alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Tanaman /
Menanam Ubi Jalar dalam Polybag
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdf9416ded7704d768b4567/menanam-ubi-jalar-dalam-polybag

Menanam Ubi Jalar dalam Polybag

Ubi jalar merupakan tanaman yang sudah sejak lama di budidayakan, bagian umbinya yang paling banyak di manfaatkan sebagai bahan pangan. Mungkin anda pernah mengkonsumsinya walaupun tidak secara langsung, karena banyak di gunakan sebagai bahan pangan banyak juga bertanya apakah bisa menanam ubi jalar dalam polybag?

Membahas mengenai Ubi jalar kali ini Kebun Maker akan sedikit memberi informasi tentang ubi jalar. Umbi jalar termasuk salah satu bahan pangan yang di butuhkan di pasaran, banyak sekali orang yang mengkonsumsi umbinya karena bagus untuk kesehatan manusia selain itu umbinya mengandung karbohidrat dan vitamin A. Untuk daun umbi jalar juga bisa di manfaatkan sebagai sayuran, seperti sayur bening, sayur lodeh, dan pecel.

Menanam Ubi Jalar dalam Polybag


Kebanyakan umbi di tanam para petani di persawahan atau di perkebunan karena tekstur tanahnya yang mendukung, dan juga luas sehingga mendapatkan hasil panen umbi yang banyak. Namun menanam ubi jalar saat ini tidak harus menggunakan lahan yang luas seperti di persawahan atau perkebunan.

Sesuai perkembangan budidaya umbi jalar banyak petani yang mencoba agar umbi jalar bisa ditanam secara efisien, yaitu menggunakan polybag, karung bekas,pot atau wadah lainnya. Selain karena efisien, ini di gunakan untuk memanfaatkan lahan yang tidak terlalu luas. Apakah anda berminat menanam ubi jalar dalam Polybag?

Berikut adalah cara menanam ubi jalar dalam Polybag, pot atau karung bekas:

1.     Membuat bibit Ubi Jalar

Untuk membuat bibit ubi jalar yang di perlukan adalah Umbi ubi jalar, pilihlah Umbi yang telah matang, usianya sudah cukup tua, dan memiliki kondisi yang sehat. Setelah umbi di pilih belahlah umbi menjadi 2 bagian menggunakan cutter, kemudian tusuklah bagian dalam dari potongan umbi tersebut menggunakan lidi untuk penyangga.

Kemudian ambil wadah yang tinggi dengan bibir wadah yang sempit (gelas) kemudian isi dengan air bersih secukupnya, lalu belahan umbi yang sudah di beri penyangga di masukan kedalam wadah untuk di rendam cukup setengah bagian umbi yang terkena air dengan posisi penyangga di bawah, lalu diamkan selama beberapa hari.

Setelah beberapa hari umbi di rendam maka akan tumbuh akar pada bagian bawah umbi, kemudian akan tumbuh tunas - tunas pada bagian umbi. Apabila sudah terdapat beberapa tunas maka ambil umbi tersebut dari wadah, kemudian potong – potong bagian umbi yang terdapat tunas, potongan - potongan tersebut itulah yang akan di gunakan bibit ubi jalar.

2.     Menanam Bibit Ubi Jalar

Sebelum menanam bibit ubi jalar siapkan dulu media tanam menggunakan campuran tanah halus dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1. Setelah itu siapkan tempat atau wadah tanamnyanya bisa menggunakan pot, Polybag atau karung bekas.

Setelah itu masukan media tanam yang sudah di campur merata ke dalam wadah sampai memenuhi wadah tanamnya, lalu buat lubang di tengah pada wadah sekitar 10 cm lalu tanam bibit ubi jalar pada lubang yang sudah di buat.
Gunakan 1 bibit pada setiap wadah, supaya tanaman ubi jalar bisa bertumbuh dengan baik.

3.     Merawat Tanaman Ubi jalar

Umbi yang di tanam perlu di siram menggunakan air sebanyak 2 kali setiap hari, yaitu saat pagi dan sore hari, kecuali saat musim hujan, tanaman tidak perlu di siram. Biasanya penyiraman menggunakan alat gembor atau alat khusus lain nya supaya aliran air tidak terlalu deras saat menimpa tanaman sehingga tanaman tidak rusak.

Tanaman juga harus di pupuk agar bertumbuh dan menghasilkan ubi jalar dengan baik, maka gunakanlah pupuk kandang dari kotoran sapi setiap 2 minggu sekali dengan takaran sesuai kebutuhan. Cara pemupukanya disebarkan secara merata di atas permukaan tanah di sekeliling batang utama.

Setelah tanaman ini di rawat selama 4 – 5 bulan maka tanaman ubi jalar bisa di panen umbinya. Itulah sedikit informasi tentang menanam ubi jalar dalam polybag yang bisa anda coba, semoga bermanfaat. Salam Kebun Maker, terima kasih.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di