alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Pengapuran Sendi Bisa Sebabkan Kelumpuhan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdd164c98e31b951d8b4567/pengapuran-sendi-bisa-sebabkan-kelumpuhan

Pengapuran Sendi Bisa Sebabkan Kelumpuhan

Pengapuran Sendi Bisa Sebabkan Kelumpuhan

Pengapuran sendi atau dalam istilah medis disebut dengan osteoarthritis adalah suatu kondisi yang menyebabkan sendi-sendi terasa sakit, kaku dan bengkak. Pengapuran sendi adalah salah satu jenis arthritis yang paling umum terjadi. Sendi yang paling sering terkena penyakit ini adalah tangan, lutut, pinggul dan tulang punggung. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa sendi yang lain juga bisa terkena.
Gejala Pengapuran Sendi
Gejala pengapuran sendi biasanya berkembang secara perlahan-lahan dan semakin parah seiring waktu. Rasa sakit dan kaku pada sendi adalah gejala utama pengapuran sendi. Gejala ini akan terasa saat sendi digerakkan dan rasa kaku akan terasa setelah sendi tidak gerakkan dalam beberapa waktu seperti saat bangun pagi. Berikut beberapa gejala yang menyertai pengapuran sendi:
  • Kelenturan sendi yang menurun
  • Sensasi dan suara gesekan pada sendi saat digerakkan
  • Sendi yang mudah nyeri
  • Otot melemah dan masaa otot berkurang

Penyebab Pengapuran Sendi
Dalam kasus pengapuran sendi, tulang rawan mengalami kerusakan secara perlahan. Tulang rawan adalah jaringan ikat padat yang kenyal, licin, dan elastis. Jaringan ini menyelubungi ujuung tulang persendian untuk melindunginya dari gesekan ketika ada pergerakan. Ketika tulang rawan mengalami kerusakan, teksturnya yang licin akan menjadi kasar. Seiring waktu, tulang akan bertabrakan dan sendi akan terpengaruh.
Selain itu, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit pengapuran sendi, diantaranya berupa:
  • Faktor keturunan
  • Usia – Risiko pengapuran sendi akan meningkat seiring bertambahnya usia seseorang, terutama bagi mereka yang berusia diatas 50 tahun
  • Jenis kelamin – Wanita lebih berisiko terkena pengapuran sendi dibandingkan pria
  • Cedera pada sendi – Sendi yang mengalami cedera atau pernah menjalani operasi kemungkinan terjadinya pengapuran sendi akan lebih tinggi

Selengkapnya klik disini


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di