alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Domestik /
Perkebunan Kopi Terbesar di Indonesia di Kare Madiun
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be3ac3fddd770a1168b4567/perkebunan-kopi-terbesar-di-indonesia-di-kare-madiun

Perkebunan Kopi Terbesar di Indonesia di Kare Madiun

Perkebunan Kopi Terbesar di Indonesia di Kare MadiunKopi adalah salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Budaya lokal yang sudah turun temurun sejak dahulu. Tidak mengherankan karena Indonesia memang salah satu dari 5 besar produsen kopi terbesar di dunia.

Jika berbicara kopi khas Indonesia, yang selalu diingat biasanya kopi dari daerah Toraja, Aceh, Sidikalang, Flores, Papua Wamena atau Bali Kintamani. Padahal, daerah penghasil kopi di Indonesia sebenarnya banyak sekali. Salah satu yang tidak pernah disebutkan padahal merupakan penghasil besar adalah kopi dari Madiun.

Kopi dari Madiun umumnya dihasilkan dari perkebunan kopi di daerah Kandangan kecamatan Kare. Saya bilang umunya karena ada perkebunan kopi lain di Madiun tetapi tidak sebesar perkebunan kopi Kare. Kebun kopi lain bisa ditemukan di daerah Mundu dan Segulung.


Kebun kopi
Sekilas tentang Madiun, wilayah ini adalah salah satu wilayah di Jawa Timur bagian barat. Terbagi menjadi Kota dan Kabupaten, wilayah ada di antara Gunung Wilis di Timur dan Gunung Lawu di bagian barat. Produk yang terkenal dari Madiun adalah Brem (makanan dari tape) dan sambel pecel.

Bagi masyarakat Madiun nama perkebunan Kopi Kandangan tentu sudah tidak asing lagi. Perkebunan Kopi yang berada diwilayah Kecamatan Kare ini sudah ada sejak tahun 1911. Perkebunan Kopi peninggalan kolonial Belanda ini menurut beberapa sumber merupakan Perkebunan Kopi yang terbesar yang ada di Indonesia. Wilayah perkebunan ini cukup luas membentang di sepanjang lereng pegunungan Wilis berbatasan dengan daerah Kabubaten Ponorogo.

Areal perkebunan ini meliputi beberapa Afdeling yaitu Kandangan(Kempo) Catur, Sampel, Seran, Njeladri, Pulosari, Kertoembo, Banaran, Grenjeng dan Sumberagung. Afdeling adalah pembagian administratif suatu kebun.

Untuk menuju Perkebunan kopi Kare bisa dari beberapa titik. Jika dari arah utara (jalan Provinsi) bisa masuk melalui Kecamatan Saradan. Tepatnya jalan yang di sebelah hutan jati perhutani. Jika dari arah barat, bisa dari Kecamatan Dagangan, lalu ke arah Banjarsari.

Kedua jalur ini akan bertemu di hutan Bandung yang vegetasi tanamannya mayoritas adalah pohon jati. Indah sekali pemandangan di sini karena jalanan membelah areal persawahan dan perkebunan. Tanaman yang dihasilkan antara lain merica dan jambu monyet. Daerah ini juga produsen besar mangga harum manis jadi jangan kaget kalau banyak sekali pohon mangga di sepanjang jalan.

Akses jalan menuju areal perkebunan bisa dibilang sangat memadai.Pihak perkebunan sudah membangun jalan dengan cor. Menurut beberapa sumber jalan ini kelak akan dijadikan jalan tembus antara Kabupaten Madiun dan Kabupaten Ponorogo.

Selain memiliki panorama yag indah perkebunan Kopi Kandangan juga menyimpan banyak sejarah,selain pernah dilewati rute gerilya Panglima Jendral Sudirman, perkebunan ini juga pernah dijadikan basis perjuangan para pejuang untuk menngusir penjajah Belanda. Bukti dari sejarah perjuangan tersebut adalah dibangunya Monumen Brigade Mobil Sakip dan Sanali.

Sakip adalah agen Polisi Satu yang gugur ketika melawan Belanda, sedang Sanali adalah Komandan Muda yang gugur diberondong peluru tajam tentara Belanda. Kedua pejuang tersebut dimakamkan dimonumen Brigade Mobil yang terdapat di perkebunan Kopi Kandangan. Pada tahun 1975 kedua kerangka jenazahnya dipindahkan ke makam Pahlawan Madiun dn bekas pemakamanya pada tanggal 2 Juli 1977 diabadikan sebagai Monumen Perjuangan Brimob.

Areal perkebunan ini sekarang juga sedang dirubah menjadi areal wisata ditandai dengan dibangunna beberapa villa untuk menginap walaupun masih belum dibuka secara umum. Karena untuk masuk ke perkebunan ini harus mendapat izin dulu dari security di pos penjagaan.

Pihak perkebunan juga menyediakan areal Camping Ground yang sangat luas yang dilengkapi dengan Aula yang sangat luas juga fasilitas MCK yang memadai. Saat ini perkebunan Kopi Kandangan menjadi tujuan tempat Camping Ground untuk wilayah Madiun dan sekitarnya.

Diperkebunan ini juga masih banyak kita temukan sisa sisa bangunan Belanda, selain berupa pabrik pengolahan kopi juga Lodge (lidah jawa bilang Loji) tempat tinggal para meneer belanda. Banyak cerita seram di sini, jika berani silahkan berwisata pada malam hari hehe.

Photo-photo lengkap tentang Perkebunan Kopi Kandangan Madiun bisa diklik link tersebut.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di