alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ini Dia Daftar Startup Unicorn Indonesia Serta Nilai Valuasinya
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bfa0db7902cfedd738b4567/ini-dia-daftar-startup-unicorn-indonesia-serta-nilai-valuasinya

Ini Dia Daftar Startup Unicorn Indonesia Serta Nilai Valuasinya

Ini Dia Daftar Startup Unicorn Indonesia Serta Nilai Valuasinya

Indonesia merupakan salah satu negara yang perkembangan startupnya begitu cepat meningkat. Perkembangan startup itu membantu peningkatan perekonomian di Indonesia. Status startup sebagai 'unicorn' sudah diraih oleh keempat startup Indonesia yang tentunya sudah tidak asing lagi Anda dengar, yakni Go-Jek, Tokopedia, Traveloka, dan Bukalapak. Meskipun sudah menyandang status sebagai unicorn, keempatnya memiliki nilai valuasi yang berbeda.

Status unicorn yang diberikan kepada Startup mengandung arti bahwa startup tersebut sudah memiliki nilai valuasi lebih dari $1 miliar.

Berikut penjelasan dan urutan startup unicorn Indonesia berdasarkan nilai valuasinya dari yang paling tinggi, data berikut berhasil dihimpun Redaksi Warta Ekonomi dari berbagai macam sumber:

Tokopedia

Baru-baru ini dikabarkan bahwa Tokopedia mendapatkan suntikan dana dari para investornya yang belum diketahui kejelasannya, SoftBank Group Corp atau Vision Fund, Tokopedia kini resmi bernilai sekitar $7 miliar atau setara dengan Rp102 triliun. Berdasarkan riset dari firma penelitian CB Insight, dengan itu Tokopedia menjadi top valuasi untuk startup di Indonesia.

Go-Jek

Go-Jek merupakan startup pertama asal Indonesia yang mendapat gelar 'Unicorn'. Ada kabar bahwa Google, Tencent, dan JD melipatgandakan investasi mereka ke Go-Jek sehingga itu berpotensi besar menambah valuasi dari startup tersebut.

Jika benar ketiganya melakukan kucuran dana tersebut, maka kapitalisasi startup besutan Nadiem Makarim itu diperkirakan akan melewati USD 9 miliar. Jika benar kabar tersebut, maka perusahaan itu akan bernilai Rp136 triliun.

Seperti diberitakan sebelumnya, Go-Jek sudah mengamankan sebanyak USD 1,2 miliar dan Google, Tencent, serta JD yang menjadi tiga sumber utama dari investasi tersebut.

Melihat peningkatan kapitalisasi pasar Go-Jek ini dapat dikategorikan begitu signifikan. Pasalnya, pada awal tahun pihak Go-Jek masih menyebutkan bahwa valuasi mereka masih berada di kisaran USD 4,8 miliar.

Traveloka

Startup besutan Fery Unardi ini mendapatkan suntikan dana dari perusahaan travel asal Amerika Serikat, Expedia pada Juni 2017 lalu senilai US$ 350 juta sekitar Rp4,6 triliun. Melalui kucuran dana tersebut, Traveloka kini telah menduduki nilai valuasi lebih dari US$ 2 miliar atau setara dengan Rp26,6 tiriliun.


Traveloka dikabarkan akan menerima suntikan dana sebesar Rp6 triliun tahun ini, namun investornya belum resmi dibeberkan. Melalui kabar itu, nilai valuasi Traveloka bertambah menjadi Rp61 triliun.

Bukalapak

Startup keempat yang berhasil menyandang status unicorn ini sudah berhasil memiliki nilai valuasi di atas US$ 1 miliar atau setara dengan Rp13,5 triliun.

Namun, sangat disayangkan, pihak startup yang didirikan oleh Achmad Zaky ini tidak mau membeberkan siapa saja investor yang telah menyuntikkan modal ke Bukalapak, karena investor tersebut yang meminta identitasnya tidak disebar ke publik.

"Unicorn bukan sesuatu yang penting," kata Zaky.

sumber https://www.wartaekonomi.co.id/read2...aluasinya.html


Indonesia Punya Startup Terbanyak di Dunia Setelah AS dan Inggris

Liputan6.com, Jakarta - Upaya untuk meningkatkan ekosistem perusahaan rintisan (startup) di Indonesia terus digalakkan. Selain pemerintah, beberapa pegiat startup juga terus menyebarkan virus agar perusahaan semacam ini terus bermunculan.

Namun, sebenarnya berapa jumlah startup yang ada di Indonesia? Dikutip dari Startup Ranking, Senin (12/2/2018), Indonesia ternyata masuk dalam lima besar jumlah startup paling banyak di Indonesia. Adapun jumlah startup di Indonesia mencapai 1.706 perusahaan.

BACA JUGA
Cari SDM untuk Startup Ternyata Lebih Sulit Ketimbang Investor
Rekam Jejak Tren Startup Tanah Air Sepanjang 2017
Dukung.id Ingin Dongkrak Kualitas Pendidikan di Indonesia


Indonesia sendiri berada di bawah Amerika Serikat, India, dan Inggris. Amerika Serikat memiliki 28.793 startup. Sementara India yang di bawahnya memiliki jumlah terpaut jauh yakni 4.714 dan Inggris dengan 2.971. Di bawah Indonesia, ada Brasil dengan jumlah startup sebanyak 718.

Untuk ranking startup di Indonesia sendiri, berdasarkan laporan Startup Ranking, Tokopedia berada di urutan pertama dengan SR Score 89.076. Berada di urutan kedua adalah Bukapalak dengan SR Score 88.039.

Lalu di urutan ketiga ada Traveloka, disusul Blibli, dan berada di urutan kelima adalah MboisApp. Dari deskripsi, MboisApp berisi informasi wisata dan kuliner di Malang.

Berikut ini adalah daftar 10 besar startup di Indonesia versi Startup Ranking:

1. Tokopedia

2. Bukalapak

3. Traveloka

4. Blibli

5. MboisApp

6. Blanja.com

7. Zalora Indonesia

8. Bitcoin Indonesia

9. Bolalob

10. Elevenia

2 dari 3 halaman
Startup Unicorn di Indonesia

ilustrasi startup
ilustrasi startup. ilustrasi: garbshare
Selain berada di urutan keempat dengan jumlah startup terbanyak, Indonesia hingga saat ini juga sudah memiliki empat startup unicorn. Empat startup yang dimaksud adalah Go-Jek, Tokopedia, Bukalapak, dan Traveloka.

Sekadar informasi, unicorn perusahaan rintisan yang sudah memiliki nilai valuasi US$ 1 miliar. Dalam beberapa kesempatan, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, juga berharap agar jumlah ini terus bertumbuh di masa depan.

"Awalnya saya menargetkan ada lima startup di Indonesia pada 2019. Namun dengan kondisi yang ada saat ini, bukan tak mungkin kita bisa memiliki lebih dari lima startup unicorn di tahun itu," tuturnya.

Sebelumnya, Rudiantara juga sempat mengungkap kandidat startup di Indonesia yang diprediksi menyandang predikat unicorn. Dalam sesinya di gelaran Indosat Ooredoo Digital Economic Briefing 2017, ia menyampaikan, ada 44 startup anak bangsa yang berpotensi menjadi unicorn.



3 dari 3 halaman
Menkominfo Ajak Investor Indonesia Suntik Dana ke Startup Lokal

Deklarasi Internet Bebas Hoax
Menkominfo Rudiantara memberi sambutan saat acara Deklarasi Internet Bebas Hoax dalam Pilkada 2018, Jakarta, Rabu (31/1). Dalam kegiatan ini ditandatangani nota kesepakatan aksi antara Bawaslu, Kemkominfo dan KPU. (Liputan6.com/Johan Tallo)
Di sisi lain, kucuran dana untuk startup Indonesia pun kian bertumbuh. Terbaru, ada Google yang ikut menanamkan investasi ke Go-Jek.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara pun menilai, kucuran dana asing tersebut bisa memicu semakin banyak investor besar dalam negeri melakukan hal serupa.

"Masuknya investor asing menunjukkan kepercayaan mereka terhadap unicorn dan perusahaan teknologi Indonesia. Ini momentum baik untuk investor nasional untuk masuk agar mereka juga mendapatkan ‘kue’ dari unicorn Indonesia,” tuturnya.

Kehadiran investor lokal, terutama dengan dana besar, sekaligus akan membuat lebih banyak investor asing masuk ke Indonesia. Hal ini akan membuat lebih banyak startup unicorn lahir di Indonesia.
https://www.liputan6.com/tekno/read/3276742/indonesia-punya-startup-terbanyak-di-dunia-setelah-as-dan-inggris
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
gw ga mau tau pokoknya ekonomi susah.... daya beli turun... tempe makin tipis... sarjana lulus jadi ojek.... parah dah...









ttd nasbung emoticon-Traveller
Apalah arti valuasi duniawi, oke oce dan 212 mart ana yakin valuasi di surga nomor wahid emoticon-Smilie
valuasi,startup, unicorn... jauh diotak kampreters

yang tahu cuman unicorn

Ini Dia Daftar Startup Unicorn Indonesia Serta Nilai Valuasinya


emoticon-Ngacir emoticon-Traveller
Unicorn tapi masih pada bleeding gila2an
Mau tanya gan... Maksud valuasi itu apa ya gan? harga perusahaannya kalau dijual atau jumlah utang yang diterima dari investor? secara asset fisiknya apa ya? kan online semua...
klo maksudnya jumlah suntikan investor segede itu, balik modal nya kapan dong? bisa tahan lama ngga tuh perusahaan, secara ane denger2 gaji emang gede, tapi pada suka saling bajak karyawan.
Balasan post ZaLazaR92
Quote:


Jadi inget paslon no 2....

emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...

Mental pemalas selamanya hidup susah dibumi...
Sopi ga masuk nih, padahal promo nya gila2an....
tapi gw denger berdarah2 maaih perusahaanya
Balasan post ba.dum.tss4
Quote:


Yang di bangun adalah brand awareness dengan goal brand value nya.. emoticon-Big Grin
Saat ini bleeding tak masalah, liat kedepannya jika masih sanggup bertahan. Karena brand value itu sangat-sangat tak ternilai.. emoticon-Big Grin
Balasan post ba.dum.tss4
Mantap. Hari gini bisa beli banyak kali ya pake brand value. Biar balance sheet ancur, yg penting nama brand. Nokia dan Yahoo say hello gan.
Balasan post vanzella
Quote:


Kata agan yang di atas asetnya itu brand gan. emoticon-Leh Uga

Balik modal nunggu Thanos naik Haji
Balasan post ba.dum.tss4
Kalo waktu kuliah soal marketing, diajarkan nilai dari merek ini bertanggung jawab atas sepertiga dari value total perusahaan. Karena Brand value termasuk intangible assets. emoticon-Big Grin
Dan brand valuation juga membantu dalam menentukan nilai adil transaksi-transaksi finansial yang berkaitan dengan merek seperti merger dan akuisisi, transfer pricing, dan biaya licensing merek.. emoticon-Big Grin
Namanya bisnis, selalu ada persaingan, brand value naik atau turun itu biasa, bahkan brand value hancur pun bukan hal yang luar biasa.. emoticon-Big Grin
Ga usah jauh-jauh, pernah liat Go-jek kan.. emoticon-Big Grin
Itu nilai valuasinya 17 triliun rupiah lho, tangible asset nya apa ? emoticon-Big Grin
Mereka punya armada yg jumlahnya ribuan ?
Mereka punya tanah yang luasnya ratusan hektar ?
Ga ada, yang mereka punya hanya mitra.. emoticon-Big Grin
Tapi mereka bisa dapet suntikan dana yang luar biasa besar..
Kok mau investor-investor itu nyuntik dana buanyak ke perusahaan yang ga punya asset ?
Triliunan lho jumlahnya.. emoticon-Big Grin
Ya karena brand value itu.. emoticon-Big Grin
Bandingkan dengan bluebird, punya tangible asset 30.000 lebih armada senilai 7 triliun rupiah, nilai valuasinya "hanya" 9 triliun rupiah.. emoticon-Big Grin
Bandingkan juga dengan Garuda Indonesia, punya tangible asset 200 an pesawat senilai 50 triliun rupiah, nilai valuasinya "hanya" 12 triliun rupiah.. emoticon-Big Grin
Lalu apakah Go-jek ga bleeding ?
Ya Go-jek tetap masih bleeding lah, orang mereka sampai sekarang masih "bakar uang".. emoticon-Big Grin
Itulah nilai Brand.. emoticon-Big Grin
Kalo ngomongin brand mah bakal panjang. emoticon-Ngakak


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di