alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Kenali Penyakit Tennis Elbow Sebelum Menyerang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be4db80a09a3953308b4567/kenali-penyakit-tennis-elbow-sebelum-menyerang

Kenali Penyakit Tennis Elbow Sebelum Menyerang

Kenali Penyakit Tennis Elbow Sebelum Menyerang

Tennis Elbow adalah rasa sakit pada siku yang bisa terjadi karena rusaknya otot dan tendon diarea siku. Penderita tennis elbow akan merasakan nyeri saat meluruskan lengan, yang dapat menjalar dari siku hingga ke lengan bawah. Dalam dunia medis, tennis elbow disebut dengan lateral epicondylitis.

Persendian siku terdiri dari atas humerus, tulang siku, dan putaran siku. Tonjolan tulang pada siku berbentuk bulat dan merupakan kepala humerus. Otot dan tendon yang menghubungkan tulang humerus menonjol melalui bagian ini, karena srtuktur ini, lengan bisa dilipat dan diregangkan. Luka pada otot siku terjadi saat tendon terpotong atau terhubung dengan relaksasi.

Gejala Tennis Elbow

Gejala yang biasa dirasakan oleh penderita tennis elbow adalah nyeri pada sisi luar siku yang menjalar hingga ke lengan bawah dan pergelangan tangan. Gejala dapat berlangsung dalam rentang waktu 6 bulan sampai 2 tahun, bermula dari nyeri yang ringan, kemudian akan memburuk seiring waktu. Nyeri pada tennis elbow bisa terjadi pada sejumlah aktivitas berikut:


  • Mengangkat, menekuk atau meluruskan lengan
  • Berjabat tangan, menulis atau menggenggambenda berukuran kecil seperti pensil
  • Memutar pergelangan tangan seperti saat memutar kenop pintu atau membuka tutup stoples


Diagnosis Tennis Elbow

Untuk mendiagnosis tennis elbow, dokter akan terlebih dahulu menanyakan gejala dan aktivitas yang dilakukan pasien. Setelah itu dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dengan menelan area yang menghubungkan tendon dan tulang siku dan meminta pasien untuk menggerakkan siku ke berbagai arah. Jika dokter mencurigai nyeri disebabkan oleh kondisi lain, dokter akan melakukan pemeriksaan yang lebih detail dengan melakukan foto rontgen atau MRI.

Selengkapnya klik disini


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di