alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Dunia Hiburan /
Desa Terbersih Dunia yang Berada di Bali
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be67d325c7798b3588b4567/desa-terbersih-dunia-yang-berada-di-bali

Desa Terbersih Dunia yang Berada di Bali

Desa Terbersih Dunia yang Berada di Bali

Beritabodoh.com
 – Siapa yang tak kenal tempat wisata pulau Dewata Bali ?, hampir seluruh Dunia mengetahuinya. Tapi apakah kalian tau ada sebuah daerah yang masuk kedalam kategori Desa Terbersih di Dunia?. Ada sebuah Desa yang bernama Penglipuran yang terletak di kawasan Bangli, tepatnya di jalan Rambutan.

Desa yang didapuk menjadi salah satu dari tiga desa terbersih di dunia ini telah menjadi destinasi wisata hits di Bali. Bukan hanya suasana damai dan sejuk, di desa ini pengunjung bisa menemukan beragam fakta unik.

Hutan Bambu Pelindung Desa
Perlu diketahui, sebagian besar atau sekitar 40% atau 45 hektar dari 112 hektare luas wilayah Desa Penglipuran adalah hutan bambu. Hutan bambu dibiarkan tumbuh mengelilingi desa dan menjadi kawasan resapan.

Larangan Poligami
Poligami atau beristri lebih dari satu merupakan dosa besar bagi masyarakat adat Desa Penglipuran. Jika ada yang melanggar akan dikucilkan dan hidupnya dipindahkan ke sebuah kawasan khusus yang diberinama Karangmemadu.

Falsafah Tata Ruang Trimandala
Tri itu tiga, sedangkan Mandala berarti zona, jadi Trimandala secara harfiah bisa diartikan sebagai tiga zona yang memiliki tingkat fungsi dan tingkat kesucian yang berbeda.
Secara makro Desa Penglipuran punya orientasi utara dan selatan, dan yang paling utara adalah paling tinggi. Dengan topografi melereng itu adalah tempat ibadah, zona utama mandala namanya. Kawasan ini kerap diyakini sebagai setanah tuhan, tempat berdoa.

Berita lainnya : Jangan Kaget , Inilah Fakta Seputar Sekolah Khusus Perempuan Jepang

Menginap di Rumah Warga
Jika pengunjung ingin berlama-lama di Desa Penglipuran, beberapa rumah penduduk merupakan homestay yang bisa digunakan sebagai tempat menginap. Banyak pengalaman unik tentu akan didapat saat Anda menginap di rumah penduduk, salah satunya adalah menyicip dan menyaksikan pembuatan kuliner khas Desa Penglipuran.

Penganut Falsafah Kalapatra
Meski Desa Penglipuran telah menjadi desa konservasi sejak tahun 1980-an, yang artinya desa ini tetap menjaga tradisi dan budaya yang dimilikinya, namun penduduknya menganut falsafah Kalapatra.
I Wayan Supat menyebut, Kalapatra adalah falsafah masyarakat adat Dea Penglipuran yang tidak kaku melihat budaya orang lain, dalam kata lain, tidak seperti desa adat pada umumnya yang tertutup terhadap budaya orang lain, desa ini terbuka dan orang-orang di dalamnya bisa menikmati budaya orang lain.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di