alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Entrepreneur Corner /
Problematika Matpel Prakarya & Kewirausahaan di Pendidikan Indonesia Saat Ini
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdd2248d44f9f1f498b4567/problematika-matpel-prakarya-amp-kewirausahaan-di-pendidikan-indonesia-saat-ini

Problematika Matpel Prakarya & Kewirausahaan di Pendidikan Indonesia Saat Ini

Problematika Matpel Prakarya & Kewirausahaan di Pendidikan Indonesia Saat Ini



Mata pelajaran Prakarya dan kewirausahaan yang merupakan suatu mata pelajaran baru yang ada di pendidikan Indonesia saat ini. Matpel tersebut merupakan matpel tambahan untuk SMP dan SMA / SMK  setelah diperbaharui nya Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran ( KTSP ) 2006 menjadi Kurikulum 2013 dan disaat kurikulum 2013 tersebut juga mulai dihapuskan nya matpel TIK padahal matpel TIK penting untuk dipelajari di zaman modern seperti ini yang hampir semuanya serba digital agar siswa bisa memahami edukasi mengenai internet dan teknologinya. Menurut saya Matpel Prakarya dan kewirausahaan di sistem pendidikan indonesia saat ini yang terlihat teori dengan praktik terjadi kesenjangan yang cukup jauh terutama di tingkat pendidikan SMA sepertinya kurang efektif.


Yang diajarkan saat mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan lebih banyak hanya teori atau hanya ditekankan pada prakarya semata. Prakarya yang diajari di tingkat pendidikan sekolah menengah meliputi kerajinan, rekayasa, budidaya, dan pengolahan. Adapun pendidikan kewirausahaan belum terlihat jelas kompetensinya, biasanya guru hanya memberikan tugas untuk membuat sesuatu yang berhubungan dengan bab nya seperti membuat kerajinan dari barang limbah, rekayasa miniatur, dll. Tugas seperti itu tidak jauh berbeda seperti tugas seni rupa.


Dan disaat menjelang ulangan, ulangan yang diberikan pada matpel prakarya pun tidak berbeda dengan matpel lainnya yang bersifat hafalan seperti sejarah, biologi, dll. Seharusnya menurut saya kewirausahaan itu butuh pergerakan agar bisa menghasilkan suatu barang atau jasa yang memiliki nilai. Kalo seperti ini, matpel prakarya dan kewirausahaan tidak berbeda dengan matpel lain yang bersifat praktik kerajinan seperti seni rupa. Dan matpel TIK lebih cocok ada di sistem pendidikan indonesia saat ini.

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di