alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bukan dari Yunan Nenek Moyang Kita Justru dari Taiwan, Ini Buktinya!
2 stars - based on 4 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5be06386dc06bddb278b4567/bukan-dari-yunan-nenek-moyang-kita-justru-dari-taiwan-ini-buktinya

Bukan dari Yunan Nenek Moyang Kita Justru dari Taiwan, Ini Buktinya!

Intisari-Online.com -
30 Mei 2018

Sebelum menjadi negara bernama Indonesia , pada zaman dahulu kala wilayah
Indonesia adalah tanah kosong tak berpenghuni.
Nenek moyang masyarakat Indonesia adalah bangsa pendatang yang berasal dari wilayah Asia yang bermigrasi.
Meskipun kita berbeda suku, bahasa, dan warna kulit, kita berasal dari leluhur yang serumpun.
Yuk, kita pelajarai 3 teori asal-usul bangsa Indonesia berikut ini.

1. Teori Kebudayaan Austronesia

Di sekolah, kita mendapat pelajaran bahwa asal-usul bangsa Indonesia berasal dari Yunnan.
Yunnan saat ini adalah sebuah provinsi di Tiongkok dengan penduduk suku-suku kecil Tionghoa.
Letak Yunnan berbatasan daengan Vietnam, Laos, dan Myanmar.

Teori bahwa asal-usul bangsa Indonesia berasal dari Yunan dikemukakan oleh ahli prasejarah, arkeolog, dan etnolog dari Wina, Austria, Robert Barron von Heine Geldern.

Robert Barron von Heine Geldern mengkaji berdasarkan kemiripan kebudayaan megalitik masyarakat di wilayah Yunnan dengan kebudayaan megalitik di wilayah Asia Tenggara dan beberapa wilayah di bagian Pasifik atau dikenal dengan kebudayaan Austronesia.

Berdasarkan kemiripan kebudayaan tersebut, ia menyimpulkan bahwa pada masa lampau ada suatu bangsa yang bermigrasi dari Asia bagian utara menuju Asia bagian selatan.

Mereka menyebar dan mendiami pulau-pulau di Taiwan, Selandia Baru, hingga Madagaskar.
Kemungkinan migrasi dilakukan secara bergelombang dari tahun 2000 SM hingga 200 SM.


2. Teori Linguistik

Teori ini mengkaji berdasarkan kesamaan bahasa atau linguistik.
Berdasarkan penelitian ilmu linguistik, bahasa yang dipergunakan suku-suku di Nusantara memiliki rumpun yang sama, yaitu rumpun Austronesia yang berasal dari Formosa, Taiwan.

Konon, bangsa Austronesia di Formosa, Taiwan, sudah ada sejak tahun 4000 SM.
Dari kepulauan Formosa bangsa Austronesia bermigrasi dan menyebar ke Filipina, Indonesia, Madagaskar, dan Selandia Baru.

Namun, etnis yang mendiami pulau-pulau di Formosa (Taiwan) sendiri konon bukan asli, melainkan berasal dari daratan Tiongkok.

Migrasi nenek moyang kita dari Taiwan terjadi sekitar 4500 hingga 3000 SM. Gelombang awal tiba terlebih dulu di Filipina bagian utara.
Gelombang berikutnya mereka menyebar dan mencari wilayah yang lain.
Selanjutnya pada 3000 SM hingga 2000 SM mereka sudah menyebar ke Kalimantan, Sulawesi, Malaysia, Sumatera, Jawa, dan lainnya.



3. Teori Genetika

Teori ini mengkaji berdasarkan kesamaan genetika.
Konon, penelitian genetika yang dilakukan pada ribuan kromosom sebagai sampelnya cenderung lebih cocok dengan pola genetika dengan etnis di Taiwan.

Dengan demikian, teori genetika ini justru memperkuat teori linguistik yang menyatakan bahwa nenek moyang kita berasal dari Formosa, Taiwan.

ASAL USUL BANGSA INDONESIA

berdasarkan teori linguistik dan genetika , ternyata nenek moyang Indonesia berasal dari Formosa , Taiwan.

emoticon-Imlek
Halaman 1 dari 3
nda percaya
bukan dr mengleng ya? emoticon-Bingung
klo yg tampang boyolali bijimana dong? emoticon-Bingung
taiwan lebih terhormat di banding cipiter mengleng
Quote:


jadi gimana nih ?

emoticon-No Hope
Taiwan kecil gitu.. nggak kebalik gan emoticon-Amazed
Quote:


ane pernah ke museum purbakala sangiran di jawa tengah , om.

disana juga dijelasin seperti itu.
nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Taiwan...

emoticon-shakehand
Lebih moyang lagi sampe afrika emoticon-Big Grin
Quote:


lah
kok jadi nyara gitu om

emoticon-Sorry
Quote:


teori "out of africa" ya om
Taiwan aja dari mengleng?? Gimane sih... Pusing jadinya
Balasan post BMAGLY
Quote:


Yep
Ini maksudnya gimana?..
dari Yunan menyebar ke kepulauan Taiwan trus ke Filipina, dsb akhirnya ke Indonesia?..
emoticon-Bingung
Quote:


hmmmm
kalo di berita sih ,
bangsa Indonesia secara linguistik dan genetika lebih dekat ke penduduk formosa taiwan daripada yunnan.

keknya gitu sih....
lah bukannya nenek moyang kita dari bangsa jahiliyah ngarab ya? emoticon-Bingung
Quote:


Maksudmu aku?
sama aja.... ga beda.. hanya beda nama.. emoticon-Big Grin
Balasan post BMAGLY
Quote:


Namun, etnis yang mendiami pulau-pulau di Formosa (Taiwan) sendiri konon bukan asli, melainkan berasal dari daratan Tiongkok.
ujung2 nya tetep dari Tiongkok..
wartawan nyari berita biar ada aja..
emoticon-Shakehand2

Taiwanese aborigin kalo ngomong aku ya aku sama dgn indo, mknya bangsa austronesia jgn melupakan budaya kalian sendiri jgn malah budaya bangsa lain dirangkul erat2
Berati saya keturunan mata sipit ??? Tapi kok ane item yak
Kemiripan bahasa para pribumi di pulau Taiwan dengan berbagai dialek Melayu terutama dialek para pribumi di pulau Jawa (termasuk Sunda, Madura, dll) sangat tampak jelas dalam istilah-istilah angka :

Mari kita lihat kemiripan tersebut:

Melayu: 1-satu, 2-dua, 3-tiga, 4-empat, 5-lima, 6-enam, 7-tujuh,
8-delapan/lapan, 9-sembilan, 10-sepuluh
Jawa: 1-siji/sitok, 2-loro, 3-telu, 4-papat, 5-gangsal/limo, 6-enem, 7-pitu,
8-wolu, 9-songo, 10-sepuluh
Atayal: 1-kingan, 2-taha, 3-telo, 4-seqpat, 5-lima, 6-matalu, 7-putu,
8-meseqpat, 9-mengali, 10-maxen
Paiwan: 1-ita, 2-dusa, 3-chelu, 4-sepat, 5-lima, 6-unem, 7-picu,
8-alu, 9-siva, 10-puluq
Puyuma: 1-sa, 2-tua, 3-teli, 4-pat, 5-lima, 6-enem, 7-putu,
8-walu, 9-iwa, 10-puluh
Tsou: 1-cihi, 2-roso, 3-turu, 4-septe, 5-rimo, 6-nome, 7-pitu,
8-voru, 9-sio, 10-maske
Amis: 1-cecay, 2-tosa, 3-tolo, 4-sepat, 5-lima, 6-enem, 7-pito,
8-valo, 9-siwa, 10-poloq
Paiwan: 1-ita, 2-dusa, 3-chelu, 4-sepat, 5-lima, 6-unem, 7-picu,
8-alu, 9-siva, 10-puluq
Bunun: 1-tasa, 2-dusa, 3-tau, 4-paat, 5-hima, 6-nuum, 7-pitu,
8-vau, 9-siva, 10-macan
Yami: 1-asa, 2-doa, 3-teylo, 4-apat, 5-lima, 6-anem, 7-pito,
8-wao, 9-siam, 10-poho

Kata-kata lain misalnya adalah sbb :

1. mata: mata (Amis & Bunun), maca (Rukai & Paiwan)
2. telinga : tagila (Amis), talinga (Puyuma), calinga (Rukai)
3. kaki : kakai (Atayal)
4. lidah : lidame (Rukai)
5. ekor : ikur (Puyuma)
6. api : apoy (Rukai), sapuy (Paiwan), apuy (Puyuma).
7. jalan: djalan (Paiwan), dalan (Puyuma) – (Jawa: dalan),
lalan (Amis), daan (Bunun)
8. makan: mekan (Puyuma), wakane (Rukai).

Menurut para peneliti lagi, dialek-dialek ke-12 suku terancam punah karena jumlah penuturnya semakin sedikit.

Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di