alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Medcom.id /
Legislator Tukang Bolos Rapat Perlu Diekspose
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf9174b94786847338b457c/legislator-tukang-bolos-rapat-perlu-diekspose

Legislator Tukang Bolos Rapat Perlu Diekspose

Legislator Tukang Bolos Rapat Perlu Diekspose

Jakarta: Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Bara Hasibuan sepakat anggota dewan yang masih suka membolos rapat paripurna diumumkan di media massa. Hal tersebut bisa menjadi sanksi legislator yang tidak hadir dalam sidang.


'Selama ini yang di ekspose (di media) kan misalnya 200 atau 300 anggota yang hadir, yang tidak hadir tidak disebutkan namanya. Saya mendukung perlu di ekspose siapa-siapa saja yang tidak hadir,' kata Bara di kawasan Sarinah, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu, 24 November 2018. 


Publik perlu mengontrol ketat kinerja legislator. Bila perlu, nama-nama anggota dewan yang tidak hadir dalam rapat komisi juga dibeberkan ke publik. 


Menurut dia, hal itu lebih efektif untuk menciptakan sanksi. Bara menyatakan, ini semacam akuntanbilitas yang diciptakan agar rakyat lebih mengetahui para wakilnya di Senayan.


'Jadi, kehadiran itu harus kita lihat, ya kita ekspose, dalam sebulan berapa kali ikut rapat. Apa di rapat paripurna ikut atau tidak? Itu enggak apa-apa, diekspose aja,' tuturnya.


Di sisi lain, Bara meminta anggota DPR tidak menutup mata dan telinga dengan banyaknya kritik yang dilontarkan masyarakat. Menurut dia, lembaga legislatif itu perlu menyadari jika kinerjanya secara keseluruhan harus ditingkatkan.


'DPR sedikitnya, anggota DPR, evaluasi (agar) bisa menerima kritik dari mereka. Memang kinerja secara keseluruhan perlu ditingkatkan dan itu saya setuju,' kata dia.


Namun demikian, menurut Bara, menilai kualitas DPR hanya dari tingkat kehadiran saat rapat paripurna juga tidak adil. Sebab, menurutnya, ada hal-hal lain yang bisa menjadi faktor ihwal kualitas DPR. 


Baca: Kehadiran di Paripurna Pertanggungjawaban Legislator kepada Publik


Ia mencontohkan, di DPR, anggota dewan bisa dilihat kinerjanya dari rapat-rapat komisi maupun rapat dengar pendapat. Masyarakat dan media bisa melihat seberapa kritis mereka di rapat-rapat tersebut.


Ia menyepakati ucapan peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsuddin Haris soal kehadiran anggota dewan harus dilihat dari dua dimensi; ide dan fisik. Sayangnya, selama ini, ia berkilah, publik lebih sering menyoroti kehadiran fisik.


Sepinya pembukaan masa sidang II 2018-2019 DPR menjadi perbincangan publik. DPR dikritik karena berdasarkan daftar hadir, hanya sekitar 241 dari 560 legislator yang tercatat di buku kehadiran. Parahnya, jumlah legislator yang hadir saat rapat dimulai tak mencapai 100 orang.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/politik/...erlu-diekspose

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Legislator Tukang Bolos Rapat Perlu Diekspose DPR Masih Belum Sepakati RUU PPKSK

- Legislator Tukang Bolos Rapat Perlu Diekspose Komisi I dan III DPR Gelar Rapat Gabungan Bahas Terorisme

- Legislator Tukang Bolos Rapat Perlu Diekspose Bukti Kurang, Komisi III Tunda Rapat dengan Pansel Capim KPK

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di