alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mengapa Arab Saudi Tak Beri Tahu Indonesia Saat Akan Eksekusi Mati Tuti ? Ternyata In
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdc2ea812e2571b4a8b456a/mengapa-arab-saudi-tak-beri-tahu-indonesia-saat-akan-eksekusi-mati-tuti--ternyata-in

Mengapa Arab Saudi Tak Beri Tahu Indonesia Saat Akan Eksekusi Mati Tuti ? Ternyata In

Mengapa Arab Saudi Tak Beri Tahu Indonesia Saat Akan Eksekusi Mati Tuti ? Ternyata Ini Alasannya

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA — Setelah menjalani proses hukum selama sekitar tujuh tahun, pekerja migran asal Majalengka, Jawa Barat, Tuti Tursilawati, akhirnya menghadapi eksekusi hukuman mati yang dijatuhkan kepadanya.
Pada Senin (29/10/2018), Pemerintah Arab Saudi melakukan eksekusi mati terhadap Tuti di Kota Ta'if, tanpa notifikasi atau pemberitahuan resmi kepada perwakilan Pemerintah Indonesia, baik pihak KBRI di Riyadh maupun KJRI di Jeddah.

Tuti merupakan terpidana kasus pembunuhan berencana terhadap majikannya yang terjadi pada 2010. Ia divonis mati oleh pengadilan di Arab Saudi pada Juni 2011.

Tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Madura itu dieksekusi pada Minggu (18/3/2018) di Arab Saudi tanpa pemberitahuan resmi.

Baca: Menaker: Moratorium TKI Masih Berlaku Sampai Saat Ini

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal, dikutip Tribun Jabar dari Kompas.com, menjelaskan, Arab Saudi memang tidak memiliki ketentuan hukum yang mewajibkan pihak berwenang memberikan pemberitahuan kepada perwakilan pemerintah sebelum melakukan eksekusi terhadap warga negara asing.
Peristiwa yang sama juga pernah terjadi dalam kasus Zaini Misrin.

Peristiwa tersebut tidak hanya berlaku bagi warga negara Indonesia, melainkan juga terhadap warga negara lain yang menerima vonis hukuman mati di Arab Saudi.

Bahkan, dalam konteks hukuman mati yang dilakukan terhadap warga negaranya sendiri, Pemerintah Arab Saudi tidak wajib memberitahu pihak keluarga terpidana mati.

Baca: Terkait Kasus Tuti Tursilawati, Presiden Jokowi Sebut Ini Bukan yang Pertama

Menurut Iqbal, hanya ada empat pihak yang menerima notifikasi sebelum eksekusi dilakukan, yakni ahli waris korban, jaksa penuntut umum, kepala penjara, dan lembaga permaafan.

"Hanya empat (pihak) itu yang wajib dinotifikasi," ujar Iqbal saat dihubungi, Rabu (31/10/2018).

Selain faktor hukum dalam negeri, lanjut Iqbal, Pemerintah Arab Saudi juga belum pernah membuat perjanjian mandatory consular notification dengan negara mana pun.

Mandatory consular notificaton mewajibkan negara-negara yang terikat dalam perjanjian untuk memberikan notifikasi jika ada warga negara asing yang tersangkut kasus hukum.

Perjanjian ini sempat dibahas dalam pertemuan antara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir di Jakarta, Selasa (23/10/2018) siang.

Pasca-eksekusi mati Tuti Tursilawati, Pemerintah Indonesia telah menyampaikan protes kepada Pemerintah Arab Saudi.
Pemerintah berharap penyampaian protes tersebut dapat menjadi momentum untuk mewujudkan perjanjian mandatory consular notification antara Indonesia dan Arab Saudi.

Dengan demikian, peristiwa yang menimpa Zaini Misrin dan Tuti Tursilawati tidak akan kembali terjadi di kemudian hari.

"Jadi dengan protes itu, kami berharap memperkuat momentum bagi Saudi untuk mempertimbangkan usulan kami itu," kata Iqbal.

"Ya mereka akan mempertimbangkan. Paling enggak mereka sudah take it into consideration dan ini awal yang bagus karena mereka sama sekali tidak punya perjanjian seperti itu," kata Iqbal.

sumber http://jabar.tribunnews.com/2018/11/...asannya?page=2
Diubah oleh ikardus
Negara raja..babu kagak berani bersilid silid dijalan emoticon-Traveller
Quote:


Negara majikan, takut dikurangi kuota emoticon-Traveller
Diubah oleh trimusketeers
Quote:
Balasan post malaydeat
Quote:


Krn kasus nya arab, jatah nya nastaik yg bikin gerakan sebenarnya

Tp trauma ingat darsem, ya udah cmn bisa nyinyir


Culakaka \emoticon-Big Grin/
Konon agama islam tidak mengenal kasta. Konon lho
emoticon-Thinking pembunuhan berencana coi

knp pd protes
Karena negara kurang berwibawa


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di