alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ini alasan campuran aspal dan karet alam lebih kuat versi Kementerian PUPR
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfb8d7dc1d770a3608b4575/ini-alasan-campuran-aspal-dan-karet-alam-lebih-kuat-versi-kementerian-pupr

Ini alasan campuran aspal dan karet alam lebih kuat versi Kementerian PUPR

Merdeka.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melakukan uji coba penggunaan karet alam untuk pembangunan jalan. Uji coba dilakukan di beberapa wilayah seperti di kawasan Bogor dan Sumatera Selatan.
Kepala Balitbang Kementerian PUPR, Danis Hidayat mengatakan, campuran karet alam dan aspal diaplikasikan untuk pembangunan jalan sepanjang 10 Kilometer (Km) di Sumsel. Hasilnya, aspal dengan campuran karet lebih kuat dibanding tanpa campuran karet.

"Kinerjanya lebih baik 50 persen dari ukuran kinerja aspal. Itu bisa diukur dari kelelehan, stabilitas, kekuatan terhadap kertas, kekuatan terhadap alur bisa lebih dari 50 persen," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (22/1).



Danis mengatakan, produk dalam bentuk lateks atau karet padat itu tidak bisa langsung dicampurkan. Sebab, harus melalui proses pra pencampuran sehingga mudah dicampur dengan aspal dengan metode mixing plan.
"Tetapi lagi-lagi produk yang ada dalam bentuk lateks atau karet padat itu tidak bisa langsung dicampurkan. Karena harus melalui proses pra pencampuran sehingga mudah dicampur dengan aspal mixing plan," jelasnya.
Danis menambahkan, karena belum skala industri aspal dicampur dengan karet bisa naik 30-40 persen. "Misalnya aspal biasa tanpa karet Rp 8.000 per kg, waktu diuji coba dicampur karet Rp 12.000 sampai Rp 13.000 per kg atau naik 30-40 persen," tandasnya.
(mdk/azz)Ini alasan campuran aspal dan karet alam lebih kuat versi Kementerian PUPR
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
jadi teksturnya lebih ulet gitu ya aspalnya. emoticon-linux2
kalau banyakan karetnya pas jatuh jadi membal2 emoticon-Matabelo

emang aspal di luar negri pake campuran karet ya ampe bisa tahan dan mulus gt.
Ada yg bisa jelasin? Berhubung ane ga ada iomu di bidang ini emoticon-Big Grin
Kebun karet udah pada ditebasin pak..., diganti sama sawit laknat emoticon-Ngakak
Spoiler for cewe aspal kw super:
Quote:



sama ane juga brey kurang paham, mungkin ada yg bisa jelasin
adakah persamaannya dengan menggunakan campuran GELSONIT?
bukannya sekarang lagi rame aspal + plastik itu ya? daya tahan +30% dan biaya juga turun. tambah lagi bahan nya itu dari sumber sampah plastik. kalau aspal + karet buaknnya makin boros, sedangkan karet sendiri masih bisa di olah menjadi banya produk kebutuhan kita.
kita yg ga paham iya² deh emoticon-Big Grin
yg penting jalanan ga ada lubang itu aja dah emoticon-Embarrassment
Balasan post amatir30
Quote:

baru tau ada aspal+plastik
Balasan post amatir30
Iya pernah ada topiknya nih, di india udah jalan kalo ngga salah baca
Balasan post samudra6969
Aspal di daerah eropa atau sub tropis kayanya emang lebih awet gan.


Secara curah hujan rendah , suhu rata rata lebih rendah
kalo aspal tahan lama ntr PU gak ada proyek dong??
di fly over kp. melayu aspal yg cuma gelombang dikit aja langsung dihancurkan dan diaspal ulang... mungkin biar penyerapan anggaran maksimal
Quote:


Iya sih gan, batu besar aja kalau sering kena tetesan air bisa hancur. Seharusnya buat aspal yg tahan hujan.

dan juga aspal eropa bisa awet karena jarang dilewati truck yg kelebihan muatan.
ojo lali di makadam
Quote:


Kuncinya struktur bawah dan air.
Aspal bukan struktur, cuma sbg peredam jalan.
Aspal tidak boleh sering terendam air. Di Indonesia cuma ada 2 musim. Di LN non-tropis apa ada musim hujan?
coba tanya sama singapore gimana mereka bikin jalan...

dari dulu-dulu jalanan mereka mulus2 aja..kyknya tanpa campur karet dan sebagainya deh..
Balasan post nataliupigai.
Quote:


sedih yak, padahal sawit itu rakus air emoticon-Frown
Balasan post matthysse67
Quote:


Njirr, knape gan? Ditempat ente bawahnya aspal goreng cuma dikasih tras ama krakal doang ye? emoticon-Ngakak
kalo kecelakaan mantul2 dong
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di