alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
Antara Pemalas atau Memang Pelan, Ini 10 Hewan Paling Lambat di Dunia!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bf69952902cfe44598b4577/antara-pemalas-atau-memang-pelan-ini-10-hewan-paling-lambat-di-dunia

Antara Pemalas atau Memang Pelan, Ini 10 Hewan Paling Lambat di Dunia!

Antara Pemalas atau Memang Pelan, Ini 10 Hewan Paling Lambat di Dunia!

Seperti apakah hewan favoritmu? Apakah yang tercepat, terkuat atau terbuas? Gimana dengan hewan-hewan yang sebaliknya? Nyatanya, ada beberapa orang yang menyukai hewan-hewan yang memiliki sosok mungil dan punya sifat unik. Salah satunya adalah hewan-hewan terlambat di dunia ini.

Meski punya gerakan yang lambat, hewan-hewan berikut membuktikan keajaiban dan keberagaman fauna di bumi loh. Yuk, simak daftarnya hewan apa saja yang paling lambat di dunia dilansir dari Animal Wised.


1. Kungkang (Bradypus), 2 meter per menit
Antara Pemalas atau Memang Pelan, Ini 10 Hewan Paling Lambat di Dunia!
Kungkang jadi salah satu hewan terlambat di dunia. Gak heran, kalau manusia menganggap kungkang sebagai hewan yang malas. Itu sebabnya juga kungkang disebut sloth yang berarti ‘kemalasan’.

Kungkang adalah hewan yang rabun dekat dan punya indra pendengaran dan penciuman yang kurang berkembang. Namun, bukan berarti mereka gak berdaya. Bulunya yang kecokelatan dan gerakan lambat memungkinkan mereka untuk menyamarkan diri dengan sempurna di pohon-pohon yang tersebar di Amerika Tengah dan Selatan. Selain itu, kungkang adalah hewan perenang yang lihai. Meski begitu, kungkang rentan diburu saat berada di daratan.


2. Kura-kura raksasa galapagos (Chelonidis nigra), 0,3 km/jam
Antara Pemalas atau Memang Pelan, Ini 10 Hewan Paling Lambat di Dunia!
Kura-kura raksasa galapagos adalah simbol global kelambatan. Meski begitu, mereka ternyata gak sepelan dalam cerita-cerita rakyat loh! Selain jadi reptil terlambat, kura-kura ini adalah kura-kura terbesar di dunia. Kura-kura raksasa galapagos mendiami dua wilayah yang cukup jauh, di Kepulauan Galapagos di Samudera Pasifik dan Atol Aldabra di Samudera Hindia. Mirisnya, hewan ini terancam punah.

Kura-kura ini adalah hewan herbivor yang sangat lambat. Metabolismenya pun demikian sehingga mereka dapat hidup setahun tanpa air atau makanan. Uniknya, lumut pun dapat tumbuh di cangkangnya. Mereka tumbuh perlahan sehingga gak heran kalau mereka punya umur panjang. Bahkan, satu spesimen hidup setidaknya memiliki umur selama 170 tahun!


3. Koala (Phascolarctos cinereus), tidur 20 jam sehari!
Antara Pemalas atau Memang Pelan, Ini 10 Hewan Paling Lambat di Dunia!
Koala adalah mamalia nokturnal (mencari makan di malam hari) yang suka berlindung dalam waktu lama di pepohonan Australia. Koala adalah spesies hewan berkantung dan gak ada kaitan dengan beruang. Koala memiliki ekor berlapis yang memungkinkan mereka untuk duduk dan menikmati pemandangan dari atas.

Mereka gak hanya bergerak lambat, melainkan juga bisa menghabiskan sekitar 20 jam sehari untuk tidur! Uniknya, mereka adalah hewan yang soliter alias hidup menyendiri.


4. Lembu laut (Trichechus), 5 km/jam
Antara Pemalas atau Memang Pelan, Ini 10 Hewan Paling Lambat di Dunia!
Lembu laut gak hanya dikenal sebagai hewan yang lambat, tapi juga menggemaskan! Mereka terlihat lebih sering mengambang dan bersantai daripada berenang. Meski biasanya bergerak hanya 5 km/jam, lembu laut bisa melaju hingga 30 km/jam pada kesempatan tertentu.

Lembu laut adalah hewan herbivor yang lembut yang menikmati hidup di perairan yang dangkal di pesisir Atlantik Karibia dan Teluk Meksiko. Lambu laut pun hidup di sungai dan rawa-rawa di Basin Amazon dan Afrika Barat. Mereka menghabiskan hari-hari mereka dengan makan dan istirahat. Adapun, alasan mereka bergerak lambat karena mereka gak memiliki predator. Lembu laut sendiri ternyata punya kaitan erat dengan dugong loh!


5. Kuda laut (Hippocampus), 1,5 meter per jam
Antara Pemalas atau Memang Pelan, Ini 10 Hewan Paling Lambat di Dunia!
Kuda laut lambat karena struktur tubuh mereka yang kompleks layaknya baju besi. Itu sebabnya mereka gak bisa bergerak dalam kecepatan tinggi. Kuda laut pun dikenal gak bermigrasi. Hewan ini dapat ditemukan di perairan dangkal dan terlindung di Atlantik, Pasifik dan Laut Mediterania.

Kuda laut adalah hewan karnivor yang biasa memangsa krustasea dan invertebrata. Mereka hanya berenang secara vertikal dan membiarkan diri mereka terbawa arus. Adapun, kuda laut terlambat di dunia adalah kuda laut kerdil (Hippocampus zosterae).


6. Bintang laut (Asteroidea), 15 cm per menit
Antara Pemalas atau Memang Pelan, Ini 10 Hewan Paling Lambat di Dunia!
Bintang laut adalah salah satu hewan paling lambat di dunia. Mereka termasuk dalam hewan invertebrata. Ada sekitar 1.500 spesies bintang laut yang berbeda-beda. Mereka pun bisa ditemukan di hampir semua habitat laut, bahkan di kedalaman terendah lautan.

Rata-rata bintang laut bergerak dengan kecepatan 15 cm per menit, namun bintang pasir (Luidia foliolata) dapat mencapai kecepatan 3 meter per menit. Sama seperti kuda laut, bintang laut membiarkan diri mereka terbawa arus lautan. Kebanyakan bintang laut adalah karnivor dan dapat memakan mangsa yang lebih besar dari diri mereka sendiri.


7. Siput taman (Cornu aspersum), 50 meter per jam
Antara Pemalas atau Memang Pelan, Ini 10 Hewan Paling Lambat di Dunia!
Siput taman adalah siput tanah yang sangat lambat dengan cangkang spiralnya. Biasanya kamu bisa melihat di taman atau kebunmu dan akan terus di situ di hari berikutnya. Siput taman asli tinggal di daerah Mediterania, namun saat ini mereka dapat ditemukan di seluruh dunia.

Siput taman bergerak dengan mengerutkan otot-otot mereka. Namun, mereka tidak suka banyak bergerak. Sebaliknya, mereka berhibernasi dalam waktu yang lama dan di tempat yang sama. Siput taman dapat bergerak di lereng dan bahkan terbalik, namun tetap saja dalam gerakan yang lambat.


8. Kukang (Nycticebus), 2 km/jam
Antara Pemalas atau Memang Pelan, Ini 10 Hewan Paling Lambat di Dunia!
Kukang adalah primata nokturnal yang aneh dan menggemaskan. Mereka berasal dari Asia Tenggara. Tangan mereka yang kuat sangat mirip dengan manusia. Mereka biasa membuat gerakan-gerakan yang sangat lambat tetapi anggun. Meski begitu, cengkeraman mereka sangat kuat.

Dari daftar hewan terlambat ini, kukang adalah yang tercepat. Meski begitu, mereka saat diam saat bergerak. Dari delapan jenis kukang, semuanya terancam punah karena habitat mereka yang hancur dan banyak dijadikan “hewan peliharaan”.


9. Berkik-gunung amerika (Scolopax minor), 8 km/jam
Antara Pemalas atau Memang Pelan, Ini 10 Hewan Paling Lambat di Dunia!
Berkik-gunung amerika adalah burung paling lambat di dunia. Burung ini mendiami hutan di bagian timur Amerika Utara. Burung ini memiliki bentuk badan yang bulat seperti bola dan paruh panjang yang berguna untuk menangkap cacing tanah.

Saat bermigrasi pada ketinggian rendah, berkik-gunung amerika dapat terbang dengan kecepatan mencapai 45 km/jam. Namun, saat pejantannya melakukan pendekatan pada betina, ia bisa terbang dengan kecepatan 8 km/jam yang menjadikan mereka burung penerbang yang paling lambat. Saat melakukan pendekatan, pejantan akan melakukan gerakan mendarat spiral sembari bernyanyi.


10. Terumbu karang (Cnidaria), gak bergerak
Antara Pemalas atau Memang Pelan, Ini 10 Hewan Paling Lambat di Dunia!
Terumbu karang memang terlihat seperti komposisi batu, namun nyatanya mereka adalah hewan. Mereka pun punya bentuk yang mengagumkan karena keindahannya. Karang adalah hewan invertebrata yang hidup berkoloni.

Mereka terbuat dari polip yang mengeluarkan kalsium karbonat dan membangun rangka keras. Koloni-koloni tersebut membangun terumbu tropis yang terkenal dan banyak dikunjungi oleh para penyelam. Karang bisa dibilang memenangkan gelar sebagai hewan paling lambat di dunia karena gak bergerak sama sekali.

Itu tadi 10 hewan paling lambat di dunia. Mana yang jadi favoritmu? Meski lambat dan terlihat santai, beberapa dari spesies tersebut terancam punah loh! Yuk, kita jaga kelestariannya.


Sumber : https://www.idntimes.com/science/dis...mpaign=network

---

Baca Juga :

- Antara Pemalas atau Memang Pelan, Ini 10 Hewan Paling Lambat di Dunia! 10 Hewan dengan Gigitan Terkuat di Dunia, Awas Jangan Dekat-dekat! 

- Antara Pemalas atau Memang Pelan, Ini 10 Hewan Paling Lambat di Dunia! 13 Fakta Burung Penyanyi yang Membunuh Tikus dengan Mengguncangkannya!

- Antara Pemalas atau Memang Pelan, Ini 10 Hewan Paling Lambat di Dunia! Hewan Ini Seperti Grim di Harry Potter! Yuk, Ketahui 9 Fakta Uniknya

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
pertamax diamankeun! emoticon-Cool


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di