alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Keuangan Kamu Sehat Jika Memiliki 6 Tanda Ini
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bdaabc9d675d4cd3b8b457b/keuangan-kamu-sehat-jika-memiliki-6-tanda-ini

Keuangan Kamu Sehat Jika Memiliki 6 Tanda Ini

Keuangan Kamu Sehat Jika Memiliki 6 Tanda Ini

Kesehatan memang merupakan hal yang penting. Semua orang pasti setuju dengan kalimat ini, iya nggak? Tidak hanya badan dan jiwa, tapi juga keuangan.

Keuangan yang sehat bisa mengurangi tingkat stres dan membuat kita lebih bahagia, benar nggak? Bebas dari utang dan masalah finansial lainnya.

Untuk memiliki keuangan yang sehat, bisa dimulai dengan hal yang sederhana gansis, yakni mengelola uang dengan baik. Pengaturan uang setiap bulan menentukan kesehatan keuangan saat ini dan masa depan.

Nah, gansis sudah mengatur uang setiap bulannya belum nih? Jika sudah, coba lihat apakah gansis memiliki tanda keuangan sehat seperti berikut ini.

1. Membuat Anggaran Bulanan

Keuangan Kamu Sehat Jika Memiliki 6 Tanda Ini

Membuat anggaran bulanan mungkin terlihat sepele, tapi sebenarnya sangat berguna dalam pengaturan pengeluaran uang. Tidak hanya mengalokasikan uang untuk setiap pengeluaran, anggaran bulanan yang dibuat juga bisa membantu mengendalikan keinginan untuk belanja.

Karena setiap uang sudah memiliki “posnya”, gansis tidak akan sembarangan membelanjakan uang. Dengan begini, pengeluaran terencana setiap hari dan bulannya. Selain itu, anggaran bulanan membuat kita lebih mudah merencanakan keuangan jangka panjang.

2. Mempunyai Tabungan

Keuangan Kamu Sehat Jika Memiliki 6 Tanda Ini

Siapa di sini yang masih belum memiliki tabungan? Keuangan gansis akan lebih sehat jika memiliki tabungan. Tabungan bukan hanya sebagai uang cadangan ketika kejadian darurat terjadi, melainkan juga uang untuk membiayai masa depan.

Dengan memiliki tabungan, gansis bisa mengalokasikan uang tersebut untuk tujuan masa depan yang lebih penting, seperti investasi atau membeli properti.

Lebih baik lagi jika menabung uang di awal bulan dan bukannya sisa uang setelah dibelanjakan. Jika di awal bulan, jumlah uang yang ditabung bisa ditentukan terlebih dahulu dan gansis bisa menabung lebih rutin.

3. Memiliki Rencana Keuangan Jangka Panjang

Keuangan Kamu Sehat Jika Memiliki 6 Tanda Ini

Setelah memiliki pola keuangan yang baik dan tabungan yang cukup, selanjutnya merencanakan keuangan jangka panjang. Hal ini pasti dengan sendirinya terpikir oleh gansis.

Oleh sebab itu, gansis mulai memiliki rencana keuangan jangka panjang dengan berinvestasi atau menyiapkan dana pensiun. Tidak hanya menyiapkan uang di hari tua, kamu juga bisa memikirkan tujuan-tujuan masa depan, seperti membeli rumah atau naik haji.

Semua rencana jangka panjang tersebut bisa diwujudkan dengan ada pengelolaan uang yang baik yang dilakukan setiap bulannya. Oleh sebab itu, mereka yang sudah menyusun rencana keuangan masa depan pasti memiliki keuangan yang sehat.

4. Berhemat

Keuangan Kamu Sehat Jika Memiliki 6 Tanda Ini

Orang dengan keuangan yang sehat tidak akan mau menghabiskan uang untuk keperluan yang tidak penting. Hal ini karena mereka tahu ada yang lebih penting untuk dibiayai. Belum lagi rencana keuangan jangka panjang yang menjadi motivasi untuk mengumpulkan uang lebih banyak.

Berhemat juga merupakan salah satu cara memiliki pengeluaran yang seimbang. Anggaran bulanan yang sudah dibuat tidak akan bisa diterapkan jika kamu tidak bisa berhemat. Semakin banyak kamu berhemat, semakin banyak uang yang bisa disimpan dan digunakan untuk keperluan yang lebih penting.

5. Tidak Memiliki Utang

Keuangan Kamu Sehat Jika Memiliki 6 Tanda Ini

Mereka yang memiliki keuangan yang sehat tidak akan mau berutang tanpa tujuan yang bermanfaat. Karena sudah memiliki pengaturan uang bulanan yang baik dan tabungan, kenapa harus berutang lagi, iya nggak?

Jika hanya untuk keinginan seperti beli barang elektronik terbaru, pasti mereka berpikir lebih baik menabung terlebih dahulu daripada harus berutang.

Berutang sendiri bukan hal yang buruk jika gansis menggunakan uang untuk keperluan yang baik, seperti membiayai pendidikan atau membuka usaha.

6. Bisa Menahan Diri Tidak Belanja

Keuangan Kamu Sehat Jika Memiliki 6 Tanda Ini

Orang-orang dengan keuangan yang sehat tidak akan mudah tergoda untuk belanja karena setiap pengeluaran sudah dianggarkan. Jika mereka asal belanja karena tergoda pada promo, alokasi dana untuk pengeluaran lain akan terganggu.

Oleh sebab itu, jika ingin memiliki keuangan yang sehat, gansis harus bisa menahan diri dari godaan belanja dan semua promo yang ditawarkan.

Promo atau diskon akan menguntungkan jika memang untuk barang yang dibutuhkan. Sebaliknya, jika hanya belanja karena barang murah tanpa melihat kebutuhan, itu artinya gansis mengeluarkan uang untuk keperluan yang tidak penting.



===========

Jika gansis belum memiliki semua tanda di atas, tidak perlu berkecil hati karena pengaturan uang yang baik juga merupakan kebiasaan yang bisa dilatih. Gansis harus serius memperbaiki keuangan pribadi dan membiasakan diri untuk mengubah perilaku, seperti boros, gaya hidup mewah, dan mudah berutang.

Selain mengubah kebiasaan buruk, gansis juga harus mulai membuat anggaran bulanan dan menerapkannya semaksimal mungkin. Pisahkan uang untuk ditabung dan ikuti pengeluaran seperti yang ada di anggaran bulanan.

Pelan, tapi pasti keuangan gansis akan pulih dan membaik. Terus disiplin dan akhirnya gansis bisa memiliki pola pengaturan dan penggunaan uang yang sehat!




Sumber Artikel
yap mengatur duit dengan baik
setuju
Keuangan ane juga sehat .. soalnya dompet ane ga pernah gendut emoticon-Malu
1. Gak ada.
2. Ga punya.
3. Ga punya.
4. Susah.
5. Yes. Dapet 1 poin emoticon-#MAR16ERAK emoticon-Ultah
6. Yes. <--- emang ga punya duit, gimana mo belanja emoticon-No Hope


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di