, revolusi 1979, dan Gerakan Hijau 2009.

Antara fakta dan palsu yang kita pikirkan dan jalani

Pembelajaran Sreberny dan Torfeh adalah latihan yang mengagumkan dalam hal beasiswa yang bijaksana. Tetapi buku mereka yang sangat bagus dibutuhkan dan dengan senang hati menerima lensa koreksi yang sangat baik oleh sejarawan terkemuka Iran modern, Profesor Ervand Abrahamian. Dalam ulasannya tentang buku ini, ia mengingatkan kita bagaimana selama masa perang "tidak ada kepura-puraan pelaporan obyektif dan analisis tidak memihak. Bagaimanapun, George Orwell belajar banyak tentang Newspeak dan Doublespeak ketika bekerja untuk BBC Departemen India. Beberapa mencurigai Kementeriannya Kebenaran dalam Nineteen Eighty-Four dimodelkan di gedung BBC di Portland Place, London. "

Bayangkan bahwa: BBC yang merupakan model dari Kementerian Kebenaran Orwell sekarang memberitakan dunia tentang "berita palsu!"

Abrahamian juga mengingatkan kita bagaimana pengunduran diri Reza Shah tidak dalam ukuran kecil yang direkayasa oleh BBC: "Asa Briggs, yang kemudian di History of Broadcasting-nya yang terkenal, menulis bahwa ini mungkin adalah pertama kalinya dalam sejarah bahwa seorang penguasa dilemparkan dari tahta melalui radio. "

Saya pikir Stephen Sackur harus melakukan salah satu "Hardtalks" nya tentang sejarah BBC sebagai berita palsu.

Adapun kudeta CIA / MI6 tahun 1953, Abrahamian sama-sama tegas: "pemerintah Inggris dan BBC sama-sama kolaboratif. Yang terakhir di seluruh krisis dengan keras menggemakan garis pembentuk bahwa nasionalisasi industri minyak akan menjadi bencana bagi Iran - bahwa itu secara finansial akan bangkrut pemerintah, bahwa negara tidak akan memiliki pengetahuan teknis untuk menjalankan industri, dan bahwa Perdana Menteri Mohammad Mosaddeq telah menolak serangkaian adil dan hanya menawarkan kompromi. Setelah penggulingan Mosaddeq, BBC terus menggemakan garis resmi bahwa tidak ada kudeta militer tetapi pemberontakan spontan terhadap "rezim diktator."

Apakah itu bukan berita palsu - wanita terhormat dan tuan-tuan dari BBC? Anda adalah ibu dari semua berita palsu ketika menyangkut nasib seluruh bangsa.

Ketika BBC daftar hitam kritikus Inggris

Abrahamian dengan lembut mengingatkan para penulis buku penting tentang kelalaian yang serius ini: "Meskipun buku ini menjabarkan hubungan dekat antara pemerintah dan BBC selama krisis ini, itu mengabaikan satu kasus besar yang mengerikan. Sepanjang krisis, Kantor Luar Negeri dan Duta Besar Inggris secara eksplisit melarang BBC mengirim ke Tehran setiap wartawan yang bersimpati kepada Iran. Profesor Elwell-Sutton secara eksplisit masuk daftar hitam meskipun keahliannya luar biasa. " Kedutaan Inggris mencela dia sebagai "anti-kolonial dan anti-Inggris."

Hanya untuk memperjelas: Abrahamian dengan tepat menunjuk pada pola pikir konspiratorik yang identik dari Shah yang terlambat dan elit penguasa Republik Islam saat ini karena menyalahgunakan fakta-fakta ini dari kolusi BBC dengan kepentingan kolonial Inggris di masa lalu untuk menyembunyikan konspirasi delusi mereka sendiri menyalahkan BBC ketika tindakan mereka sendiri adalah penyebab utama malapetaka yang menimpa orang-orang Iran.

Orang Iran sebagai akibat terjebak di antara batu dan tempat yang sulit: Ketika BBC benar-benar berkolusi dengan pemerintah Inggris untuk merampok aspirasi demokrasi mereka, dan ketika fakta-fakta ini disalahgunakan oleh Shah dan ulama yang berkuasa di Republik Islam untuk menganggap aspirasi terhadap konspirasi asing.

Seseorang harus mengingat fakta-fakta sejarah ini bukan sebagai tindakan balas dendam tetapi sebagai lensa korektif. Perubahan seismik dalam kemungkinan Internet tidak ada pengikut yang cerdas dari berita yang terjebak atau dikutuk ke dalam satu situs platform media - BBC atau sebaliknya. Kita dapat menjelajahi dunia dari satu media berita ke yang lain, dari Asia, Afrika, dan Amerika Latin, ke Eropa dan Amerika Utara, dengan masing-masing media berita, termasuk BBC, memberi kita potongan kebenaran dan banyak berita palsu. Kami menonton dan membaca semuanya, tidak percaya sepenuhnya, kami juga tidak mempedulikan siapa pun dari mereka dengan ketidaksepakatan khusus kami. Kami saling mempercayai mereka.

Hari ini BBC tidak boleh dibenci atau dicemooh, karena itu tidak iblis seperti para pengkritik konspiratornya juga tidak suka malaikat seperti iklan promosi diri BBC bernyanyi dan menari. Hanya satu klik saja dari perpaduan fakta dan fantasi berikutnya

===========
Sumber: aljazeera.com

Profil Sumber Author/Penulis

Hamid Dabashi
Hamid Dabashi adalah Profesor Hagop Kevorkian dari Studi Iran dan Sastra Komparatif di Universitas Columbia. Ia menerima PhD ganda dalam Sosiologi Kebudayaan dan Studi Islam dari University of Pennsylvania pada tahun 1984, diikuti oleh beasiswa pasca doktoral di Harvard University. Dia menulis disertasinya tentang teori otoritas karismatik Max Weber dengan Philip Rieff (1922-2006), kritikus budaya Freudian yang paling terkenal pada masanya. Profesor Dabashi telah mengajar dan menyampaikan ceramah di banyak universitas di Amerika Utara, Eropa, Arab, dan Iran.

Profesor Dabashi telah menulis dua puluh lima buku, mengedit empat, dan menyumbangkan banyak bab. Dia juga penulis lebih dari 100 esai, artikel dan ulasan buku tentang mata pelajaran mulai dari Studi Iran, Islam abad pertengahan dan modern, dan literatur komparatif untuk dunia sinema dan filsafat seni (trans-estetika). Buku-buku dan artikelnya telah diterjemahkan ke berbagai bahasa, termasuk Jepang, Jerman, Prancis, Spanyol, Denmark, Rusia, Ibrani, Italia, Arab, Korea, Persia, Portugis, Polandia, Turki, Urdu, dan Catalan.

Buku-bukunya termasuk Otoritas dalam Islam [1989]; Theology of Discontent [1993]; Kebenaran dan Narasi [1999]; Close Up: Sinema Iran, Masa Lalu, Sekarang, Masa Depan [2001]; Melancarkan Revolusi: Seni Persuasi di Republik Islam Iran [2000]; Masters dan Mahakarya Bioskop Iran [2007]; Iran: A People Interrupted [2007]; dan volume yang diedit, Dreams of a Nation: On Palestinian Cinema [2006]. Karya terbarunya termasuk Syi'isme: Agama Protes (2011), Musim Semi Arab: Akhir dari Postkolonialisme (2012), Corpus Anarkicum: Protes Politik, Kekerasan Bunuh Diri, dan Pembuatan Tubuh Posthuman (2012), The World of Persian Literary Humanism (2012) dan Menjadi Seorang Muslim di Dunia (2013).
(Alamat Akun Author ada dibawah)





Notification..!!
Saya tidak bertangung jawab atas artikel diatas jika ingin memberi kritik atau pertanyaan isi artikel ini hoax atau tidak silahkan kunjungi/hubungi web atau Author nya

Note: Saya mengunakan google terjemahan pada artikel ini silahkan sampaikan koreksi kata yg salah di kolom komentar

Alamat Web
https://www.aljazeera.com

Alamat Author
https://twitter.com/HamidDabashi





Terima kasih telah membaca thread ku

JANGAN LUPA
emoticon-Cendol Gan Dan emoticon-Rate 5 Star
Tapi jangan emoticon-Lempar Bata

Diubah oleh Bungkussaja
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Membahas BBC tetapi menggunakan sumber Al-Jazeera... Seperti diketahui, Al Jazeera adalah media propaganda Muslim Brotherhood yang bermarkas di Qatar.. Dan yang namanya media propaganda, pasti tidak jauh-jauh dari hoax atau fake news..

emoticon-Angkat Beer

Balasan post dishfire
Quote:


emang gue mengakui kalo aljazeera dimiliki ama qatar yang notabene pendonor terbesar muslim brotherhood, dan punya influence di hezbollah lebanon.

tapi ga bisa dipungkiri juga bbc juga melakukan fake news kayak kasus pas mass immigration crisis di eropa 2015-2016 bbc paling getol dalam kampanye berita bahwa orang2 yang bermigrasi itu mayoritas perempuan dan anak2 korban perang sipil di irak dan suriah. dan kenyataannya orang2 yang migrasi ternyata hampir semuanya laki2 dewasa dengan umur antara 18 tahun sampe 30 tahun dan ga cuman dari suriah dan irak, kenyataanya ada yang dari maroko, tunisia, algeria, somalia, sudan, bahkan sampe afghanistan.

belom lagi bbc sangat anti dengan brexit dan memberitakan voting brexit akan kalah besar, tapi kenyataanya menang walaupun cuman selisih 1 sampe 2%.

dan belum lagi acara2nya sangat mengaggungkan pergerakan 3rd wave feminism dan far left yang merugikan stabilitas eropa, belom lagi acara2 yang terlalu pro islam fundametalist.
justru gua liat bbc dan fox masih netral,,media2 lain sudah berpihak sama kayak media2 cebong dimari
Balasan post dishfire
Quote:


Saya baru tau tuh gan..emoticon-Nohopemakasih buat informasinyaemoticon-Malu (S) lain kali saya hati hati dalam mencari berita soalnya saya masih baru disiniemoticon-Big Grin


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di