alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / ... / Gosip Nyok! /
Cara-Cara Agar Anak Tidak Menjadi Anak Pemalu
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfb57b4de2cf20e6b8b4569/cara-cara-agar-anak-tidak-menjadi-anak-pemalu

Cara-Cara Agar Anak Tidak Menjadi Anak Pemalu

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sifat pemalu pada anak dapat menurunkan prestasi dan performa seorang anak. Hal ini bisa terjadi karena sifat pemalu akan menjauhkan seorang anak dari lingkaran pertemanannya dan bahkan bisa menjauhkan anak dari keluarga dan saudaranya. Anak yang pemalu dan dibiarkan saja kemungkinan besar akan membuat mereka mengalami stress dan bahkan depresi. Jika Bunda memiliki anak yang pemalu di bawah ini adalah cara-cara untuk menghadapi anak yang pemalu.


1. Sering Mengajak Anak Pergi
Cara-Cara Agar Anak Tidak Menjadi Anak Pemalu
Salah satu tips terpenting untuk menghadapi anak pemalu adalah dengans sering-sering mengajak anak pergi ke sebuah komunitas misalnya. Bertemu dengan banyak orang sekali lagi bisa membuat anak menjadi lebih berani berada di depan umun sehingga rasa percaya dirinya pun akan semakin meningkat. Perlahan-lahan cara ini akan membuat anak menjadi ahli dalam menghadai situasi sosial.

2. Ajarkan Social Skills pada Anak
Cara-Cara Agar Anak Tidak Menjadi Anak Pemalu
Ajarkan anak untuk berinteraksi dengan orang lain melalui cara yang halus dan tidak disadari oleh sang buah hati. Biarkan anak untuk bermain di luar bersama teman-temannya. Jangan larang anak untuk bermain dengan hal hal yang kotor misalnya bermain tanah atau lumpur. Biarkan mereka bermain bersama temannya karena cara ini sangat efektif untuk meluluhkan rasa malu anak. Bermain dengan temannya akan membuat anak nyaman sehingga “benteng dirinya” perlahan-lahan akan runtuh. Anak pun akan menjadi terbiasa untuk berinteraksi dengan orang lain.

3. Jangan Melabeli Anak Sebagai Pemalu
Cara-Cara Agar Anak Tidak Menjadi Anak Pemalu
Salah satu hal terpenting yang bisa Bunda lakukan adalah jangan melabeli anak pemalu sebagai “pemalu”, karena hal ini akan membuat anak merasa rendah diri dan stress yang akan membuat anak menjadi semakin enggan untuk membuka dirinya pada orang lain. Jika Bunda menjuluki anak sebagai pemalu di depan umum, mereka akan merasa stress dan panik.

4. Jangan Berteriak pada Anak
Cara-Cara Agar Anak Tidak Menjadi Anak Pemalu
Ketika Bunda sedang kedatangan tamu di rumah kemudian mereka ingin bertemu dengan anak Bunda. Namun sang buah hati malah bersembunyi dan malu untuk bertemu. Maka jangan memanggil anak dengan meneriaki namanya. Datangi anak dan ajaklah dengan lembut. Di depan tamu, jangan katakana pada mereka bahwa anak Bunda memiliki sifat pemalu. Karena hal ini akan malah membuat anak semakin malu. Ciptakan situasi yang nyaman agar anak perllahan-lahan dapat tumbuh dan membuka dirinya pada tamu yang baru pertama kali ditemuinya.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di