alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
6 Instansi Pemerintah dengan Gaji Tertinggi di Indonesia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdae744529a4512158b456a/6-instansi-pemerintah-dengan-gaji-tertinggi-di-indonesia

6 Instansi Pemerintah dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

6 Instansi Pemerintah dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

Menjadi pegawai negeri sipil (PNS) masih menjadi idaman banyak orang. Hal ini terbukti dengan besarnya pendaftar yang mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Berdasarkan data protal pendaftaran sscn.bkn.go.id, total akun pelamar CPNS 2018 mencapai 4.410.228 orang, sedangkan total pelamar selesai daftar mencapai 3.470.567 orang. Salah satu daya tarik menjadi PNS adalah gaji, tunjangan kinerja, berbagai fasilitas terkait jabatan hingga adanya dana pensiun. Berikut instansi Kementerian/Lembaga/Instansi Pemerintah yang menawarkan gaji serta tunjangan yang tinggi:


1. Pemda DKI Jakarta
6 Instansi Pemerintah dengan Gaji Tertinggi di Indonesia
Berdasarkan PP Nomor 30 tahun 2015 itu gaji pokok untuk pegawai dengan level paling bawah yakni golongan Ia dengan masa kerja 0 tahun adalah Rp1,4 juta per bulan. Sedangkan untuk level tertinggi yakni golongan IVe dengan masa kerja 32 tahun, gaji pokoknya sebesar Rp5,6 juta per bulan. 

Namun terkait tunjangan, PNS Pemda DKI mendapat tunjangan yang luar biasa tinggi. Berdasarkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 193 Tahun 2015, besaran tunjangan untuk level terendah (grade 2), tunjangannya mencapai Rp4,86 juta per bulan sedangkan untuk grade 17c besaran tunjangannya mencapai Rp 127 juta per bulan. Gaji ditambah tunjangan yang diterima PNS Pemda DKI Jakarta paling rendah Rp6,3 juta per bulan dan tertinggi adalah Rp133 juta per bulan.


2. Direktorat Jenderal Pajak
6 Instansi Pemerintah dengan Gaji Tertinggi di Indonesia
Berdasarkan Perpres 37 Tahun 2015 Tunjangan Kinerja Pegawai Pajak, tunjangan kinerja untuk level terendah tunjangan kinerja sebesar Rp5,3 juta per bulan. Sedangkan untuk jabatan tertinggi yakni grade 27 dengan jabatan Pejabat Struktural Eselon I, tunjangannya mencapai Rp117 juta per bulan. Dengan perhitungan itu, maka besaran gaji terendah Rp6,8 juta per bulan dan tertinggi Rp122 juta per bulan.


3. Badan Pemeriksa Keuangan
6 Instansi Pemerintah dengan Gaji Tertinggi di Indonesia
BPK memiliki tugas dan tanggung jawab yang penting dalam mengawasi keuangan negara. Jadi, sangat wajar jika PNS di lingkungan BPK memiliki gaji yang besar. Berdasarkan peraturan terbaru yang mengatur tunjangan pegawai BPK tertuang dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 188 Tahun 2014, tunjangan pegawai BPK paling rendah adalah Rp1,5 juta per bulan sementara yang tertinggi mencapai Rp41 juta per bulan.


4. Mahkamah Agung
6 Instansi Pemerintah dengan Gaji Tertinggi di Indonesia
Mahkamah Agung merupakan lembaga tinggi negara pemegang kekuasan tinggi kehakiman. Mengingat tugas dan tanggung jawab yang besar tersebut, tidak heran jika gaji dan tunjangan pegawai di lingkungan Mahkamah Agung cukup tinggi. Tunjangan kinerja terendah senilai Rp1,71 juta per bulan. Sedangkan yang tertinggi tunjangan senilai Rp32,6 juta per bulan.


5. Kementerian Hukum dan HAM
6 Instansi Pemerintah dengan Gaji Tertinggi di Indonesia
Besarnya risiko kerja pada Kementerian Hukum dan HAM berbanding lurus dengan dengan tingkat penghasilan para pegawainya. Pemerintah memberikan penghasilan yang besar juga untuk mencegah timbulnya penyimpangan terjadi ketika pegawai melaksanakan tugas dan fungsinya. 

Penghasilan Pegawai Kemenkumham berpangkat terendah sebesar Rp2,21 juta. Sedangkan pegawai dengan pangkat tertinggi, akan mendapatkan penghasilan hingga Rp27,57 juta per bulan. Penghasilan itu diluar gaji pokok dan tunjangan lainnya.


6. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
6 Instansi Pemerintah dengan Gaji Tertinggi di Indonesia
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengelola serta meregulasi terkait enerdi dan sumber daya alam Indonesia. Terkait tugas dan wewenang yang vital tersebut, pemerintah memberikan gaji pegawai di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dengan cukup tinggi. 

Pegawai dengan pangkat terendah berhak menerima tunjangan kinerja sebesar Rp1,96 juta per bulan. Sementara tunjangan kinerja tertinggi sebesar Rp26,32 juta per bulan.


Sumber : https://www.idntimes.com/life/career...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 6 Instansi Pemerintah dengan Gaji Tertinggi di Indonesia Ekspor Obat Hewan Indonesia Meningkat Ternyata Ini Rahasianya

- 6 Instansi Pemerintah dengan Gaji Tertinggi di Indonesia 6 Alasan Mengapa Mengeluhkan Pendapatan Suami Perlu Kamu Hindari

- 6 Instansi Pemerintah dengan Gaji Tertinggi di Indonesia Untuk Fresh Graduate Ini Ide Cerdas Nabung Walau Gaji Pas Pasan

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di