alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Inilah Aksi Nyata Yang Bisa Agan Tempuh Untuk Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bea8fcb60e24b9b458b4574/inilah-aksi-nyata-yang-bisa-agan-tempuh-untuk-menjaga-kebersihan-lingkungan-sekitar

Inilah Aksi Nyata Yang Bisa Agan Tempuh Untuk Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

Inilah Aksi Nyata Yang Bisa Agan Tempuh Untuk Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

Sesuai dengan penampakan pada gambar di atas gan yang ane temuin dari mbah google, gambar yang sederhana namun memiliki caption yang menggelitik dan berisi. Sebuah pesan untuk kita semua untuk tidak membuang sampah sembarangan, karena faktanya mungkin agan sista masih sering melihat temuan akan sampah berserakan baik di darat ataupun di laut. Ada fakta yang mencengangkan lagi loh gan, dimana berdasarkan sumber yang ane baca membeberkan bahwa Indonesia merupakan pembuang sambah ke laut terbesar nomor dua di dunia. Lalu kalo menyimak Data Badan Pusat Statistik (BPS) dan Asosiasi Industri Plastik Indonesia (Inaplas) yang sebelumnya pernah mencatat dalam setahun, ada sekitar 3,2 juta ton limbah plastik.  Sementara kalo ngintip data World Economic Forum 2016, ada sebanyak 10 miliar lembar per tahun atau setara 85 ribu ton kantong plastik yang dibuang ke lingkungan emoticon-Wow. Ini baru sampah plastik loh gan, belum lagi limbah-limbah lainnya emoticon-Cool. Ga mau dong kalau lingkungan tempat tinggal kita tercemar oleh kuman, bakteri, serta partikel berbahaya yang bisa membahayakan kita semua???

 Inilah Aksi Nyata Yang Bisa Agan Tempuh Untuk Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar
Sumber gambar : independent.co.uk
Limbah yang menggunung ini nggak cuman dari sampah rumah tangga aja loh gan, bahkan destinasi wisata seperti pantai, gunung, atau yang lainnya juga menjadi sasaran empuk bagi para pengunjung. Misalnya aja Bali nih gan, dibalik indah dan menawannya Pulau Dewata ini juga menyimpan fakta tentang tumpukan sampah yang mencemari pantai, jelas ganggu banget deh gan kalo kita sedang menyelam dan berselancar, ataupun sekedar menikmati view pantai yang aduhai emoticon-Cool.  Belum lagi trend anak jaman now yang demen mendaki gunung, semakin membludaknya para pendaki tentu saja berpotensi untuk menyumbang menggunungnya sampah di atas gunung, secara para pendaki gan banyak tuh gan yang bawa banyak bekal makanan.
Himbauan aja dirasa udah ga cukup gan, perlu aksi nyata dalam menjaga kebersihan lingkungan, kan kalo lingkungan kita bersih tentunya jiwa kita pun ikutan bersih, yang berujung jadi bebas korupsi emoticon-Ngakak emoticon-Cool. Salah satu aksi nyata yang GanSis pun bisa tempuh mulai dari sendiri yagn nantinya juga bisa membuat orang lain untuk ikut serta mengamalkannya (Ceilehhh.. emoticon-Big Grin).
Buang Pada Tempatnya dan Pastikan Memilah-milah Sampah.
Inilah Aksi Nyata Yang Bisa Agan Tempuh Untuk Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar
‘Buanglah Sampah Pada Tempatnya’, mungkin kalimat ini udah kita dengar sedari kita masih duduk dibangku Sekolah Dasar, sebuah himbauan untuk menyadarkan orang-orang untuk menjaga kebersihan. Tetapi di era jaman now himbauan seperti ini aja udah ga cukup gan, rasanya kita juga harus mulai sadar dan memaksa diri untuk bersedia memilah-milah jenis sampah. Ga semua sampah harus dibuang loh gan, ada sampah organik yang harus berakhir di composter dan bisa jadi pupuk kompos, dan ada limbah unorganik seperti sampah plastik yang bisa didaur ulang bisa menjadi produk, bahkan pemerintah kita juga sudah menerapkan https://www.kaskus.co.id/thread/5a28...puran-aspal/5. Meskipun aksi nyata ini kalo kita mulai dari diri sendiri itu skalanya masih kecil, tapi kalo semua melakukan ini pastinya bakalan ada perubahan yang tentunya bisa dirasain kita semua gan, betul nggak? emoticon-Cool.
Lakukan Management Sampah Pendakian
Inilah Aksi Nyata Yang Bisa Agan Tempuh Untuk Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar
Intensistas pendakian yang dialkukan millenials yang notabennya terdiri dari berbagai latar belakang, ada yang memang petualang sejati ataupun sekedar ikuta-ikutan temen untuk ngerasain pengalaman mendaki sebuah gunung. Perjalanan yang memakan berhari-hari sehingga menuntut para pendaki gunung untuk mempersiapkan berbagai hal, salah satunya adalah bekal makanan dan minuman. Bekal inilah yang nantinya bisa berpotensi menyumbang sampah gan, maka dirasa perlu aksi nyata para pendaki untuk sadar dan melakukan management sampah yang mereka bawa. Artinya, setiap para pendaki harus sadar akan tidak membuang sampah secara sembaranang, dan membawa turun kembali sampah dari bekal yang mereka bawa. Tindakan nyata ini pastinya bakal mengurasi volume sampah yang ada di gunung yang kita daki. Katanya cinta alam gan.,,, masa malah mengotorinya.., Yuk mulai sekarang bawa turun juga sampah bawaan kita biar gunung yang asri tak tercemari emoticon-Selamat.
Go Green
Inilah Aksi Nyata Yang Bisa Agan Tempuh Untuk Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar
Bukan hal baru dong bagi agan sista semua ??? Ya nih gan, tindakan yang satu ini pun menjadi bukti untuk menjaga kebersihan lingkungan kita. Going Green menjadi salah satu gaya hidup menjadi lebih ramah lingkungan, dan beberapa tahun belakangan begitu sangat digalakan dan dikumandangkan oleh banyak pihak. Lewat gerakan ini masyarakat dituntun biar lebih sadar akan lingkungan sekitar dengan mengubah gaya hidup kita dapat mengurangi tingkat polusi dan sampah yang kita buang. Salah satu aksi nyatanya sih gampang banget gan, misalkan kalo jarak dari rumah kamu tempat kerja cuman hitungan 10 menit-an maka mendingan agan bsia berjalan kaki hindari ngantor dengan pake mobil/motor. Dengan begini maka agan sudah menjadi bagian yang ngelakuin aksi nyata demi menjaga lingkungan kita bersih dari polusi udara.. emoticon-2 Jempol. Tapi, sanggup ga nih gan kira-kira kalo harus jalan kaki tiap hari berangkat kerja..??? emoticon-Cool.

Sadar dan Selalu Mengingatkan Orang Sekitar
Inilah Aksi Nyata Yang Bisa Agan Tempuh Untuk Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar
Liburan atau berwisata emang asik gan, tapi keasikan itu bukan berarti membuat kita terlena akan bahaya sampah bagi lingkungan. Untuk agan yang demen travelling untuk mengisi libur panjang dan akhir pekan, melancong ke destinasi wisata jadi hal yang ditempuh untuk membahagiakan diri sendiri dan keluarga. Ketika kita sedang menikmati asiknya berlibur, usahakan kita untuk selalu sadar menjaga kebersihan tempat wisata yang kita tuju, salah satunya adalah tetap membuang sampah pada tempat yang disediakan. Tindakan yang memulai dari diri sendiri, tentunya pun juga bakal membuat orang lain akan mengikuti, kalau perlu mengingatkan orang sekitar untuk trus menjaga kebersihan lingkungan dengan selalu buang sampah pada tempatnya. emoticon-Cool
CLBK
Inilah Aksi Nyata Yang Bisa Agan Tempuh Untuk Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar
Eits.. jangan salah prasangka dan salah menduga dulu nih gan, aksi yang berikut ini bukan urusan asmara antara dua sejoli emoticon-Ngakak. CLBK di sini maksudnya adalah gerakan Cinta Lingkungan Bersih & Kinclong bareng #PasukanCLBK, aksi ini pun bakal mengajak agan sista dan teman-teman semua dalam aksi nyata untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita. Bareng #PasukanCLKB nantinya agan juga bisa ikutan loh untuk bersihin lingkungan selama 4 hari di Labuan Bajo, Flores. Kalau mau ikutan bisa loh caranya simak dulu dengan merapat ke www.temanrakyat.id  untuk dapetin info lengkapnya. Aksi nyata ini punya tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat awam terutama sih buat agan sista sang kaum milenial yang saat ini hidup di era digital akan polemik isu sampah. Semoga sih dengan adanya aksi nyata ini nantinya bakal lahir deh gan agan-sista yang peka akan isu lingkungan dan menjadi sebuah gerakan masif yang bisa menyuarakan isu sampah dan menjadi terdepan dalam menggalang komitmen sebagai generasi muda yang peduli akan kebersihan lingkungan.
Itulah aksi nyata yang bisa agan tunjukan sebagai bentuk kepedulian kita untuk ngejaga kebersihan lingkungan kita, meskipun sebenarnya masih banyak aksi nyata lainnya yang mungkin sudah agan sista aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kalau ada yang mau nambahin aksi nyata lainnya, mau komentar, atau mau ngasih sanggahan silahkan komentar dengan cara reply thread ini. Nantinya komentar yang relevan dengan thread ini bakalan ane angkut ke Pejwan dan bisa pertamax di baca oleh Kaskuser lainnya...

Quote:



Diubah oleh monprodon
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Kalau gak mau bersihkan sampah, jangan nambah sampah

Inilah Aksi Nyata Yang Bisa Agan Tempuh Untuk Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar
manusia....bisa? emoticon-Embarrassment
emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Cendol Gan
Quote:


Menurut ane sih gan, untuk memberikan pemahaman kepada generasi pendaki milenial gak cukup penyuluhan gan, tapi kita kudu nyontohin gimana nyisihin plastik untuk ngantongin sampah kaya bungkus makanan, kaleng gas kompor yang udah kosong dll. Btwemoticon-Rate 5 Star
emoticon-Keep Posting Gan ikut aktivis lingkungan


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di