alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Hotel Trump Bisa Ancam Persediaan Air Pulau Bali
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be233bbc0d77072058b4567/hotel-trump-bisa-ancam-persediaan-air-pulau-bali

Hotel Trump Bisa Ancam Persediaan Air Pulau Bali


Sistem irigasi subak di Bali telah menjaga sawah subur selama berabad-abad. Tetapi pariwisata mengancam pasokan air, dan pembangunan hotel Trump bisa menjadi ancaman utama.

Selama ribuan tahun, para petani di Bali menjaga kesuburan sawah dengan menerapkan sistem irigasi subak, yang masuk dalam daftar warisan budaya dunia UNESCO. Dengan sistem ini, musim hujan mengisi kembali akuifer dengan air yang cukup untuk bertahan sepanjang tahun, menjaga populasi manusia dan memungkinkan flora dan fauna untuk berkembang.
Tapi pariwisata telah merusak sistem yang dikalibrasi dengan teliti ini. Lebih dari setengah air tanah Bali dikonsumsi oleh industri pariwisata, dan tidak cukup lagi untuk berotasi.

Perkembangan baru di Tabanan bisa menjadi ancaman terburuk. Trump International Hotel akan mencakup vila dan kolam renang mewah, serta lapangan golf yang luas.
Kemitraan antara jaringan hotel presiden AS dan pengusaha Hary Tanoesoedibjo, telah membuat marah penduduk setempat karena berdampak buruk bagi lingkungan dan sumber air tanah di Tanah Lot.
Trump Hoteltidak menanggapi pertanyaan DW, tentang apakah ada rencana untuk meminimalisir dampak pembangunan terhadap lingkungan dan pasokan air.

Para ilmuwan dari Politeknik Bali mengatakan sumur yang dibor oleh hotel, resor dan industri pendukung, telah mengakibatkan air laut bocor ke dalam air tanah. Setelah ini terjadi, kerusakan tidak dapat diubah dan pertaniann yang merupakan sumber kehidupan masyarakat terancam kelangsungannya.


Hotel Trump Bisa Ancam Persediaan Air Pulau Bali



Komang Arya Ganaris adalah manajer program Bali Water Protection (BWP), sebuah proyek organisasi IDEP di Bali. Dia mengatakan perlu ada pengelolaan yang tepat atas sumber daya di Bali.

"Bali adalah pulau tropis," kata Ganaris kepada DW. "Bagaimana mungkin kita bisa punya krisis air? Kita punya masalah pengelolaan air. Belum ada pemantauan penggunaan air tanah."



Teknologi sederhana bisa mengatasi masalah itu. BWP ingin membangun 136 sumur "isi ulang" berdasarkan gravitasi atau sumur hujan di titik-titik strategis di pulau. Demikian hasil tiga tahun penelitian Politeknik Negeri Bali.

Sistem ini memiliki rekam jejak yang terbukti di Afghanistan, Bangladesh dan India, dan proyek pilot di Denpasar sudah menunjukkan hasil yang menjanjikan. Pemerintah daerah mendukung proyek pilot dengan 100 juta rupiah per tahun. Namun hanya cukup untuk membiayai dua atau tiga sumur.
Untuk membiayai proyek di seluruh Bali, BWP mengatakan membutuhkan dekitar US$ 1 juta - nilai kecil dibandingkan dengan jumlah besar yang mengalir melalui sektor pariwisata pulau itu setiap tahun. Resor Trump sendiri dikabarkan membutuhkan biaya US$ 1 miliar.


Tapi Ganaris mengatakan pemerintah Indonesia tidak akan mendanai proyek tanpa bukti lebih lanjut bahwa sistem tersebut akan benar-benar berfungsi. BWP kemudian beralih ke crowdfunding, donor swasta, komunitas lokal dan bisnis.

Lilik Sudiajeng, ilmuwan yang bertanggung jawab atas proyek pilot di Denpasar, menulis dalam laporannya bahwa semua pembangunan baru dan bahkan rumah pribadi harus memiliki sumur resapan mereka sendiri.
Ganaris berpikir bahwa pemerintah juga perlu mengenakan tarif pada penggunaan air oleh industri seperti pariwisata. "Bisnis industri sangat besar. Kami membutuhkan langkah besar dan kebijakan besar," tandasnya.





https://www.msn.com/id-id/berita/nasional/hotel-trump-bisa-ancam-persediaan-air-pulau-bali/ar-BBPpfL9?ocid=spartanntp

Halaman 1 dari 2
Hotel Trump Bisa Ancam Persediaan Air Pulau Bali
Harusnya hotel trump ancam keplanga plongoan di baliemoticon-Angpau
Kita harus bangun tembok mengelikingi pulau bali
They stole our water emoticon-Mad emoticon-Marah
Bali selatan tar LG nyungsep bray...
Buat apa punya spot bagus airnya jarang? Hotel2nya kebanyakan. Nyedot airnya rakus pula. Pemkab/pemprov juga g kritis gitu....

Liat setaun setelah tuh hotel jadi
Kecuali Ada instalasi air internal sendiri
Diubah oleh KangPri
make my hotel great again emoticon-Cool
Quote:


lah Hotel masih dibolehkan ngebor sumur di Bali ? emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

kalau di Jabodetabek sih udah sejak lama gedung2 tinggi >4 lantai dilarang melakukan pengeboran air, d suruh pakai air PAM
karena kalau mereka pakai menyedot air, sudah pasti artesis untuk memaksimalkan kebutuhan penghuninya emoticon-Embarrassment
kasihan warga sekitar yg cuma pake maks Jet Pump doang emoticon-Malu
Air tanah disedot, tapi kasih meteran pula, kalau di hotel berbintang kayak gitu. Kasi tarif 1 juta/1 m3, gitu ...
Murah kok, dollarnya khan udah naik.
...
Kalau daerah di tempat hotel itu dibangun sudah lumayan banyak populasinya, kiranya sudah patut dipikirkan pembangunan pengolahan air sungai disitu (bukan di Jakarta emoticon-Smilie).
Salah satu sebab mengapa orang dahulu (di Indonesia) tidak/jarang punya masalah dengan air disebabkan mereka mau memanfaatkan air sungai (yang waktu itu juga termasuk dalam kategori bersih pula, dalam artian tidak tercemar limbah industri/pertambangan).
Kiranya hal ini juga yang patut diperhatikan pada daerah-daerah lain di Indonesia yang mulai rame (padat penduduk).
Quote:


harusnya emang gitu ya gan.
keliatannya si trump ga mau repot bikin sistem pengolahan air, bisa air sungai atau laut. pdhal mereka sebenarnya mampu. maunya untung gede tp modal sekecil2nya, sebodo amat ama lingkungan.
mane nih trump sama hate mau bangun disnilen di sukabumi
Quote:


Tanah Air
Tanah dan Air
Dikuasai bukan lagi lewat perang fisik.
Tapi lewat pembangunan pabrik air mineral dan hotel2 yg nyedot langsung kesumber air.
Sawah2 kekeringan, tanah tidak produktif lagi terpaksa dijual.
Balasan post Uthe18
Quote:


klo beneran artesis, sebenarnya ga akan ngaruh ke sumur dangkal. masalahnya klo jakarta, air tanahnya mo artesis mo sumur dangkal diisi ulang sama air laut emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Knapa dikasih ijin?
make bali great again ?


Kalau begitu dalam jangka panjang juga akan pengaruh ke pariwisata Bali, tanpa sawah berteras di daerah sana maka pemandangan indah sudah tidak ada dan mungkin penduduknya juga sudah tak bertani lagi karena kekurangan air.
Amdal nya diperketat , beres
ga mikirin buat fasilitas penyulingan air laut khusus buat hotel? Jadi hotel2 harus memakai air dari fasilitas tsb..
Quote:
semoga AMDAL nya nanti "bener" hasilnya
Hotel Trump Bisa Ancam Persediaan Air Pulau Bali
bisa jadi tempat baru tamasya bela umat.
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di