alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
MRT Usul Koridor 1 Busway Dihapus, Transjakarta Punya Data Lain
1 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdc248212e2574f678b45cb/mrt-usul-koridor-1-busway-dihapus-transjakarta-punya-data-lain

MRT Usul Koridor 1 Busway Dihapus, Transjakarta Punya Data Lain

MRT Usul Koridor 1 Busway Dihapus,Transjakarta Punya Data Lain


emoticon-Gilaemoticon-Amazed


MRT Usul Koridor 1 Busway Dihapus, Transjakarta Punya Data Lain
Proyek pengerjaan stasiun bawah tanah Mass Rapid Transit (MRT) di kawasan Patung Pemuda Membangun, Bundaran Senayan, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, 26 Februari 2015. TEMPO/M. Iqbal Ichsan


TEMPO.CO, JakartaDirektur Operasi dan Pemeliharaan PT Mass Rapid Transportation (MRT) Jakarta Agung Wicaksono mengatakan pihaknya telah mengajukan usulan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta soal penghapusan rute bus Transjakarta yang berhimpitan dengan jalur MRT Jakarta fase 1.

Menurut Agung penghapusan rute itu untuk memaksimalkan fungsi MRT dari segi penggunaannya oleh masyarakat.

“Secara prinsip pun, jalur berhimpitan ga sehat. Karena pemerintah akan membayar subsidi dobel untuk dua moda transportasi di jalur yang sama,” ujar Agung dalam kelas Fellowship MRT di Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu, 17 Oktober 2018.

Agung mengatakan PT MRT Jakarta sebelumnya sudah melakukan kajian soal jalur MRT fase 1 sepanjang 16 kilometer, yang dimulai dari Lebak Bulus hingga Bundaran HI.

Hasil dari kajian itu adalah usulan penghapusan atau rerouting jalur bus Transjakarta.

“Karena kalau kereta MRT yang harus rerouting ga bisa,” ujar Agung.

Adapun jalur bus Transjakarta yang berhimpitan itu terletak di koridor 1 yang melayani penumpang dari halte Blok M sampai halte Dukuh Atas. Jalur sepanjang 6 kilometer itu berhimpitan persis dengan jalur MRT fase 1.

Sehingga perlu ada penghapusan atau perubahan jalur bus Transjakarta agar kereta MRT dapat melayani penumpang dengan maksimal.

“Sebagai kendaraan terintegrasi, MRT tetap mengandalkan bus Transjakarta sebagai feeder menuju Stasiun MRT terdekat,” ujar Agung.

Seperti diketahui, di fase 1 ini jumlah stasiun MRT adalah sebanyak 13 stasiun yang terbentang dari Lebak Bulus, Jakarta Selatan hingga Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Dengan menggunakan MRT, masyarakat dapat mencapa Lebak Bulus – Bundaran HI dalam waktu 30 menit.

Terkait usul penghapusan rute koridor 1 tersebut, Kepala Humas Transjakarta Wibowo mengatakan pihaknya pernah melakukan survei mengenai itu. Hasilnya, ia mengatakan 90 persen masyarakat yang ikut survei tak menginginkan adanya penghapusan tersebut.

Selain itu, Wibowo juga mengatakan koridor 1 setiap harinya melayani sekitar 90 ribu pelanggan. Sehingga, jika ada penghapusan koridor 1, masyarakat justru akan beralih ke moda transportasi seperti ojek dan taksi yang justru menambah kemacetan.

“Jadi perlu dipertimbangkan secara matang penghapusan koridor 1,” kata Wibowo saat dihubungi Tempo, Kamis, 25 Oktober 2018.

Wibowo juga menjelaskan koridor satu tak hanya melayani jalur Blok M – Kota saja, koridur itu menghubungkan banyak jalur. Antara lain jalur Tosari – Ciledug dan jalur Monas – Ragunan.

Ia mengatakan Transjakarta lebih baik dimaksimalkan perannya sebagai kendaraan pengumpan (feeder) untuk masyarakat mengakses stasiun MRT. “Ini yang sedang kami bahas dengan MRT. Kami siap kalau ini,” kata dia.

Beberapa masyarakat pun juga menyatakan ketidaksetujuannya jika koridor 1 dihapuskan. Sebab, hal itu justru akan membuat pilihan moda transportasi umum menjadi berkurang.

“Ga setuju. Karena bus Transjakarta juga punya kelebihan yang MRT ga punya,” ujar Indah Nur Rita, seorang karyawati yang berkantor di sekitar Sudirman, Jakarta Pusat. Indah sehari-hari mengandalkan bus Transjakarta sebagai kendaraan utamanya beraktivitas.

Seroang pengguna bus Transjakarta lainnya, Arief Wicaksono, juga menyatakan keberatannya dari penghapusan koridor 1 Transjakarta. Ia berargumen beban kapasitas kereta MRT bisa sangat berkurang jika dibagi dua dengan bus Transjakarta. “Jadi ga perlu desak-desakan,” kata dia.

Sumber: TEMPO.co; dengan sedikit editing. emoticon-linux2

========


Dan sekarang, guwa cuma bisa bilang gini;
MRT Usul Koridor 1 Busway Dihapus, Transjakarta Punya Data Lain
emoticon-Gila emoticon-Amazed


Catatan:
Hingga informasi berita ini dirilis, belum dipastikan seperti apa rencana penghapusannya. emoticon-Thinking
Tapi dari beberapa info yang guwa dapet, bisa jalur koridornya dihapus 50% secara keseluruhan total rute--mengingat pembangunan MRT fase 1 baru mencapai rute Bundaran HI doang dan MRT fase 2 menuju Jakarta Kota (?) masih dalam tahap pengembangan, atau memang jalur koridornya bakal dihapus 100%--padahal MRT fase pertama pun sendiri cuma mencapai Bundaran HI dan Lebak Bulus.
Ye... kali dihapus total rute koridornya. emoticon-Gila emoticon-Amazed
Mau dibilang ini salah MRT kek, salah TJ lah, atau salah pak Presiden Jokowow maupun salah Gabener Manies pun, yang penting guwa reserved pertamax dulu buat jaga2. emoticon-Hammer emoticon-Ngacir
Diubah oleh pengomon
usul yg sangat tuolol emoticon-Big Grin
Diubah oleh bayar8juta
yah emang ga bisa diapus, kecuali tarf mrt bisa sama dulu ama tj...
biarkanlah yg berduit naik mrt...
yg duitnya kurang naik tj
gitu aja...
lagian yg dr blok M mo ke kota, bisa 2x pindah ntar donk kl tj diapus..

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Kalo sampe dihapus sih bodoh kebangetan. Dimana mana dunia selain ada MRT jalur bus juga ada

Terus emang MRT 24 jam?
Quote:
trayek tj paling tua, udah dimanfaatkan masyarakat belasan tahun, masak iya mau diapus gitu aja
Diubah oleh pesekcuy
Itu orang ga pernah liat kali ya tj jam pulang kantor rute blok m kota.. Penuhnya udah kya ikan asin, orang bejubel yang naik.
kalo diapus nanti gw kalo mau ke glodok naik apa... emoticon-Hammer
Pengguna transportasi yang butuh bermanuver di sepanjang jalur 1 blok M - St. Kota yang menggunakan bus TJ apakah bisa pindah moda ke MRT untuk kemudian mengakses ke TJ koridor lainnya sepanjang blok M - Kota tanpa tambah biaya?

Target market MRT itu konsumennya SES apa ? Apakah harga tiket MRT Rp. 3500,- ?

Menurut gw sih gak bisa TJ jalur 1 dihapus dan digantikan MRT karena hal-hal di atas ini. TJ itu menawarkan konektivitas ke koridor-koridor lain sepanjang blok M - Kota. Penumpang bisa pindah ke koridor lainnya tanpa tambah biaya. Kalau mau hapus jalur 1, MRT mesti bisa wadahi fungsi perpindahan itu tanpa dibebani biaya tambahan. Apa pihak MRT mau seperti itu? atau kalaupun nambahnya gak banyak, apakah penumpang mau? apalagi selama ini mereka sudah gak perlu nambah biaya via layanan TJ.

Sejauh ini infonya tiket MRT antara Rp. 8500 - Rp 17000. Rp 8500 bisa didapat jika MRT mendapat penumpang sebanyak 130.000 orang per hari. Sebagai perbandingan, TJ koridor 1 berdasar data di 2017 itu melayani 85.000 orang per hari dan dikatakan sebagai koridor terpadat. Jadi gw rasa target 130.000 orang per hari untuk dapat harga Rp 8500 itu agak sulit di awal karena rutenya baru sampai bunderan HI. Tapi jika sudah tersambung semua 100% K.Bandan - Lebak bulus, gw rasa hal itu akan tercapai karena gak ada koridor TJ melayani jalur itu dalam sekali naik. Gw gak tahu hitungan Rp 8500 - 130.000 penumpang itu apakah sudah mencakup 100% jalurnya atau baru mencakup jalur sampai bundaran HI. Kalau hitungan 8500 - 130.000 itu cuma untuk sampai bundaran HI, nampaknya tidak akan tercapai. kecuali pemprov mau naikkan hitungan subsidi utk MRT-nya.
target pasar mrt itu siapa sih?
pekerja yang bergaji 3-7jt atau orang menengah yang punya hrv?
8500 ya tiket nya? itu sih mahal ya dan kalo target nya orang menengah yang punya hrv naek mrt mau senyaman apa pun mrt tetep gak akan dia mau jadiin mrt buat pergi balik kantor dia tiap hari
disini mrt harus tau dulu target dia itu pekerja atau yang naek motor ya anak sekolah juga
tiket jangan terlalu jau dari tj 4000-5000
malah gw keinget di sg sepupu gw yang sd itu kartu mrt nya keren ada nama dia ada sekolah dia dimana ada photo dia itu free kalo naek bus naek mrt subsidi juga
Kayak gak ada inovasi suruh main hapus aja emoticon-Big Grin
Padahal jalur koridor 1 lebih praktis emoticon-Big Grin
Supaya aman pengguna mrt dapat fasilitas free tj jadi semacam bargaining point untuk org2 pindah ke moda yg kapasitas nya lebih besar dan lebih modern...kalau enggak malah jadi proyek gagal 😄
Balasan post pesekcuy
Yoi gan, dari yang masih pake bus abu-abu logo burung elang bondol. Padahal koridor 1 termasuk rute emas yang bener-bener ngebantu banget.
Bukannya beda pasar
Bukannya dengan adanya TJ bisa mengurangi kepadatan MRT dibawahnya
Biarkan jalan berbarengan dulu.. Setelah beberapa lama dilakukan evaluasi.. Apakah memang perlu TJ koridor 1 dihapus/di-reroute..
Menurut ane sih gk perlu juga dihapus ya.. Justru dgn adanya MRT dan TJ di "trayek" yg sama malah memanjakan masyarakat.. Pilihan transport umum jadi bnyk emoticon-Big Grin


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di