alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Teknik /
Mitos dan Fakta Seputar Penggunaan Panel yang Perlu Diketahui
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be3bd29ded770cd578b4573/mitos-dan-fakta-seputar-penggunaan-panel-yang-perlu-diketahui

Mitos dan Fakta Seputar Penggunaan Panel yang Perlu Diketahui

 Panel surya menjadi alternatif dalam menghasilkan energi bersih yang banyak digunakan untuk bangunan gedung dan perumahan sekarang ini. Mulai dari masalah penghematan listrik sampai kekurangan listrik, panel surya menjadi solusi untuk kebutuhan masyarakat bahkan untuk negara berkembang. Sayangnya dari penggunaan tersebut, masih banyak mitos dan fakta seputar energi surya yang perlu dipahami bersama. Salah satunya mengenai harga panel surya untuk rumah tangga. Banyak masyarakat awam yang menganggap bahwa panel surya hanya dibutuhkan untuk daerah kekurangan listrik. Karena itu, kali ini mari cari tahu apa saja yang perlu diketahui sebelum memasang panel surya.

Mitos atau Fakta: Panel Surya Hanya Bekerja di Siang Hari. Fakta bahwa panel surya hanya bekerja pada siang hari saja karena sumber energi yang digunakan dari matahari yang dapat dikonversi menjadi listrik dan tentunya tidak dapat berkerja pada malam hari. Alasan lainnya juga panel surya memiliki standar minimal, baik tegangan dan arus, dimana sistem panel surya dapat bekerja secara baik saat siang hari. Namun, tidak menutup kemungkinan panel surya dapat digunakan dan bekerja dengan baik saat malam hari dengan bantuan teknologi penyimpanan daya atau baterai.

Mitos atau Fakta, Listrik dari Energi Surya Hanya Dihasilkan Saat Matahari Cerah. Banyak orang yang berpikiran, listrik dari energi surya dapat dihasilkan saat matahari cerah. Tentu jawabannya adalah mitos. Panel surya masih dapat menghasilkan listrik meskipun dengan cuaca mendung karena pada kenyataannya panel surya tetap dapat mengkonversi energi surya selama standar nilai minimal yang dibutuhkan tercapai. Maka dari itu, penentuan mahal atau murahnya harga panel surya untuk rumah tangga atau untuk bangunan gedung yang Anda gunakan dapat dipastikan saat peralatan dapat berkerja dengan maksimal. Artinya, Anda harus cari tahu lebih dalam mengenai panel surya sebelum memasangnya.

Mitos atau Fakta, Harga Panel Surya untuk Rumah Tangga atau Gedung itu Mahal. Bicara harga panel surya untuk rumah tangga atau gedung itu mahal atau tidak, jawabannya relatif. Sebab perkembangan teknologi tenaga surya telah berkembang dengan cepat. Jika dibandingkan selama 3 tahun terakhir ini harga panel surya untuk rumah tangga atau gedung mengalami penurunan hingga 60%. Sehingga biaya pemasangan sistem panel surya sudah jauh lebih murah dibandingkan beberapa tahun lalu. Apalagi saat ini banyak perusahaan tenaga surya asal Indonesia yang memproduksi  sendiri. Contohnya, Sankelux dari PT. Sankeindo yang memulai lini bisnis pada komponen listrik, lampu LED dan berkembang pada panel surya.

Mitos atau Fakta: Panel Surya Bekerja Maksimal Di Indonesia. Indonesia terkenal dengan Kawasan tropisnya. Hal ini tentu menjadi peluang besar untuk Anda menggunakan panel surya karena faktanya energi surya dapat bekerja maksimal di daerah dengan tingkat penyebaran radiasi matahari tinggi. Indonesia memiliki tingkat radiasi matahari kurang lebih 3,5 - 6,0 kWh/m2 dari potensi radiasi matahari terbesar adalah 9,0 kWh/m2. Selain itu, panel surya juga dapat bekerja dengan maksimal pada temperature 25oC.

Mitos atau Fakta: Panel Surya Bebas Perawatan. Jika Anda pernah mendengar panel surya itu mahal, pernyataan ini fakta bahwa pemasangan panel surya mahal namun hanya di awal saja. Selanjutnya Anda akan merasakan manfaat, salah satunya penghematan biaya. Dimana teknologi surya tidak membutuhkan perawatan rutin karena tidak memiliki komponen bergerak, sehingga alat yang digunakan tidak menjadi haus. Perawatan yang dibutuhkan berupa memastikan tidak ada faktor eksternal yang mempengaruhi kinerja sistem.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di