alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Ternyata Makin Banyak Orang yang Sekolah di Indonesia. Yuk Cek Datanya!
4.8 stars - based on 10 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdc0d545a5163b0468b4567/ternyata-makin-banyak-orang-yang-sekolah-di-indonesia-yuk-cek-datanya

Ternyata Makin Banyak Orang yang Sekolah di Indonesia. Yuk Cek Datanya!

Ternyata Makin Banyak Orang yang Sekolah di Indonesia. Yuk Cek Datanya!

Sebagai anak muda berwawasan luas dan peduli sama bangsa, kita perlu banget nih tahu data tentang capaian pemerintah selama empat tahun terakhir. Jadi kali ini mimin mau memberikan kalian informasi seputar capaian pemerintah di bidang pendidikan. Ada apa aja sih? Cekidot, Gan and Sist!

Kualitas Pendidikan Meningkat

Kualitas pendidikan meningkat, ditunjukkan dengan angka buta aksara nasional yang terus menurun lho!

Ternyata Makin Banyak Orang yang Sekolah di Indonesia. Yuk Cek Datanya!

2015 : 3,56%
2017 : 2,07%

Berdasarkan data dari Kemendikbud dan BPS, pada tahun 2015 masih sekitar 3,56% penduduk Indonesia yang enggak bisa membaca. Tetapi, data terakhir di 2017, angkanya menurun drastic menjadi hanya 2,07% penduduk Indonesia yang buta aksara. Kita doain semoga angkanya terus turun, turun, dan turun ya!

Angka Putus Sekolah SMA menurun

Berikut ini data dari Kemendikbud...

SMA:
2015/2016: 40.454
2017/2018: 31.123

Bisa GanSist lihat deh, di tahun ajaran 2015/2016, jumlah anak putus sekolah menengah atas ada 40.454 orang. Nah, data terakhir untuk tahun ajaran 2017/2018 tercatat jumlah tersebut menurun menjadi 31.123 siswa putus sekolah menengah atas.


Partisipasi Pendidikan Meningkat

Jumlah anak SMA makin banyak & mahasiswa makin banyak.

Angka Partisipasi Kasar SM/SMK/MA (%)

2015: 78,02
2017: 82,84

Menurut data dari Kemendikbud, BPS, dan Kementerian Ristekdikti, persentase jumlah aktual siswa yang bersekolah di sekolah menengah di tahun 2015 tercatat 78,02%. Terus di tahun 2018 jumlahnya makin meningkat menjadi 82,84% siswa yang sekolah di tingkat menengah. Mantul gak tuh, mantap betul!

APK Perguruan Tinggi (%)

Jumlah anak kuliahan juga enggak kalah meningkat lho!

2015: 29,92
2017: 33,37

Lanjut SMA, sekarang kita bahas yang kuliah. Nah, untuk anak kuliahan di Indonesia terus mengalami peningkatan, dari yang awalnya hanya 29,92% di 2015, menjadi 33,37% di 2017 kemarin. Mudah-mudahan makin banyak orang yang sadar bahwa Pendidikan itu penting untuk masa depan ya!

Kesempatan Mendapatkan Pendidikan Semakin Merata

Ternyata Makin Banyak Orang yang Sekolah di Indonesia. Yuk Cek Datanya!

Kalau ngeliat grafik di atas nih, pemerataan Pendidikan di seluruh Indonesia juga udah semakin merata lho. Baik itu antara penduduk miskin dan penduduk kaya dan juga antara penduduk pedesaan dan perkotaan. Kalau liat data, tahun 2017 sudah mencapai angka 0,8, dimana makin mendekati angka 1,00 maka semakin merata. Yeay!

Jumlah Pemberian Beasiswa untuk Perguruan Tinggi Semakin Meningkat

Terjadi peningkatan jumlah mahasiswa yang memperoleh Beasiswa Bidikmisi dari tahun ke tahun.

2014: 196.408
2017: 339.348

Awal 2018 hingga triwulan II: 277.115

Demi pendidikan yang semakin merata, Pemerintah pun membuat berbagai program, salah satunya beasiswa Bidikmisi. Beasiswa ini secara langsung sangat dirasakan sama adek-adek kita mahasiswa di Indonesia yang berprestasi dan kurang mampu. Bayangin aja, mereka digratisin dari biaya kuliah dan malah dapet uang saku lho!

Lalu, di antara itu semua, pemerintah enggak hanya ningkatin kualitas pendidikan, tetapi juga kualitas gurunya GanSist. Pemerintah terus ningkatin kualitas guru melalui program sertifikasi profesi, pelatihan keahlian ganda, dan memastikan tersedianya guru di daerah tertinggal, terdepan, terluar. Kalau 2015 lalu ada 1.642 guru yang terima sertifikasi, pada 2017 kemarin data terakhirnya sudah ada 1.726 guru yang mendapat sertifikasi ini. Hore! Semoga kualitas guru Indonesia semakin meningkat dan bisa bersaing ya!

Ternyata Makin Banyak Orang yang Sekolah di Indonesia. Yuk Cek Datanya!

Pendidikan memang salah satu aspek yang bikin negara dan bangsa bisa maju, GanSist. Optimis banget deh kalau lihat hasil kerja pemerintah empat tahun belakangan bahwa Indonesia bisa lebih baik lagi ke depannya. Yuk bantu pemerintah mencapai cita-cita ini dengan bekerja keras sesuai bidang masing-masing. Pemerintah aja udah “kerja”, masa kamu enggak?~


Halaman 1 dari 7
tau miskin darimana? dari penerimaan beasiswa?
semoga makin banyak yang bisa bersekolah
Semoga makin banyak yang sadar sekolah Gan
mana yg katanya program pendidikan gratis dari pemerintah ???
Biasanya kan pertukaran pelajar setau ane emoticon-Big Grin
Quote:


Kasian gan, banyak yg salah sasaran beasiswanya tuh
Sekolah, sekolah, sekolah
Kerja, kerja, kerja
Ngaskus, ngaskus, ngaskus emoticon-I Love Kaskus
Quote:


beasiswa mah untuk yg berprestasi entah itu miskin atau kaya.. kalau nggak berprestasi y gak dapat... beda dengan bantuan..
Quote:


Tp ad ko tmen yg berprestasi dulu itu selalu rangking 1 terus, tp ga dpt beasiswa, pdhak anak petani loh, sering bgt nunggak bayaran sekolah jg.
Quote:


sama gan kayak ane, malah anak buruh tani dan gk punya sawah.... but ane agak beruntung dapet bantuan dan beasiswa buat bayar spp waktu smk ( berkat guru ane ).. pas kuliah nyari beasiswa susah akhirnya kerja... sekarang akhirnya mimpi buat kuliah kesampaian juga...

mungkin dana buat beasiswa nya terbatas atau gimana ane gak tau....
Quote:


Nah itu, dia pernah crita pdhal kalau temannya dpt beasiswa pdhal anak buruh pabrik, entah kebijakan sekolah atau bagaimana, klo lihat rumah teman ane emang miris gan, masih bilik bambu, lantai juga tanah, tp skrg dia udh krja, rumahnya pun udah dibenahin
Quote:


lebih ke sekolah nya gan kebanyakan.... ane juga dapat kerja lewat sekolah...
Ternyata Makin Banyak Orang yang Sekolah di Indonesia. Yuk Cek Datanya!
Quote:


Bkk sekolah ya gan? Biasanya kl dri jawa sana suka buka loker
Quote:


masih belum adil kah
Quote:


Itu dulu om, tp skrg kurang tau tuh
Quote:


iya betul.. Ane di JATIM...
Quote:


Wah jauh bgt gan, jatimnya dimana?
Quote:


Madiun.. agan diluar kawa kah?
Diubah oleh aftadizca
Halaman 1 dari 7


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di