- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Kumpulan Tips untuk manajeman dan pengaturan waktu


TS
maneaterbug
Kumpulan Tips untuk manajeman dan pengaturan waktu
Quote:
Membuat Agenda Harian dalam pengaturan waktu
August 10, 2017
By Tyasfirman
Berkegiatan di keseharian merupakan sebuah hal yang lumrah dilakukan oleh sebagian besar manusia. Hari demi hari dilewati manusia dengan berbagai macam aktivitas atau kegiatan yang membuat kehidupan berarti. Pada dasarnya, setiap orang ingin memanfaatkan secara optimal waktu yang dimilikinya sehingga semua kegiatan dapat dijalankannya dengan baik. membuat agenda harian merupakan sebuah aktivitas penting untuk mencatat atau memandu kegiatan Anda setiap harinya.

Dengan agenda ini maka Anda bisa tahu kegiatan apa saja yang akan Anda lakukan dalam satu hari tanpa takut terlupa. Oleh sebab itu, berikut ini adalah tips dan trik dalam membuat agenda harian bagi Anda secara mudah dan praktis:
Tetapkan kegiatan-kegiatan utama Anda dalam 1 hari
Langkah pertama yang harus Anda terapkan dalam membuat agenda harian ialah menetapkan kegiatan-kegiatan utama yang akan Anda lakukan dalam 1 hari. Penetapan kegiatan-kegiatan utama ini sangat penting nilainya karena Anda akan tahu kegiatan apa saja yang akan Anda laksanakan. Usahakanlah kegiatan yang akan Anda jalankan tidak terlalu banyak sehingga Anda dapat membagi waktu dan menjalankan kegiatan-kegiatan tersebut dengan lebih fokus dan mendalam.
August 10, 2017
By Tyasfirman
Berkegiatan di keseharian merupakan sebuah hal yang lumrah dilakukan oleh sebagian besar manusia. Hari demi hari dilewati manusia dengan berbagai macam aktivitas atau kegiatan yang membuat kehidupan berarti. Pada dasarnya, setiap orang ingin memanfaatkan secara optimal waktu yang dimilikinya sehingga semua kegiatan dapat dijalankannya dengan baik. membuat agenda harian merupakan sebuah aktivitas penting untuk mencatat atau memandu kegiatan Anda setiap harinya.

Dengan agenda ini maka Anda bisa tahu kegiatan apa saja yang akan Anda lakukan dalam satu hari tanpa takut terlupa. Oleh sebab itu, berikut ini adalah tips dan trik dalam membuat agenda harian bagi Anda secara mudah dan praktis:
Tetapkan kegiatan-kegiatan utama Anda dalam 1 hari
Langkah pertama yang harus Anda terapkan dalam membuat agenda harian ialah menetapkan kegiatan-kegiatan utama yang akan Anda lakukan dalam 1 hari. Penetapan kegiatan-kegiatan utama ini sangat penting nilainya karena Anda akan tahu kegiatan apa saja yang akan Anda laksanakan. Usahakanlah kegiatan yang akan Anda jalankan tidak terlalu banyak sehingga Anda dapat membagi waktu dan menjalankan kegiatan-kegiatan tersebut dengan lebih fokus dan mendalam.
Quote:
Tips Menyusun Jadwal Aktivitas Harian
30 November 2014
Tips0
19147

Tentunya sebagai maklhuk yang hidup yang bersosialisasi dan memiliki kegiatan, bagimana cara kita membuat hidup ini lebih berarti dimulai dari bangun sampai kita mematikan lampu untuk tidur lagi adalah hal yang penting, karena setiap momen adalah hal yang paling berharga dalam hidup kita. Kalau kita kehilangan uang, mungkin bisa dicari, kalau kita kehilangan mobil mungkin bisa beli lagi, tapi kalau kita kehilangan waktu, kemana hendak kita mencari ganti?
Begitu penting sebuah jadwal untuk kita. Dengan jadwal itu hidup kita bisa lebih fokus dan terarah. Hasill yang ditargetkan pun jelas. Semua terencana dengan baik. Upaya untuk memenuhi semua harapan pun bisa dilakukan dengan mudah.
Ada beberapa langkah mudah membuat jadwal aktivitas harian, antara lain:
[size={defaultattr}]
“Banyak orang tidak melihat kesalahannya, bahkan setelah bertahun-tahun waktu berlalu. Bayangkan, bila ada seseorang yang bisa memperbaiki dirinya setiap hari .. Dapatkah Anda merasakan dahsyatnya perkembangan orang tersebut!” (Johny Rusly)
Sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa waktu adalah pedang. Kalau kita tidak pandai mengaturnya, maka kita akan terluka olehnya. Jadi, agar kita tidak tersesat dalam aktivitas yang sia-sia, mulai sekarang yuk kita biasakan membuat jadwal aktivitas harian.
Berikut Contoh sederhana Jadwal Aktivitas Harian
SENIN, 1 DESEMBER 2014
AKTIVITAS HARI INI
07.30 WIB
Sholat Duha
08.00 WIB
Mandi dan Bersih dapur
08.30 WIB
Jemput Buku Penelitian di Pusat Bahasa/Buat Kartu Perpus
09.00 WIB
Liputan kampus : Tips Wawancara Kerja bagi Joob Seeker
09.30 WIB
Liputan Kampus : Solusi Kampus dalam melihat Sarjana Penganngguran
10.00 WIB
Mengetik Berita
12.00 WIB
Sholat Dzuhur
12.30 WIB
Makan Siang
14.00 WIB
Mengirim Berita Kepada Pimpinan redaksi
14.30 WIB
Rampungkan Proposal Penelitian
15.30 WIB
Sholat Ashar
15.40 WIB
Istirahat
16.00 WIB
Update Twitter, Update Facebook, Menulis Blog
17.00 WIB
Mandi Sore Persiapan Sholat Magrib
18.00 WIB
Sholat Magrib berjama’ah
19.00 WIB
Tilawah- 1 Juz
19.40 WIB
Sholat Isya
20.00 WIB
Lanjut Kerja Proposal Penelitian
23.00 WIB
Makan Malam
24.00 WIB
Istirahat / Tidur
[/size]
30 November 2014
Tips0
19147

Tentunya sebagai maklhuk yang hidup yang bersosialisasi dan memiliki kegiatan, bagimana cara kita membuat hidup ini lebih berarti dimulai dari bangun sampai kita mematikan lampu untuk tidur lagi adalah hal yang penting, karena setiap momen adalah hal yang paling berharga dalam hidup kita. Kalau kita kehilangan uang, mungkin bisa dicari, kalau kita kehilangan mobil mungkin bisa beli lagi, tapi kalau kita kehilangan waktu, kemana hendak kita mencari ganti?
Begitu penting sebuah jadwal untuk kita. Dengan jadwal itu hidup kita bisa lebih fokus dan terarah. Hasill yang ditargetkan pun jelas. Semua terencana dengan baik. Upaya untuk memenuhi semua harapan pun bisa dilakukan dengan mudah.
Ada beberapa langkah mudah membuat jadwal aktivitas harian, antara lain:
- Belilah sebuah notebook ( Buku Kecil) yang akan digunakan sebagai lembar catatan harian nantinya. Tidak perlu terlalu mahal, cukup yang sederhana dan bisa menulis waktu beruapa tanggal, hari dan catatan kecil lainnya.
- Tulislah kapan kita bangun dan kapan kita bekerja. Sebelum kita istrihat tidur di malam hari, alangkah baiknya kita menulis jam berapa nanti kita bangun. Agar secara sadar, kita telah memperingatkan otak kita untuk bersedia di jam itu. Biasanya kalau bangun yang direncanakan, otak akan dipaksa untuk memberitahukan waktu itu meski kita dalam keadaan tidur. Sehingga kita akan terbangunkan.
- Letakkan buku catatan (notebook) di samping kita atau di tempat yang sering kita melihatnya setiap hari. Ketika kita ingin pergi, kita akan mudah mencarinya. Hal ini juga menghindari buku itu gar tidak tercecer dimana. Sebab, buku catatan itu adalah gambaran keseharian kita.
- Cobalah untuk mengatur jam alarm kita sebagai penanda kita siap untuk melakukan aktivitas. Usahakan 10 atau 15 menit sebelum memulai aktivitas. Biasanya di pagi hari kita masih sering duduk minum kopi sambil membaca Koran harian. Sehingga kita lupa waktu bersiap-siap untuk bekerja. Nah, alarm ini akan menjadi reminder kita tatkala keasyikan bersantai.
- Berilah centang atau cross check setiap agenda yang terlaksana. Sehingga kita bisa lebih siap ke agenda selanjutnya. Nah, ketika semua terlaksana dan kembali lagi ke rumah. Buatlah agenda untuk besok hari seperti biasanya.
- Jika kita mampu menjalankan kebiasaan menulis jadwal aktivitas harian seperti ini, maka aakan ada banyak manfaat bagi diri kita. Pribadi kita akan lebih disiplin. Semua tertata rapid an hidup lebih menjadi terarah. Selain itu, kita juga akan lebih menghargai waktu, meski itu hanya semenit. Dan manfaat yang paling besar adalah kita belajar bertanggung jawab atas apa yang kita lakukan selama sehari penuh.
[size={defaultattr}]
“Banyak orang tidak melihat kesalahannya, bahkan setelah bertahun-tahun waktu berlalu. Bayangkan, bila ada seseorang yang bisa memperbaiki dirinya setiap hari .. Dapatkah Anda merasakan dahsyatnya perkembangan orang tersebut!” (Johny Rusly)
Sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa waktu adalah pedang. Kalau kita tidak pandai mengaturnya, maka kita akan terluka olehnya. Jadi, agar kita tidak tersesat dalam aktivitas yang sia-sia, mulai sekarang yuk kita biasakan membuat jadwal aktivitas harian.
Berikut Contoh sederhana Jadwal Aktivitas Harian
SENIN, 1 DESEMBER 2014
AKTIVITAS HARI INI
07.30 WIB
Sholat Duha
08.00 WIB
Mandi dan Bersih dapur
08.30 WIB
Jemput Buku Penelitian di Pusat Bahasa/Buat Kartu Perpus
09.00 WIB
Liputan kampus : Tips Wawancara Kerja bagi Joob Seeker
09.30 WIB
Liputan Kampus : Solusi Kampus dalam melihat Sarjana Penganngguran
10.00 WIB
Mengetik Berita
12.00 WIB
Sholat Dzuhur
12.30 WIB
Makan Siang
14.00 WIB
Mengirim Berita Kepada Pimpinan redaksi
14.30 WIB
Rampungkan Proposal Penelitian
15.30 WIB
Sholat Ashar
15.40 WIB
Istirahat
16.00 WIB
Update Twitter, Update Facebook, Menulis Blog
17.00 WIB
Mandi Sore Persiapan Sholat Magrib
18.00 WIB
Sholat Magrib berjama’ah
19.00 WIB
Tilawah- 1 Juz
19.40 WIB
Sholat Isya
20.00 WIB
Lanjut Kerja Proposal Penelitian
23.00 WIB
Makan Malam
24.00 WIB
Istirahat / Tidur
[/size]
Sumber : https://kampoengngawi.com/file.post.news/tips-menyusun-jadwal-aktivitas-harian/
Quote:
Ini Cara Membuat Jadwal Kegiatan Harian yang Efektif dan Produktif!
Membuat jadwal harian bisa jadi pekerjaan yang susah-susah gampang. Meski sudah disusun rapi, kita ternyata masih sering melanggarnya. Padahal, banyak manfaat dengan memiliki jadwal harian dan menaatinya lho, Teens.
Salah satunya adalah dengan membuat hidup kita lebih teratur dan memastikan hal-hal penting tidak terlewat. Berikut caranya agar jadwal harian yang kita susun lebih efektif.
Tujuan Jangka Panjang
Ingat tujuan utama kamu saat ingin membuat jadwal harian (dok. unsplash)
Untuk membuat jadwal harian yang efektif, sebelumnya kita harus menegaskan tujuan jangka panjang. Apa yang kita inginkan untuk masa depan. Dengan menentukan tujuan utama kita untuk masa depan, hal itu akan membantu agar kita patuh pada jadwal yang disusun.
Misalnya, kita memasukkan les bahasa asing ke jadwal harian. Dengan menyadari kalau kita ingin menjadi diplomat di masa depan, maka jadwal tersebut akan lebih efektif dan kemungkinan besar akan kita patuhi.
Jangan lupa menuliskan tujuan jangka panjangmu di tempat yang mudah terlihat atau di dekat jadwal harianmu agar lebih bersemangat untuk mengikuti jadwal yang telah disusun.
First Thing First
Utamakan deadline lebih dulu Teens! (dok. unsplash)
Saat menyusun jadwal harian, utamakan hal yang harus segera dikerjakan. Misalnya tugas sekolah dengan deadline yang paling dekat. Prioritaskan waktu untuk kewajiban-kewajiban utama yang harus segera kita selesaikan.
Setelah itu, masukkan kegiatan yang waktunya paling pasti. Misalnya sekolah, kuliah, atau les. Baru kemudian kita bisa menambahkan kegiatan-kegiatan yang waktunya lebih fleksibel. Seperti hang out dengan teman, misalnya.
Sumber : https://www.teen.co.id/read/8588/ini-cara-membuat-jadwal-kegiatan-harian-yang-efektif-dan-produktif
Quote:
10 Tips Manajemen Waktu Yang Terbukti
Mar 5,2018 / By Ryan / No Comment
Mar 5,2018 / By Ryan / No Comment
Apakah Anda pernah berpikir? Bahwa semua yang Anda lakukan dalam kehidupan Anda sangatlah banyak. Mulai dari harus mengurus kehidupan sehari-hari pribadi Anda, keluarga Anda sampai pekerjaan Anda. Apakah Anda bisa menyeimbangkan manajemen waktu tersebut?
Manajemen waktu adalah hal yang sangat sulit dilakukan untuk siapapun, bahkan pengusaha sukses seperti Richard Branson sekalipun kadang kelabakan dengan waktu mereka. Anda harus belajar mengenai manajemen waktu dari sekarang. Cobalah dengan cara membuat jadwal. Paling mudahnya adalah manfaatkanlah gandget Anda untuk mewujudkan manajemen yang baik yaitu dengan membuat jadwal di kalender gadget Anda.
Sebagai pengusaha, Anda mungkin akan sering terputus atau ditarik ke arah yang berbeda. Meskipun Anda tidak bisa menghilangkan gangguan, Anda dapat mengatakan seberapa banyak waktu yang Anda akan habiskan pada orang lain dan berapa banyak waktu yang akan Anda habiskan pada pikiran, percakapan dan tindakan yang akan membawa Anda menuju sukses.
Semua itu harus Anda pertimbangkan sejak dini. Anda harus belajar mengenai apa itu waktu, bagaimana cara manajemen yang baik dan semua tentang pengaturan waktu dan kehidupan Anda. Tentunya Anda tidak ingin pekerjaan membuat Anda lupa dengan kehidupan sehari hari Anda, dan sebaliknya Anda juga tidak ingin kesenangan atas hobi Anda menjadi suatu hal yang membuat Anda lupa dengan kewajiban pekerjaan Anda.
Berikut adalah 10 tips manajemen waktu yang harus Anda coba.
1. Laksanakan jadwal dan rekam semua pikiran Anda, percakapan, serta kegiatan yang telah Anda lakukan selama satu minggu. Hal ini akan membantu Anda memahami berapa banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan dalam satu hari. Anda akan melihat berapa banyak waktu yang benar-benar menghabiskan hasil produksi dan berapa banyak waktu yang terbuang. Hal ini pun akan membantu Anda untuk belajar tentang manajemen waktu yang baik.
[size={defaultattr}]
2. Buatlah to-do list. Setiap aktivitas atau percakapan yang penting bagi keberhasilan Anda harus memiliki waktu yang ditugaskan untuk itu. Dengan adanya to-do list, waktu Anda akan lebih berguna setiap saatnya.
3. Rencanakan untuk menghabiskan setidaknya 50% dari waktu Anda untuk terlibat dalam pikiran, kegiatan dan pekerjaan yang menghasilkan sebagian besar hasil Anda
4. Jadwalkan waktu untuk interupsi. Rencanakan waktu untuk menarik diri dari apa yang Anda lakukan. Ambillah suatu konsep yang menarik, misalnya, konsep memiliki “jam kantor.” Bukankah “jam kerja” adalah cara lain untuk mengatakan “interupsi yang direncanakan?”
5. Ambil 30 menit pertama setiap hari untuk merencanakan hari Anda. Jangan memulai hari Anda sampai Anda menyelesaikan rencana waktu Anda. Waktu yang paling penting dari hari Anda adalah waktu Anda menjadwalkan untuk menjadwalkan waktu. Selain itu, hal ini juga berguna agar manajemen waktu Anda berjalan dengan baik tanpa harus mengganggu hal lainnya.[/size]
[size={defaultattr}]
6. Ambil lima menit sebelum setiap panggilan dan tugas untuk memutuskan apa target yang Anda inginkan untuk dicapai. Ini akan membantu Anda mengetahui apa yang tampak seperti keberhasilan sebelum Anda mulai. Dan itu juga akan membuat Anda tepat waktu dalam bekerja. Karena Anda sudah memiliki target dan semua jadwal yang direncanakan dengan baik.
[/size]

[size={defaultattr}]
7. Pasanglah tanda “Jangan diganggu” ketika Anda benar-benar harus melaksanakan pekerjaan yang harus diselesaikan dengan cepat.
8. Cobalah untuk tidak beralih ke handphone Anda hanya karena mendengar dering dari handphone Anda. Anda boleh melihatnya, tapi jika hal itu tidak penting, usahakan untuk mengalihkan perhatian Anda dari handphone Anda. Kecuali, itu pesan atau telepon dari rekan bisnis Anda. Kemudian, cobalah untuk menjadwalkan waktu untuk mengecek email, atau sekedar browsing di internet mengenai bisnis Anda, karena Anda juga membutuhkan pengetahuan mengenai hal itu.
9. Blokirlah gangguan lainnya seperti Facebook atau media sosial lainnya saat Anda bekerja. Kecuali, jika pekerjaan Anda berhubungan dengan media sosial.
10. Ingat bahwa tidak mungkin untuk mendapatkan semua yang sudah Anda rencanakan. Karena Anda hanyalah manusia biasa. Ingat juga bahwa peluang baik adalah 20% dari pikiran Anda, sedangkan percakapan dan kegiatan menghasilkan 80 persen dari hasil Anda.
Manajemen waktu hanyalah salah satu dari salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas Anda. Namun dengan menguasai satu hal ini, Anda akan melihat perbedaan yang nyata sebelum dan sesudah Anda terapkan. Dan apabila Anda adalah seorang pengusaha, maka Anda dituntut untuk lebih produktif dibandingkan apabila Anda adalah seorang profesional. Kami juga telah menulis beberapa artikel mengenai 15 hal yang dilakukan pengusaha sukses setiap harinya dan 10 hal yang dibawa pengusaha sukses ketika keluar rumah yang bermanfaat bagi Anda.[/size]
Sumber : https://blog.sribu.com/10-tips-manajemen-waktu/
0
1K
Kutip
0
Balasan


Komentar yang asik ya


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan