alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Education /
Sering Terjadi Gempa Lalu Membuat Rumah Tahan Gempa Seberapa Greget ?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdb571796bde6716f8b4569/sering-terjadi-gempa-lalu-membuat-rumah-tahan-gempa-seberapa-greget

Ingin Tahu Seperti Apa Rumah Tahan Gempa, Simak Yuk !

Assalamualaikum
Halo Agan Aganwati sekalian semoga sehat selalu yaa
emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol


Kali ini saya mau berbagi atau sekedar curcol menurut informasi yang ane dapatkan tentang seberapa pentingnya sih punya rumah yang tahan gempa itu. 

Gempabumi adalah peristiwa bergetarnya bumi akibat pelepasan energi di dalam bumi secara tiba-tiba yang ditandai dengan patahnya lapisan batuan pada kerak bumi. Akumulasi energi penyebab terjadinya gempabumi dihasilkan dari pergerakan lempeng-lempeng tektonik. Energi yang dihasilkan dipancarkan kesegala arah berupa gelombang gempabumi sehingga efeknya dapat dirasakan sampai ke permukaan bumi.(BMKG)

Nah sekarang tahu kan bahwa gempa bumi itu suatu bencana yang terjadi secara tiba-tiba dan sampai saat ini masih sulit untuk memprediksi kapan terjadi gempa.
Lalu konsep kita selaku Warga Indonesia yang budiman, lantas ide apa yang keren untuk mengantisipasi terjadinya jikalau ada gempa dadakan ? 
Ya seperti judul trit ane, yaitu Bangunan tahan gempa. Penting gak sih membuat bangunan tahan gempa itu ? 
Oke mari kita ulas bahasan di atas. Tapi sebelumnya ada sedikit quote nih wkwkwk
Quote:


Seberapa Greget Rumah Tahan Gempa itu :
1. Sejatinya rumah tahan gempa adalah rumah yang strukturnya itu terikat semua, jadi pada struktur pondasi, sloof, kolom, dan balok itu memiliki daya ikat oleh tulangan yang baik. Dan untuk pembuatanya harus sangat di perhatikan. 
Maka jika terjadi gempa rangka rumah kita akan tetep bersatu, tidak memisah. 

Sering Terjadi Gempa Lalu Membuat Rumah Tahan Gempa Seberapa Greget ?




2. Untuk denah rumah dibuat sesederhana mungkin , Bangunan tahan gempa tidak muluk-muluk dalam hal keindahan bentuk, tapi setidaknya bisa memainkan di cat warna. Mengapa demikian karena konsep rumah tahan gempa itu bentuknya simetris, sehingga struktur tulangan pembentuk rumah akan memiliki gaya tarik yang seimbang.

Sering Terjadi Gempa Lalu Membuat Rumah Tahan Gempa Seberapa Greget ?

credit : ACP Goodsense




3. Memiliki Struktur pondasi yang baik, pondasi adalah hal terpenting dalam pembuatan bangunan karena pondasi adalah tempat terakhir penyaluran beban  dari atap hingga ke bawah sebelum beban disebarkan ke tanah. Ibaratkan seperti kaki, kaki kita menahan badan kita agar tetap seimbang. 
Lalu sperti apa ponasi yang baik ? Pondasi yang baik memiliki kedalaman 60- 100 cm untuk rumah tinggal lantai 1, tapi sebenernya pembuatan pondasi itu di tempatkan pada tanah keras. misal tanah keras di kedalaman 70, ya disitulah pembuatan pondasi dimulai. 
Quote:

Ini terjadi karena pada bangunan di negara sakura memakai pondasi bantalan pasir seingi 3m. bayangkan kaki agan di atas pasir, pasti goyang-goyang wkwkw
Prinsipnya bahwa bangunan yang terjadi gempa itu tidak getas, melainkan harus bisa bergoyang atau fleksibel.

Sering Terjadi Gempa Lalu Membuat Rumah Tahan Gempa Seberapa Greget ?

credit : antigempa.com


4. Biaya hal yang harus diperhitungkan, ya karena sesuatu yang bagus dan berkualitas tentunya enggak mudah di dapatkan atau di buat oleh karena itu perlu mempertimbangkan budget untuk pembuatan rumah tahan gempa, terutama pada pondasi dan penambahan tulangan sambungan. 
Sering Terjadi Gempa Lalu Membuat Rumah Tahan Gempa Seberapa Greget ?




SEKIAN DAN TRIMAKASIH 

emoticon-Haiemoticon-Haiemoticon-Hai


Diubah oleh yulianrk


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di