alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Mengenal indikator kecepatan udara pada pesawat
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be12c7d529a45c41b8b456a/mengenal-indikator-kecepatan-udara-pada-pesawat

Mengenal indikator kecepatan udara pada pesawat

Mengenal indikator kecepatan udara pada pesawat
Puing pesawat Lion Air PK-LQP JT-610 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (5/11/2018). Pada operasi evakuasi badan pesawat Lion Air PK-LQP JT 610 hari ke delapan tim SAR gabungan menemukan puing pesawat yaitu Emergency Locater Transmitter (ELT), Direction Flight, dan bagian roda pesawat.
Fakta lain terkait jatuhnya pesawat Lion Air nomor penerbangan JT610 kembali terungkap.

Dalam konferensi pers, Senin (5/11/2018), Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyebut pesawat dengan nomor registrasi PK-LQP itu mengalami kerusakan pada indikator kecepatan udara atau airspeed indicator.

Fakta yang diungkapkan Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono itu menyasar dari hasil penelitian bersama Boeing dan National Transportation Safety Board (NTSB) Amerika Serikat (AS) terhadap flight data recorder (FPR) pada kotak hitam pesawat.

Masalah kerusakan ini, sambung Soerjanto dalam laporan Katadata, sudah terdeteksi sejak empat penerbangan terakhir Lion Air JT610. Lokadata Beritagar.id pernah merangkum anomali penerbangan tersebut.
Mengenal indikator kecepatan udara pada pesawat

Penting menjadi catatan. Soerjanto tidak menyimpulkan bahwa kerusakan ini adalah penyebab terjadinya kecelakaan.

KNKT juga tak mau buru-buru mengatakan kerusakan ini adalah kesalahan Boeing selaku produsen 737-800 Max, pun kelalaian dari Lion Air yang tetap mengizinkan pesawat itu terbang.

Sebab, KNKT masih memerlukan data pendukung dari Cockpit Voice Recorder (CVR) yang statusnya masih dalam pencarian. Selain itu, terdapat 1.790 parameter pada kotak hitam yang bisa dijadikan bahan penyelidikan. Tanda data yang faktual, maka penyebab jatuhnya pesawat tidak bisa disimpulkan.

Kepala Subkomite Investigasi Keselamatan Penerbangan KNKT Kapten Nurcahyo Utomo menambahkan, pihaknya masih perlu mewawancarai pilot dan teknisi yang sempat menerbangkan atau menangani pesawat ini.

“Apakah masalah itu berasal dari indikatornya, alat pengukur atau sensornya, atau masalah dengan komputernya. Kami belum tahu di mana letak masalahnya, perbaikan apa yang telah dilakukan, apa buku referensi mereka, komponen apa yang telah dihapus,” sambung Nurcahyo, dalam Reuters.
Mengapa indikator kecepatan krusial
Theo Leggett, koresponden BBC di bidang bisnis internasional berpendapat, temuan kerusakan pada indikator kecepatan udara pada pesawat Lion Air JT610 adalah perkembangan yang signifikan.

Dalam penjelasannya, indikator kecepatan udara adalah bagian dari sistem instrumen pitot-static. Tabung pitot adalah alat pengukur tekanan pada aliran fluida untuk menentukan kecepatan dari pesawat udara serta kecepatan udara dan gas.

Tabung ini merekam tekanan pada sayap dan permukaan bagian depan pesawat. Data ini kemudian dibandingkan dengan data tekanan yang didapat dari static-port pada bagian lain pesawat.

Dengan berbagai koreksi, perbedaan keduanya dapat digunakan untuk menghitung kecepatan mengudara.

Setiap pesawat dilengkapi dengan sensor penghangat demi mencegah terblokirnya tabung pitot akibat es—untuk penerbangan pada cuaca dingin. Sebab, terblokirnya tabung pitot bisa menjadi masalah yang serius. Selain es, air dan serangga juga bisa membuat tabung pitot terblokir.

Situs thebalancecareers.com menjelaskan lebih detail. Kerusakan pada tabung pitot dan instrumen lain pada pitot-static akan menyebabkan indikator kecepatan merekam data menjadi tidak akurat. Untuk diketahui, sistem pitot-static terdiri dari indikator kecepatan udara, altimeter, machmeter, dan indikator kecepatan vertikal.
Mengenal indikator kecepatan udara pada pesawat
Sistem pitot-static
Tabung pitot dan drain hole yang terblokir akan membuat indikator kecepatan bekerja seperti altimeter, yakni hanya mengukur kenaikan kecepatan saat pesawat menanjak, dan sebaliknya.

Jika tabung pitot terblokir, namun drain hole tetap terbuka, maka tekanan udara ram mengalir melalui lubang tersebut. Hal ini menyebabkan static pressure pada tabung pitot bekerja sendiri. Kondisi ini membuat indikator tak bekerja dan terbaca “0”.

Akan tetapi, jika hanya static-port yang terblokir (bukan tabung pitot), maka indikator kecepatan udara tetap bisa bekerja tapi tidak akurat. Seperti misalnya, mencatat kecepatan udara yang lebih rendah saat pesawat menanjak. Begitu juga ketika pesawat terbang rendah, indikator akan membaca kecepatan yang lebih tinggi dari normalnya.

Salah satu kejadian tabung pitot terblokir adalah saat insiden jatuhnya pesawat Air France 447 di perairan Brasil, 1 Juni 2009. Kerusakan itu menyebabkan pilot menjadi bingung, disorientasi, dan kehilangan kendali.

Selain kerusakan pada indikator kecepatan udara, KNKT juga menyatakan Lion Air JT610 tidak meledak di udara. Ketua KNKT menekankan, jika pesawat meledak di udara, maka serpihan akan tersebar dengan radius lebih luas.

"Serpihan yang kami temukan berada pada radius 500 meter," jelas Soerjanto dalam KOMPAS.com. Terpecahnya pesawat menjadi serpihan besar kemungkinan terjadi lantaran kecepatan pesawat yang sangat tinggi ketika bertabrakan dengan air.
Mengenal indikator kecepatan udara pada pesawat


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...a-pada-pesawat

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Mengenal indikator kecepatan udara pada pesawat Hukuman Bimanesh diperberat dan perbuatan menodai dunia kedokteran

- Mengenal indikator kecepatan udara pada pesawat 10 ribu trembesi hijaukan jalur tol Semarang-Batang sepanjang 75 KM

- Mengenal indikator kecepatan udara pada pesawat Jumlah pengangguran di desa naik, di kota turun



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di