alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kesenian Di Tengah Tergerusnya Semangat Sumpah Pemuda
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdc8103de2cf2be448b457f/kesenian-di-tengah-tergerusnya-semangat-sumpah-pemuda

Kesenian Di Tengah Tergerusnya Semangat Sumpah Pemuda

Kesenian Di Tengah Tergerusnya Semangat Sumpah Pemuda

Peringatan hari sumpah pemuda adalah peristiwa yang sangat berharga bagi Indonesia. Sumpah pemuda telah dilewati negara ini dengan usia genap 90 tahun pada tahun ini 2018.

Di tahun politik saat ini semangat sumpah pemuda perlu dikobarkan kembali kepada seluruh rakyak Indonesia, karena hampir setiap bidang di tahun politik menjadi sangat sensitif menjadi suatu isu kepentingan dalam pilpres 2019. Salah satunya mengenai bidang seni.


Kesenian Di Tengah Tergerusnya Semangat Sumpah Pemuda

Mari kita sejenak melihat tokoh-tokoh penting dalam perumusan sumpah pemuda. Diantara tokoh-tokoh penting tersebut terdapat 2 orang seniman yang sangat berperan besar dalam ikrar sumpah pemuda yaitu M Yamin dan WR Supratman. Kala itu M Yamin adalah seorang sastrawan yang melahirkan karya-karya besar sedangkan WR supratman adalah musisi sekaligus pencipta lagu Indonesia Raya yang diperdengarkan dalam kongres pemuda.

Dari situ dapat dilihat bahwa, sejak dahulu Indonesia memilki seniman yang hebat dengan karya-karya yang luar biasa sekaligus mempunyai peran penting dalam tonggak sejarah membangun bangsa menuju cita-cita. Namun saat ini sebuah seni kadang dianggap hal yang cukup sensitif bagi sebagian kelompok yang menganggap suatu bentuk seni adalah suatu yang salah dan menyimpang.


Kesenian Di Tengah Tergerusnya Semangat Sumpah Pemuda

Indonesia adalah yang kaya akan budaya dan seni. Berbagai macam tradisi dimiliki oleh indonesia sebagai bentuk kekayaan budaya seperti acara adat, upacara keagamaan hingga ke soal politik. Namun kondisi saat ini cukup banyak kelompok yang memanfaatkan suatu kejadian dengan mengait-ngaitkan akibat dari suatu tradisi. Salah satu contoh adalah terjadinya bencana alam dikarenakan masyarakatnya melakukan seni tradisi yang menyimpang dari keyakinan kelompok terntentu

Yang dikhawatirkan bilamana pelaku seni tidak ada tindakan atau respon terhadap isu itu, bisa saja akan merembet ke bidang seni lainnya yang sudah mendarah daging pada masyarakat Indonesia dan dapat memecah keharmonisan bangsa Indonesia yang telah diwariskan dan dibangun dengan susah payah dari ketika sumpah pemuda diikrarkan.


Kesenian Di Tengah Tergerusnya Semangat Sumpah Pemuda

Oleh karena itu kita sebagai orang awam, penikmat seni ataupun sebagai seorang pelaku seni harusnya bisa mengambil nilai-nilai positif dalam suatu seni. Melihat suatu seni tidak hanya cukup dengan menggunakan mata telanjang namun juga mata hati dan pemikiran. Banyak sekali unsur-unsur yang bisa dipetik dari beraktivitas seni tradisi. Oleh karena itu, saatnya seniman dan penggiat seni untuk lebih bijak menyikapi berbagai isu negatif terhadap eksistensi seni tradisi.

Diperlukan sikap cerdas para seniman agar generasi muda bisa menemukenali nilai-nilai penting dari budaya setempat. Tentu akan lebih bijak lagi apabila memanfaatkan seni tradisi sebagai pijakan dalam pengembangan kreativitas dengan mengedepankan nilai-nilai karakter positif yang terkandung dalam seni tradisi, sehingga berfungsi secara optimal dalam memenuhi hajat hidup sebanyak mungkin umat manusia.

Sejatinya demikianlah strategi kebudayaan semestinya dipraktekkan.

referensi
Gambar : diambil dari Google
Diubah oleh offlineshop
Selamat membaca gan!


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di