alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
5 Hal Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Menjadi Pahlawan Indonesia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be67464dcd770fb208b4578/5-hal-kecil-yang-bisa-dilakukan-untuk-menjadi-pahlawan-indonesia

5 Hal Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Menjadi Pahlawan Indonesia

5 Hal Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Menjadi Pahlawan Indonesia

Di Indonesia, 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Sempat terlintas di benak kita, betapa besar jasa dan pengorbanan para pahlawan bangsa demi memperjuangkan kemerdekaan Republik tercinta. Sebagai generasi penerus bangsa, sudah tanggung jawab kita menjadi "pahlawan berikutnya" demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia dalam segala aspek.

Bukan dengan mengangkat bambu runcing atau mengatur strategi peperangan. Hal-hal kecil ini bisa kita lakukan untuk berjuang demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia,

5 Hal Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Menjadi Pahlawan Indonesia
Kedengarannya memang sepele, tapi percayalah, sampah memiliki peranan yang penting untuk masa depan Indonesia. Pernah dengarkan bahwa Indonesia adalah salah satu penyuplai sampah pelastik terbesar di dunia setelah China? Kurangnya kesadaran kita mengenai sampah, memiliki dampak yang buruk bagi keberlangsungan lingkungan dan isinya.

Mengurangi kemasan plastik dan disposable produk adalah langkah kecil kita untuk menjadi pahlawan bagi alam Indonesia. Kita juga bisa memulai dengan lebih bertanggungjawab dengan mengawasi kemana sisa konsumsi kita pergi. Jangan sampai mengalir terbawa arus, menyumbat aliran sungai dan menjadi penyebab banjir atau bahkan lari ke samudra dan mengancam keberlangsungan satwa laut.

5 Hal Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Menjadi Pahlawan Indonesia
Kemacetan di kota-kota besar Indonesia seolah sudah menjadi bagian dari rutinitas harian. Kelelahan pasca seharian beraktivitas, menjadi salah satu alasan mengambil jalan pintas untuk menghindari kemacetan dengan cara lawan arus.

Lawan arus atau ketidaktertiban berlalu lintas adalah salah satu penyebab tertinggi kecelakaan lalu lintas. Aturan mengenai lawan arus juga tertulis dalam Pasal 287 ayat 1 dan 2 Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Nomor 22 Tahun 2009. Banyak pengendara yang kurang sabar saat mengantri pada jalurnya sehingga mempertaruhkan nyawanya dan keselamatan orang lain.

Gak cuma melawan arus, kebut-kebutan, menyetir secara ugal-ugalan, juga menjadi ancaman di jalan. Yuk jadi pahlawan keselamatan di jalan dengan tertib dan lebih bijak lagi saat berkendara!

5 Hal Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Menjadi Pahlawan Indonesia
Dari Indonesia, untuk Indonesia. Mencintai dan mengonsumsi produk lokal adalah salah satu cara kita mendukung perekonomian negara. Jika produk lokal banyak digunakan, maka secara tidak langsung kita membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia. Banyak produk lokal yang tidak kalah berkualitas dibandingkan dengan produk-produk luar. Jadilah pahlawan yang bangga dengan produk dalam negeri.

5 Hal Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Menjadi Pahlawan Indonesia
Dampak positif dari maraknya sosial media adalah menjadi salah satu alat komunikasi dan informasi yang mudah diakses oleh berbagai kalangan. Namun, hal tersebut sering dinodai oleh pihak-pihak yang tidak bijak dalam mengolah informasi, sehingga menimbulkan berita hoax dan hate speech.

Kebebasan berkomentar yang tidak lagi mengindahkan batasan-batasan komunikasi yang sudah tidak sesuai dengan norma rentan menimbulkan perpecahan. Hal yang paling mengerikan adalah teraksesnya konten tersebut oleh anak di bawah umur, sehingga mereka ikut terpropokasi dan menyimpan memori-memori negatif dalam ingatannya. Mencontohkan cara berpikir yang selalu positif dan tidak meninggalkan jejak digital yang negatif juga bisa menyelamatkan Indonesia dari perpecahan dengan saudara sebangsa.

5 Hal Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Menjadi Pahlawan Indonesia
Tidak sedikit film asal Indonesia yang memperoleh penghargaan bergengsi di kancah Internasional. Hal yang membanggakan tersebut harus selalu kita dukung agar film-film Indonesia semakin berjaya. Industri perfilman adalah salah satu karya ekonomi kreatif yang memiliki ikatan erat dengan bidang pariwisata.

Mengingat negeri kita memiliki banyak destinasi wisata menarik yang tidak jarang dijadikan salah satu tempat syuting, secara tidak langsung mengapresiasi dan mepublikasikan film tersebut, kita juga ikut mempromosikan keindahan Indonesia pada dunia.

Gimana? Langkah kecil yang kita lakukan bisa membantu Indonesia juga kan? Baik dari segi ekonomi, lingkungan, ketertiban, dan pariwisata. Yuk jadi pahlawan bagi bangsa sendiri dengan melakukan hal positif, sekecil apapun itu. Demi Indonesia yang lebih baik. Selamat menjadi pahlawan!


Sumber : https://www.idntimes.com/life/inspir...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 5 Hal Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Menjadi Pahlawan Indonesia FOTO: Begini Penampilan Jokowi Pakai Baju Pejuang di Hari Pahlawan

- 5 Hal Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Menjadi Pahlawan Indonesia 9 Makanan Sederhana Ini Jadi Bekal Pahlawan Indonesia Saat Perang Lho

- 5 Hal Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Menjadi Pahlawan Indonesia Drama Kolosal Peringati Hari Pahlawan di Surabaya Berujung Tragedi 



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di