alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Keseruan Babak Demo Day Finhacks 2018 #DataChallenge
5 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf6b1c11cbfaa35288b456a/keseruan-babak-demo-day-finhacks-2018-datachallenge

Keseruan Babak Demo Day Finhacks 2018 #DataChallenge

Keseruan Babak Demo Day Finhacks 2018 #DataChallenge
Sudah pada tau tentang Finhacks 2018 kan, Gan? Ya ini kompetisi para penggiat data yang emang berlansung dari Agustus lalu dan sekarang kan bulan November jadi tiba saatnya untuk memilih tim terbaik yang sudah melewati rangkaian test yang sudah digelar oleh Finhacks.id. Tapi khusus buat agan yang baru ngeh tentang Finhacks 2018, kompetisi ini jadi bukti komitmen BCA untuk memajukan dunia pengolahan data di tanah air, khususnya di sektor perbankan, terbagi jadi 3 kategori yang dilombakan, yaitu Credit Scoring, Fraud Detection, dan ATM Cash Optimization. Kompetisi ini pun diikuti oleh 4.162 peserta yang udah melewati fase Registration, Assessment Test, Data Challenge dengan total sebanyak 605 machine learning model yang telah dikumpulkan. Sampe akhirnya 15 tim terbaik terpilih bertanding lagi nih di babak final, yaitu Demo Day. Tim KASKUS menjadi salah satu media yang mantengin acaranya loh gan, nangkringin babak Demo Day Finhacks 2018 #DataChallenge yang diadakan pada Rabu, 14 November 2018, dengan berlokasi di Soehanna Hall, The Energy Building, SCBD Lot. Kite nih mantengin acara dari awal hingga penghujung acara lho..goks gak tuh…


Spoiler for 15 Finalis Finhacks 2018 #DataChallenge:


Emang udah jadi sebuah keharusan nih gan, pada babak Demo Day seluruh finalis diwajibkan untuk mempresentasikan data model dan machine learning  yang mereka buat dihadapan para juri. Jangan salah gan, meskipun bahasannya ini berat karena berurusan dengan data dan pemrograman, tapi seru loh gan karena tetap bisa ketawa dan senyum melihat para finalis memaparkan karyanya. Seperti apa yah keseruannya? Baca dulu deh gan di bawah ini.
Biar ga tegang, sruput dulu kopinya Gan...  emoticon-nyantai
Sesampainya di Energy Building langsung deh merapat ke Soehanna Hall, tempat dimana pertarungan finalis bakalan diadakan. Ketika memasuki hall, pastinya seluruh rekan media dan peserta finalis diwajibkan untuk melakukan registrasi dengan mencantumkan nama dan email. Kemudian para tamu undangan, jajaran media, dan para peserta dipersilahkan masuk dan menikmati suguhan wellcome snack emoticon-Selamat.


Keseruan Babak Demo Day Finhacks 2018 #DataChallenge
Acara Demo Day Finhacks 2018 #DataChallenge Resmi Dibuka
Tepat pukul 10.10 WIB suara MC yang menggelegar jadi penanda dimulainya babak Demo Day, babak pamungkas kompetisi data ini dibuka oleh Bapak Armand Wahyudi Hartono, Wakil Presiden Direktur BCA yang secara resmi membuka Demo Day Finhacks 2018 #DataChallenge. Selain itu, pada acara ini juga hadir Jahja Setiaatmadja selaku Presiden Direktur BCA, Armand Wahyudi Hartono selaku Wakil Presiden Direktur BCA, Direktur BCA Lianawaty Suwono, Direktur BCA Santoso dan juga ada On Lee, CEO & CTO GDP Labs. Serta tak lupa jajaran pejabat teras BCA dan juga tamu undangan beserta rekan-rekan media yang lain.


Jurinya Orang TOP Dibidangnya Loh..

Keseruan Babak Demo Day Finhacks 2018 #DataChallenge
Acara berlanjut dengan MC yang memperkenalkan ketiga dewa juri yang akan menilai dari tiap machine learning model yang dipresentasikan oleh finalis. Penting banget buat dicatat nih gan, kalau jurinya pun mantul (mantabz betul) dan emang jago dibidangnya. Babak Demo Day menghadirkan Mohamad Ivan Fanany selaku Chief Scientist and Founder Deligence AI, lalu ada Samuel Chan yang merupakan Course Producer Algoritma, dan juga ada Adhitya Bhaswara, Data Scientist BCA. Para juri ini siap mengkomentari dan melempar pertanyaan ke tiap finalis, jadi buat para finalis jangan tegang yah... emoticon-Cool.

Presentasi Finalis Kategori Credit Scoring

Keseruan Babak Demo Day Finhacks 2018 #DataChallenge
Credit Scoring ini salah satu kategori yang seru nih gan kalo disimak, dimana para finalis yang masuk diwajibkan untuk menyuguhkan machine learning model yang mereka buat untuk membantu bisa memberikan informasi yang berguna bagi stake holder, utamanya dengan urusan pemberian kredit. Jadi, Tim Finhacks sudah menyiapkan data simulasi yang kemudian finalis ngelakuin analisis data, pembuatan machine learning model, preprocessing, dan evaluasi dari hasil yang machine learning yang sudah dibuat tersebut untuk menentukan seseorang nasabah bisa diberikan kredit atau tidak. Ini dia nih gan tim yang mempresentasikan machine learning model buatannya unuk kategori credit scoring, diantaranya tim yangmana, FullKeju, growingtaiba, dan tim 4.5 Namun Tetap Keren. Setiap tim diberikan waktu selama 15 menit untuk mempresentasikan machine learning model credit scoring bikinannya, dan waktu yang diberikan pun juga udah termasuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Juri. Dari tim yang tampil, terlihat gaya dan pembawaan yang berbeda-beda nih gan, ada yang terlihat grogi, tapi ada juga yang bawaanya santai dan semangat, tapi juga ada tim yang mempresentasikan dengan cepet (mungkin takut kehabisan waktu kali yah Gan.. emoticon-Big Grin).
Setelah presentasi finalis kategori Credit Scoring, acara pun di stop dulu memberikan waktu istirahat makan siang bagi peserta dengan menyantap hidangan makan siang yang telah disediakan oleh Tim Finhacks.id.. Lalu, tepat Jam 13.00 WIB seluruh peserta kembali dihimbau untuk memasuki hal karena acara dilanjutkan kembali agar bisa pantengin dan dengerin sharing dari para panelis.

Presentasi & Sesi Panel Bareng Panelis
Demo Day Finhacks 2018 #DataChallenge kembali dilanjut nih gan, acara berikutnya adalah seluruh peserta dan tamu undangan diajak untuk nyimak presentasi yang disampaikan oleh panelis. Kali ini panelis yang hadir pun keren banget loh, yaitu ada  Crystal Widjaja selaku SVP Business Intelligence & Growth GO-JEK dan Tushar Bhatia, Head of Growth & Data Science Bukalapak.

Keseruan Babak Demo Day Finhacks 2018 #DataChallenge

Secara garis besar, Crystal Widjaja mempresentasikan tentang ‘Stage 4 Data Culture’. Dimana data merupakan evangelized, karena data menjadi analisis di tiap fungsi, dan data bisa menjadi statement tentang prioritas masalah. Sementara untuk Tushar Bhatia berbagi tentang ‘4 Bite Data at Bukalapak’. Pastinya sih sharing mereka ini bermanfaat banget loh gan, termasuk buat para finalis karena dapetin ilmu dari para panelis yang memang setiap harinya ngulik tentang data, baik di Gojek ataupun di Bukalapak.

Keseruan Babak Demo Day Finhacks 2018 #DataChallenge
Acara dilanjutkan kembali untuk menginjak sesi panel, dimana 2 panelis tadi yang sudah mempresentasikan tentang data untuk naik kembali ke panggung untuk ngobrolin “Building a Great Data Culture’ bareng Bapak Armand Wahyudi Hartono, selaku Wakil Presiden Direktur BCA. Dikusi pun berlangsung makin seru nih gan, dimana sesi ini dipandu oleh Rama Mamuaya, CEO DailySocial sebagai moderator. Selanjutnya, para panelist diberikan plakat yang dilakukan langsung oleh Bapak Armand Wahyudi Hartono, dan lanjut sesi foto bareng.

Keseruan Babak Demo Day Finhacks 2018 #DataChallenge

Presentasi Kategori Fraud Detection

Keseruan Babak Demo Day Finhacks 2018 #DataChallenge
Setelah finalis menimba ilmu dari materi yang dipresentasikan oleh panelis, tiba saatnya untuk masuk ke presentasi ke dua nih gan, yaitu sesi presentasi 5 finalis kategori fraud detection. Pada kategori ini Tim Finhacks menyiapkan ribuan data transaksi nasabah, dan menjadi tugas bagi finalis untuk membuat machine learning model yang bisa mendeteksi sebagai transaksi yang fraud. Kategori ini ada ketentuan penilaian loh gan, dimana machine learning nilai Area Under Curve (AUC) mendekati 1, maka nilai AUC dianggap lebih baik. Selain itu ada juga hal yang jadi nilai tambah gan, yaitu tingkat akurasi. Bakal dapetin nilai plus nih gan kalau setiap finalis bisa nunjukin nilai pembagian antara nilai prediksi yang benar dan total data. Tim yang maju pada kategori ini diantaranya ada Pemula, exB202, 3M, NRGO, dan theDoctor yang merupakan salah satu finalis yang bergelar Ph.D emoticon-Wow. Setiap finalis pun juga masih sama untuk durasinya gan, dimana tiap peserta diberikan waktu 15 menit untuk mempresentasikan machine learning model dan menjawab pertanyaan dari juri. emoticon-2 Jempol deh buat semangat para peserta nih gan, ini terbukti dari penjelasan peserta yang melakukan berbagai uji coba dan ngerasain tingkat kegagalan yang berbeda-beda, sampai akhirnya ketemu model data yang dirasa cukup baik menurut peserta dan kemudian di-submit idea nya ke dashboard Finhacks.id.
Dari jam 10 pagi sampe sore nyimak uraian data dan machine learning emang seru, bermanfaat, pastinya agak spaneng sih gan, maklum bahasannya emang serius! Kayaknya butuh sesuatu yang rileks nih gan, sesuatu yang bisa lemesin urat dan otak yang lagi sedikit kaku.

Keseruan Babak Demo Day Finhacks 2018 #DataChallenge
Eitss.. tenang aja gan, karena seluruh finalis dan tamu undangan Demo Day Finhacks 2018 #DataChallenge pastinya bakal kembali fresh nih gara-gara ada penampilan spesial dari Cak Lontong. Komedian yang khas akan ‘Salam Lemper’ ini beberapa kali membuat punch line yang tentu mengundang gelak tawa seluruh isi Soehanna Hall. Salah satunya adalah guyonan cak lontong yang dimana menurutnya, Istri Cak Lontong juga menjadi fraud detection secara manual emoticon-Ngakak (wah.. kayaknya Cak Lontong nyimak presentasi finalis kategori fraud detection nih gan.. emoticon-Big Grin). Kesempatan ini juga membuat Cak Lontong menyapa para petinggi dari BCA, salah satunya adalah Bapak Armand Wahyudi Hartono, Wakil Presiden Direktur BCA, yang menurut Cak Lontong merupakan sosok muda yang sukses emoticon-2 Jempol. Ternyata gan, Cak Lontong ini nasabah BCA loh,.. Selama kurang lebih satu jam, para finalis dan tamu undangan pun diajak senam tawa yang kerap kali lawakan Cak Lontong dikaitkan dengan data. Sampai akhirnya waktu pun habis, Cak Lontong turun panggung dan seluruh peserta dan tamu undangan bisa menikmati Coffe Break dan istirahat selama 15 menit.


Presentasi Finalis Kategori ATM Cash Optimization

Keseruan Babak Demo Day Finhacks 2018 #DataChallenge

Setelah penampilan Cak Lontong dengan guyonan khasnya yang bikin seger suasana, seluruh finalis dan tamu undangan kembali mememenuhi hall area gan, karena acara ke rangkaian presentasi untuk kategori ATM Cash Optimization. Sesi ini diisi dengan presentasi 5 finalis yang ditantang untuk memaparkan machine learning model yang dibuatnya dengan mengolah data untuk melakukan optimisasi ATM. Finalis yang tampil adalah tim dilan, Nasi Kuning, Talam, Resistance, dan tim Stat-Ion. Seperti yang kita ketahui nih gan, yang namanya ATM itu kadang selalu antriannya panjang di momen tertentu, misalnya sih pas abis gajian emoticon-Big Grin. Ada beberapa pendekatan analisis yang digunakan nih gan oleh peserta, ada yang menggunakan pendekatan average untuk menekan biaya distribusi pengisian atm, dan ada pula analisis berdasarkan waktu yang dibagi dalam range per minggu. Tim Resistance yang beranggotakan 3 orang ini menjadi penutup presentasi kategori ini nih gan, yang kemudian acara pun lanjut untuk memberikan waktu kepada para juri dalam menentukan pemenang.

Sambil nungguin juri menentukan pemenang tiap kategori, kembali finalis dan seluruh tamu undangan dihibur oleh penampilan oleh Voice of HaloBCA Bersama Dance of HaloBCA. Tau ga gan, kalau seluruh personil ini merupakan karyawan BCA loh.. jadi mereka ga cuman profesional dalam melayani seluruh nasabah, tapi juga jago nanyi dan nge-dance emoticon-Wow. Jadi ngiri deh...! emoticon-Big Grin.


Ini Dia Para Pemenang Finhacks 2018 #DataChallenge Gan..
Bukan cuman para tamu undangan yang penasaran nih gan nungguin info pemenangnya, tentunya para finalis pun juga ngerasain hal yang sama, udah ga sabar pingin segera tau kira-kira siapa yang keluar sebagai tim terbaik yang bisa memboyong hadiah total ratusan juta rupiah emoticon-Wow.
Jeng.. Jeng.. Jeng....

Keseruan Babak Demo Day Finhacks 2018 #DataChallenge

Tim Terbaik Kategori Credit Scoring

Tiba saatnya pengumaman tim terbaik untuk kategori fraud detection yang dibacakan oleh Mohamad Ivan Fanany selaku Chief Scientist and Founder Deligence AI, dan hasilnya adalah tim 4.5 Namun Tetap Keren keluar sebagai tim terbaik pertama dan berhak mendapatkan uang tunai Rp80 juta, dimana tim ini mempresentasikan model machine learning yang diciptakan mampu mempermudah pelaksanaan credit scoring dengan akurasi 86,6%. Model dibuat dengan teknik stacking di mana Random Forest sebagai base estimator dan di-boosting dengan Adaptive Boosting (AdaBoost). Dari preprocessing data, cleansing, hingga pemodelan, semua tahapan dapat dilakukan dengan cara yang relatif mudah serta kemampuan komputasi yang sefisien mungkin untuk industri perbankan. Lalu untuk tim terbaik ke dua diisi oleh tim yangmana dan berhak mendapatkan uang tunai senilai Rp50 juta, machine learning model yang mereka ciptakan merupakan kreativitas mereka dalam menciptakan fitur baru atau biasa disebut feature engineering, dengan didukung machine learning algorithm XGBoost, yang dikenal luas menjuarai kompetisi predictive modelling. Selain itu, mereka juga mampu menjelaskan apa yang terjadi pada model yang mereka buat menggunakan SHAP scoring, di mana umumnya model itu sulit dijelaskan karena black box dan kompleks. Tim terbaik dipersilahkan naik ke panggung untuk penyerahan hadiah secara simbolis yang diberikan oleh Bapak Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA.

Keseruan Babak Demo Day Finhacks 2018 #DataChallenge
Tim Terbaik Kategori Fraud Detection

Berikutnya adalah pengumuman tim terbaik untuk kategori fraud detection yang dibacakan oleh Samuel Chan, Course Producer Algoritma, dan hasilnya adalah tim exB202 keluar sebagai tim terbaik pertama dan berhak mendapatkan uang tunai Rp80 juta. Model desain tim ini sangat sederhana loh gan tapi performanya sangat tinggi, dan ga butuh komputer dengan kemampuan komputasi yang tinggi untuk ngejalaninnya. Algoritma utama yang mereka pakai adalah Gradient Boosting Decision Trees (GBDT), dengan implementasi XGBoost. Mereka mendesain fitur tambahan yang dibuat khusus untuk meningkatkan performa GBDT. Lalu untuk tim terbaik ke dua diisi oleh tim Pemula dan berhak mendapatkan uang tunai senilai Rp50 juta, tim ini menggunakan ensemble method yang dinamakan stacking. Intinya adalah dengan menggunakan prediksi dari 10 model machine learning yang berbeda. Model machine learning yang kedua juga dilatih dengan mempelajari kesalahan-kesalahan dari model machine learning sebelumnya. Lalu digunakan juga XGBoost yang hyperparameters-nya di-fine-tune dengan Bayesian Optimization. Final predictions-nya adalah dengan mengambil rata-rata dari model XGBoost dan stacked models untuk mengurangi variance dari model-model dan mencegah overfitting. Prosesi pemberian hadiah secara simbolis diberikan oleh Bapak Armand Wahyudi Hartono, Wakil Presiden Direktur BCA, yang dilanjutkan dengan sesi foto bersama pemenang kategori fraud detection.

Keseruan Babak Demo Day Finhacks 2018 #DataChallenge

Tim Terbaik Kategori ATM Cash Optimization

Berikutnya adalah pengumuman tim terbaik untuk kategori ATM Cash Optimization yang dibacakan oleh Adhitya Bhaswara, Data Scientist BCA, dan hasilnya adalah tim dilan keluar sebagai tim terbaik pertama dan berhak mendapatkan uang tunai Rp80 juta, dan model machine learning yang mereka kembangkan merupakan model gabungan terbaik yang dipilih dari 4 model XGBoost dengan skenario variabel tanggal gajian yang bermacam-macam dan 1 model Naive (150 ATM). Lalu untuk tim terbaik ke dua diisi oleh tim Resistance dan berhak mendapatkan uang tunai senilai Rp50 juta. Tim ini memprediksi jumlah penarikan uang (withdrawals) ATM pada waktu tertentu dengan memanfaatkan data historis yang tersedia. Saat mengeksplorasi data, mereka menemukan bahwa pada umumnya jumlah penarikan pada hari Minggu dan hari libur lebih rendah daripada hari lain, sedangkan penarikan para akhir bulan (dekat tanggal penerimaan gaji) cenderung meningkat. Mereka juga mencoba mengelompokkan ATM dan menemukan adanya sejumlah ATM yang tampaknya terletak di perkantoran dan pusat perbelanjaan. Prosesi penyerahan hadiah secara simbolis diberikan oleh Bapak Santoso selaku Direktur BCA.

Keseruan Babak Demo Day Finhacks 2018 #DataChallenge
Khusus untuk 9 tim lainnya (yang tidak terpilih menjadi terbaik-1 dan terbaik 2) jangan mewek gan, karena setiap tim tetap dapetin hadiah yang masing-masing mendapatkan Rp10 juta. Penyerahan hadiah diberikan oleh Ibu Lianawaty Suwono, Direktur BCA dan Bapak Hermawan Thendean, SEVP BCA. Proses penyerahan hadiah kepada para tim terbaik dan finalis pun kemudian dilanjutkan sesi foto bareng-bareng, yang kemudian Demo Day Finhacks 2018 #DataChallenge ditutup oleh Bapak Jahja Setiaatmadja selaku Presiden Direktur BCA.


Keseruan Babak Demo Day Finhacks 2018 #DataChallenge
Pada kesempatan ini beliau juga memberi pesan kepada finalis dan tim terbaik, “Tentu tim terbaik pasti akan mendapatkan hadiah seperti yang sudah saya sampaikan, namun yang paling penting bagi mereka yang belum menjadi tim terbaik ataupun pemenang tetapi mereka sudah menghasilkan sesuatu, dan tidak menutup kemungkinan kita akan mengetuk pintu mereka untuk bisa join, apakah bisa menjadi adviser, atau menambah wacana kita untuk melengkapi. Jadi mereka terbuka kesempatan yang lebih luas untuk naik ke tingkat yang lebih”, jelas Bapak Jahja Setiaatmadja selaku Presiden Direktur BCA.
Itulah dia gan info selama kurang lebih hampir 7 jam ngabsen ke Demo Day yang diikuti oleh 15 finalis, sebagai babak pamungkas dari rangkaian kompetisi Finhacks 2018 #DataChallenge. Sekali lagi selamat kepada seluruh tim terbaik dan seluruh finalis, dan selamat kepada Finhacks.id yang telah sukses menjadi kompetisi data challenge dengan jumlah hadiah terbesar di Indonesia. Bagi agan sista yang butuh info lebih lanjut tentang Finhacks 2018 #DataChallenge, bisa dapetin infonya dengan meluncur ke http://finhacks.id .
emoticon-Selamat emoticon-2 Jempol emoticon-Selamat



Diubah oleh KASKUS.HQ
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3
Anjaaay keren abis gan emoticon-Matabelo
BCA bisa terbuka gitu ya dengan dunia IT khususnya deep learning sampe bikin kompetisi, hadiah gak tanggung2, juri gak tanggung2, panelis gak tanggung2, ada pelawak juga sekalian gak tanggung2 emoticon-Ngakak
thanks finhacks
Diubah oleh pianzie
wew mantap
Pada pake bahasa apa ya gan? Python kali ya

Nice info min emoticon-Recommended Seller
Sepertinya pakai python yah, keren2 peserta nya emoticon-Big Grin
rame
Nyimak gan
Data scientist luar biasa emoticon-Belo
serunya dimana?
Mantap nih... Ane jadi ikutang bahagia ngeliatnya...

emoticon-Goyang emoticon-Goyang emoticon-Goyang
Keseruan Babak Demo Day Finhacks 2018 #DataChallenge Keseruan Babak Demo Day Finhacks 2018 #DataChallenge Keseruan Babak Demo Day Finhacks 2018 #DataChallenge Keseruan Babak Demo Day Finhacks 2018 #DataChallenge
Keseruan Babak Demo Day Finhacks 2018 #DataChallenge Keseruan Babak Demo Day Finhacks 2018 #DataChallenge
Keseruan Babak Demo Day Finhacks 2018 #DataChallenge
emoticon-Goyang emoticon-Goyang emoticon-Goyang
Diubah oleh adolfsbasthian
mantau aja
Quote:


hei hei tayo
Quote:


We... We... Welcome to Mobile Legend...
emoticon-Goyang
Diubah oleh adolfsbasthian
Canggih juga aplikasinya, walopun ane kagak ngarti emoticon-Ngakak
Diubah oleh datalk
Quote:


SamaKeseruan Babak Demo Day Finhacks 2018 #DataChallenge
Bingung mau komeng apaan emoticon-Hammer2
seru banget
gembok
dan sampai saat ini gw belum buka rekening dimana pun emoticon-Malu
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di