alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / ... / Kritik, Saran, Pertanyaan Seputar KASKUS /
Ketidak Professionalan agan Khiekhan dalam Menjalankan Moderasi Forum Sains & Sejarah
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be3adc5dad770dd1b8b4569/ketidak-professionalan-agan-khiekhan-dalam-menjalankan-moderasi-forum-sains-amp-sejarah

Ketidak Professionalan agan Khiekhan dalam Menjalankan Moderasi Forum Sains & Sejarah

Ane di ban lagi, kali ini karena menyampaikan ketidak setujuan atas pelabelan/tuduhan OOT pada opini ane yg masih sangat relevan dengan topik trit "Tidak Runtuhnya Teori Evolusi Dalam 20 Jawaban", dan atas request/aspirasi ane untuk merevisi kontent topik trit tsb yg isinya menyeret perbandingan "Tuhan vs Teori Evolusi", karena dng kontent tsb trit nya menjadi trit yg tidak murni bahas science, tp cenderung menjadi trit propaganda dan ideologi. Kalaupun trit tsb kontent nya tidak dirubah sebenarnya menurut ane juga tidak apa2, tp moderator nya harus membebaskan kaskuser yg mewakili pihak kreasionis (yg sedang diperbandingkan di trit tsb) untuk menyampaikan tanggapan2, sanggahan2 dan opini2 nya agar imbang - tidak berat sebelah, bukan malah memberangusnya.


Ketidak Professionalan agan Khiekhan dalam Menjalankan Moderasi Forum Sains & Sejarah


Berikut adalah post terakhir ane di forum tsb yg membuat ane di ban:

Quote:




Sebelumnya ane juga di ban oleh ybs krn tuduhan yg bersifat sewenang-wenang yaitu : "ngetroll", padahal argumen ane sangat relevan dng topik, dan mewakili argumen "kreasionist" yang sedang di perbandingkan oleh TS nya di trit tsb.
https://www.kaskus.co.id/thread/5bc0...use-of-power/1

Ane melihat agan Khiekhan sebagai moderator di forum sains dan sejarah sangat tidak professional memoderasi forum tsb, karena:

  1. Very Subjective
  2. Mewakili paham/ideologi tertentu (non theist)
  3. Berat sebelah / tidak adil (lebih compromise sama kaskuser2 yg sepemahanan dng ybs, tp lebih keras terhadap kaskuser yg berseberangan paham dng ybs, spt ane dsb)
  4. Menggunakan otoritas nya (ban, sunat post) semena-mena, simply berdasarkan tuduhan/pelabelan semata-mata berdasarkan definisi subjective dia sendiri - yang bisa tiba2 diperkenalkan pada saat dia mengeluarkan ancamannya, bukan berdasarkan aturan main yg jelas.


Ane paham bhw untuk yg no 1, dan 2 itu wajar sebagai manusia; namun yang no 3 dan 4 itu yg seharusnya dihindari oleh moderator yg professional.

Mewakili paham tertentu (theist/atheist/dsb) sebenarnya juga ga masalah, asal bisa menjalankan moderasi secara adil - jangan yg mewakili paham yg berbeda cenderung di berangus.

Aspirasi ane adalah: ingin memperjuangkan bebas nya Forum Sains dan Sejarah dari dominasi ideologi tertentu krn penggunaan kekuasaan sewenang-wenang dan moderasi yg tidak professional.



Diubah oleh mxant
Thread sudah digembok
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 5
Seperti yang sudah saya jelaskan di post #4419:

Quote:


selain post situ, post dari user lain juga saya hapus, termasuk user ballorpin, michaelwise, rickreckt, shinhikarugenji dan lainnya. dari semua yang saya hapus, hanya situ yang komplain dan tidak berkenan, termasuk setelahnya memaksa saya untuk menghapus post user lain yang sudah terkena blanket warning di #4388 bahkan sampai merubah premis trit dimaksud.

terkait klaim ini:
Quote:


argumen 15. tidak membahas kompatibilitas teori evolusi dan agama https://www.kaskus.co.id/show_post/0...0646810897/431
argumen 20. juga tidak membahas kompatibiltas teori evolusi dan agama https://www.kaskus.co.id/show_post/0...0690948430/947

namun semata menyatakan bahwa bahasan agama dan teori evolusi adalah bahasan yang berbeda, sehingga memaksakan argumen tersebut sebagai pembenaran untuk membahas kompatibilitas teori dan agama tidaklah berdasar.

dan sudah pula direspon oleh TS dalam post #4422
https://www.kaskus.co.id/show_post/5...e8b4568/4422/-

menimbang semua faktor, maka tindakan situ di atas terpaksa dikategorikan mod abuse karena menyulitkan kerja saya sebagai moderator untuk memastikan diskusi yang kondusif dan terarah sesuai dengan general rules kaskus dan forum edukasi kaskus dan ditindak sesuai dengan peraturan forum edukasi yaitu ban non-permanen.


semoga dapat dipahami.

Balasan post khiekhan
Quote:


Seperti yg sudah ane sampaikan dan kita bahas disana, bhw ane tidak complain soal penghapusan post2 ane yg ngeladenin ngalor ngidul peserta2 lain yg ga sejalan dng topik. Yg ane tanyakan kenapa post ane yg sangat relevan dan ga ngalor ngidul dan mewakili opini relevan ane juga ikut2 disunat.

https://www.kaskus.co.id/show_post/5...b8b456f/4316/-

Dan ane juga sudah katakan bhw ane sudah berhenti bertanya-tanya lagi soal wewenang agan menentukan batasan post berapa utk dihapus setelah agan mengeluarkan ulimatum, artinya ane menghormati ultimatum agan tsb.
https://www.kaskus.co.id/show_post/5...98b4567/4324/- => paragraf 1.

Namun ane menyatakan ketidak setujuan utk dibilang OOT. Krn ane jelas2 menanggapi apa yg menjadi bahasan didalam trit tsb.

Quote:


Berarti agan salah paham. Ane ga pernah bilang bhw teori evolusi kompatibel dng agama, justru ane sedang menjawab kepada SiamShade yg bilang bhw agama masih kompatibel dng teori evolusi - bhw sesungguhnya memang ga kompatibel, dan dalam hal ini ane sejalan dng TS nya.

Ini bukan soal klaim bhw agama kompatible/tidak dng teori evolusi, tapi soal topik "Tidak Runtuhnya Teori Evolusi" dalam kontex sanggahan kreasionis (yg menyatakan bhw alam semesta itu ciptaan Tuhan => creation).

Semua org juga tahu bhw bahasan agama dan teori evolusi adalah bahasan yg berbeda. Semua org juga tahu bhw Tuhan ga ada sangkut pautnya didalam teori evolusi, dan itu ga perlu dijelaskan oleh siapapun termasuk TS nya.

Tapi agan paham ga bhw teori (atau opini - menurut shinhi/pione) KREASIONIS itu berasal dari mana? => Kristen. Dan jelas2 si TS nya membahas topik "Tidak Runtuh nya Teori Evolusi" dalam kontex krn serangan/sanggahan dari KREASIONISME. Coba diliat lagi bahasan agan TS di page 1. Point nya si TS jelas: teori evolusi itu ilmiah, opini kreasionis itu ga ilmiah - krn landasannya tuhan/agama.

Jadi kalau ga mau ada komen2 terkait kreasionis, tuhan, dan agama, ya ga usah seret2 soal tuhan, agama, kreasionis disitu. Murni bahas teori evolusi tok. Akan lebih clear tokh? dari pada membiarkan content nya spt itu - tapi nanti ada kaskuser yg nanggapinnya lantas dipersalahkan dan dianggap OOT. Membiarkan content spt itu tp menyunting sanggahannya sama aja dng memberangus opini yg ga sejalan.
Diubah oleh mxant

CREATIONISM & GOD IS INSEPERATABLE

Kreasionis dan Tuhan adalah 2 hal yg tidak bisa dipisahkan. Krn dasarnya teori (opini) kreasionisme adalah God involvement.

Mana mungkin bahas kreasionisme tp ga boleh singgung Tuhan ..?? Itu sama aja dng melarang orang lain menyanggah argument2/mssg yg ingin disampaikan TS nya.


Kalau masih belum jelas bhw KREASIONIS adalah teori (atau opini menurut pione) mengenai asal-usul alam semesta melalui penciptaan oleh TUHAN, dan bhw topik Evolusi vs Kreasionis adalah topik yg memang dalam perdebatan yg fenomenal di dunia, ini ane quote lagi dibawah ini:

Spoiler for "Kreasionis means: God involvement":


Artinya => debat Tuhan dan teori (opini) penciptaan Nya adalah RELEVAN dalam topik "Tidak Runtuhnya Teori Evolusi" dalam kontex sanggahan dari Kreasionisme tsb.

Kalau topiknya bahas kontex kreasionis, dan proponent kreasionisnya yg singgung2 Tuhan dalam penjelasannya di tuduh OOT, itu sama aja artinya membiarkan propanda anti kreasionis merajalela tp memberangus sanggahannya. Setiap kali mau kasih sanggahan - akan selalu kena tuduhan ini itu (OOT, ga niat diskusi ilmiah, itu agama, gada hub dng tuhan, bla3)
Diubah oleh mxant
^^^^^

Mungkin moderator nya memang ga bermaksud menggiring opini ke arah ideologi tertentu (evolusi/atheism/dsb) meski beliau punya pandangan dan keyakinan spt itu, tapi mungkin beliau memang perlu lebih banyak belajar bagaimana memisahkan antara moderasi yg professional dng bias dan ego pribadi nya tsb; bahwa: Intervensi Opini oleh moderator = penggiringan opini.

Di kaskus ini sebenarnya banyak kok moderator2 yg mature dan professional yg bisa memisahkan antara pandangan/bias individunya dng kegiatan moderasinya.

Kalau diluar kaskus contohnya ini:
https://defence.pk/pdf/forums/china-far-east.161/

Itu forum dari negara pakistan, tapi peserta nya banyak dari manca negara.

Moderator nya ga pernah intervensi ke masalah "opini" seperti nuduh muter2, ngetroll dng dasar yg ga jelas dsb. Diskusi mengalir - selama diskusinya respectfull ga ada yg di warn atau ban.
Trus ada juga subforum disitu yg moderator nya sangat aktif ikut diskusi, tp bagus nya ybs ga pernah ngelempar tuduhan2 (troll, muter2, dsb) kepada lawan debatnya sekalipun debatnya sengit dan panjang dan pemikiran moderator tsb benar2 diserang abis, gw sempat mikir: hebat yah nih moderator benar2 bisa nahan ego nya; mirip om berwin lah ... meski dia punya pandangan tertentu tp ga pernah nindas peserta lain yg punya pandangan berlawanan emoticon-Wink
Diubah oleh anis.sandi1
Balasan post mxant
Quote:

Kreasionisme bukan teori ilmiah.
Mana ada teori ilmiah yang gak menjelaskan apapun dan gak didukung bukti ilmiah apapun?
"Tuhan melakukannya" atau "Semua mungkin bagi Tuhan" bukanlah penjelasan!

Dan gue gak tertarik pada debat kusir ataupun lawakan lain dari lu dan kloningan lu.
Lu nulis panjang lebar tinggi juga ujung-ujungnya balik ke sini-sini juga.

Dahulu taksonomi yang digugat, karena klaim "hewan ini gak berubah selama ratusan juta tahun" disanggah dengan menunjukkan bahwa mereka hewan dari spesies, genus, atau family berbeda dari fosil. Sekarang mulai bergerak menyasar definisi "ilmiah". Gak punya waktu meladeni lawakan macam itu.
Diubah oleh shinhikarugenji
Balasan post shinhikarugenji
Quote:



Perdebatan ente tsb harusnya keep disana doong - jangan dibawa ke mari.

Ini kan trit tentang pengaduan atas tindakan moderator yg dinilai oleh ybs tidak professional, karena intervensi opini dengan kekuasaannya sbg moderator dan memihak serta membatasi pihak paham yg berseberangan dalam beropini, bukan tentang debat Teori Evolusi vs Kreasionis.
Balasan post shinhikarugenji
Quote:


Kalau lu bilang Teori ID dan Kreasionis ga didukung bukti ilmiah apapun, hanya berdasarkan iman lu salah besar. Itu petanda bhw lu belum mengerti dng apa yg lu perdebatkan krn lu belum paham ttg proposision dari Kreasionism dan ID.

Pihak kreasionis dan ID juga menggunakan pembuktian didalam teori2 nya tsb:
https://www.summit.org/resources/art...-for-creation/
https://creation.com/evidence-for-creation

Teori ID ide/gagasan/pencetusnya tentang "designer invovlment" memang berasal dari kitab suci karena bicara tentang creator/designer, tapi dalam penjabaran teori nya adalah pure ilmiah.

Quote:


Hipokrit banget.

Kalau lu benar2 ga tertarik dan ga punya waktu utk debat begituan, lantas kenapa pembukaan dan topik trit lu menyinggung perdebatan Teori Evolusi dng Kreasionis/ID dan semacamnya? serta menjelek-jelekkan Kreasionis/ID? Itu namanya lu nantangin pihak lain tp ga siap utk berdebat dan mempertahankan argumen lu. Dan kalau lu memang ga mau debat begituan, ya buatlah trit yg pure ttg evolusi, ga usah nantangin dan jelek2 in teori/pandangan lain.
Diubah oleh mxant
Balasan post mxant
Quote:

Udah dibilang, gue gak tertarik klaim sepihak kreasionis, apalagi kreasionis bumi usia muda.
Lu nyodorin sejuta artikel sejenis juga gak guna.

Berdebat itu jika kedua pihak paham apa yang diperdebatkan.
Dan lu... gak perlu dibahas lagi.
Memahami satu klaim gak bisa dibela dengan klaim sepihak aja gak mampu.
Selanjutnya terserah momod mau ladeni curhat lu atau lock thread curhat lu.
Diubah oleh shinhikarugenji
Balasan post shinhikarugenji
Quote:



Jangan ke GR an .. gw nyodorin citation2 tsb memang bukan untuk ente, tapi untuk yg lainnya supaya mereka bisa melihat bhw lu nyerang kreasionisme tp sesungguhnya belum paham ttg Kreasionisme itu sendiri, serta betapa hipokrit ente, nyeret dan jelek2 in kreasionism dan ID di trit lu tp bilangnya males ngedebat. Artinya => tujuanlu cuman buat "PROPAGANDA" semata, bukan diskusi ilmiah; krn kalau lu memang bukan utk propaganda, lu ga boleh males, dan ga boleh complain/marah2 kalau di challenge.
Nama ane disebut antara bangga dan malu2in emoticon-Big Grin
By the why dari sekian banyak penghuni, anda kreasionis yang menurut saya, saya bisa banyak belajar

Shalom emoticon-Angkat Beer
Balasan post mxant
Quote:

emoticon-Ngakak
Sori, gue salah.
Kirain ini curhat, ternyata humor.
Selama gue bahas evolusi, yang paling sering (hampir semua yang) gue ladeni adalah kreasionis.
Dan ada badut yang klaim gue gak paham kreasionisme... emoticon-Ngakak (S)

Sebelum lu minta gue tanggapi, kenapa lu gak bikin thread lawak kalau bumi itu usia muda, seperti sumber-sumber yang lu comot?
Toh lu rutin nyomot artikel dari kreasionis bumi usia muda kan?
Yang lu anggap adalah ilmuwan kredibel.
Diubah oleh shinhikarugenji
Balasan post shinhikarugenji
Quote:


Bukti nya lu salah diatas klaim KREASIONIS hanya klaim iman, itu jelas2 menunjukkan pengetahuan tentang KREASIONIS adalah amat minim, sisanya main asumsi. emoticon-Embarrassment

Gw udah buktikan bhw mereka (Kreasionis & ID) bukan hanya klaim iman, tapi juga melibatkan pembuktian2 ilmiah, meski pembuktian2 mereka juga dalam perdebatan dng pendukung evolusi. Jelas yg ngelawak elu disini.

Yg lu ladeni itu juga sama ky elu, ga bener2 paham kreasionis, makanya lu pikir kreasionis cuman nyodorin iman buta.

Saat ini ada yg namanya ID (Intelligent Design), itu refinery dari kreasionis krn hanya fokus pada SCIENCE semata, ga bawa2 Alkitab.

Quote:



Untuk apa? gw bukan pendukung bumi usia muda. Elu memahami golongan2 kreasionis aja ga bisa, tp komen soal kreasionis .. yg terjadi malah lu ngelawak emoticon-Ngakak (S)

GW pendukung ID yg adalah pure science.
Balasan post mxant
Quote:

Iya, gak cuma modal iman.
Juga modal quote mining, rekayasa, tafsir suka-suka dsb.
Puas, puas? emoticon-Stick Out Tongue

Ngaku bukan pendukung bumi usia muda, tapi nyomot tulisan kreasionis bumi usia muda dari situs bumi usia muda, ngotot itu benar lagi.
Padahal kreasionis bumi usia muda nentang evolusi salah satunya karena ngotot makhluk hidup baru ada ribuan tahun silam, gak cukup waktu buat evolusi.

Keep membadut, gan, siapa tahu entar jadi komika sukses.
Sisanya lu curhat aja sama momod.
emoticon-Ngakak
Diubah oleh shinhikarugenji
Balasan post shinhikarugenji
Quote:



Gw nyomot utk nunjukkin lo bhw mereka juga punya scientific evidence bloon ... artinya bukan sekedar klaim iman spt yg lu bilang, bukannya gw berarti mendukung itu.
emoticon-Ngakak

Kemampuan kognitif ente minim, cuman kuat di propaganda dan memperlakukan teori evolusi sbg dogma semata. emoticon-Embarrassment
Diubah oleh mxant
ini masih berlanjut emoticon-Hammer2
Balasan post mxant
Quote:

emoticon-Ngakak
Mirip argumen kaum bumi datar yang klaim kalo argumen mereka itu ilmiah... emoticon-Ngakak (S)

*Mojok santai nonton stand up komedi sambil makan pop corn...
Diubah oleh shinhikarugenji
Balasan post shinhikarugenji
Quote:



Masa? Bisa lu tunjukkin ga bgmn Flath Earthers menggunakan argumen ilmiah nya? emoticon-Ngakak

Berarti fixed emang lu ga ngerti Creationism tp asal mangap dan ngebadut emoticon-Angkat Beer

https://www.mysanantonio.com/opinion...e-13092544.php
Diubah oleh mxant
Quote:


Quote:


Lu malu2in gw aja emoticon-Blue Guy Bata (L)
Quote:


Lu ngapa debat dimari, gen? emoticon-Ngakak

Quote:


Lu juga klo cuma modal nyomot artikel doang ya asbun namanya. Pelajari dulu sampe mendalam artikelnya jd bisa dipertahankan secara scientifik bukan dng delusi/doktrin karena Tuhan atau peran Tuhan atau tertulis di Kitab Suci, dll yg sejenis.

Basicly semua perbuatan Tuhan itu logis, bahkan mukzizat para Nabi juga logis. Jd lu jg pasti bisa menjawab si genji dng logis. Begitu pula si genji bisa menjawab lu dng hal yg sama logisnya.

Klo lu udah mentok dan berakhir dng jawaban modal iman/percaya doang ya jelas lu oot. Ilmu lu blum mumpuni.

Itu thread ga bahas atheis/theis tp evolusi dan kreasionis, harusnya bukan thread debat karena evolusi ma kreasionist itu teorinya bersumber dr fakta2 science yg jg sama. Yg membedakan cuma ilmuwan A melihat fakta A, ilmuwan B melihat fakta B, dstnya yg sebenernya klo dipelajari dng mendalam dan menghilangkan doktrin yg ditanamkan sang ilmuwan itu teorinya sama saja. Gw malah bingung klo lu bedua debat disitu emoticon-Hammer

Klo misalnya nanti teori "ayam merupakan evolusi dr raptor" dijadikan fakta, cos skarang masih "teori" kan. Apa lu sbg. Kreasionist mau membantah fakta diatas? tentu saja tidak kan kecuali lu membawa bukti bahwa ayam bukan evolusi dari raptor. <= ni debat namanya, oot klo dibahas di thread si genji bahasannya berbeda harusnya thread "Evolusi vs Tidak Evolusi"

Kalo lu bedua masih berpegang pada fakta yg sama, yg didebatin itu apa? Teorinya emoticon-Bingung

Teori itu cuma penjelasan tentang suatu objek. Teori penciptaan alam semesta jg banyak, big bang, tidal wave, kant-laplace, dll. Lihat objeknya, universe itu ada, teori penciptaan diatas itu mo di debatin sampe kebo bertelor jg bakalan bertentangan terus. Karena harus diperkuat oleh bukti fisik, agar jd fakta.

Jd yg lu debatin itu apa? emoticon-Entahlah

Dah tutup aja ni thread, lanjutin debat di threadnya aja lagi. Jangan lupa klo gw ganteng itu fakta universal emoticon-Cool
Diubah oleh batmanluck99
Halaman 1 dari 5
×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di