alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Mamalia /
[COC Pets] Tips Pengobatan Homemade buat Kucing
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd9d795529a459d088b4580/coc-pets-tips-pengobatan-homemade-buat-kucing

[COC Pets] Tips Pengobatan Homemade buat Kucing #AslinyaLo

emoticon-Kiss (S) Halooo agan-sista sejagad Kaskus.. emoticon-Kiss (S)
emoticon-Kiss
Ketemu lagi dengan frontalbaby yang siap menyajikan thread yang (mudah-mudahan) menarik dan bermanfaat buat agan-sista (serta kucing peliharaannya) semua.. emoticon-Embarrassment Thread ini dijamin no repost dan no copas karena asli dibuat oleh ane sendiri berdasarkan pemikiran, pengalaman, dan pengamatan ane. emoticon-Smilie

[COC Pets] Tips Pengobatan Homemade buat Kucing

Buat agan-sista pecinta hewan yang punya peliharaan, pasti rasanya khawatir pas hewan kesayangan agan-sista jatuh sakit. Ane sendiri juga di rumah memelihara beberapa ekor kucing. Udah sering banget ngalamin kucing sakit dan harus berjuang nyembuhin. Ada yang jadi sehat, tapi ada juga yang penyakitnya parah banget sampe kucing ane akhirnya mati. emoticon-Berduka (S) Rasanya syedddiiiihhh.. emoticon-Frown emoticon-Frown emoticon-Frown

Eh, by the way, kenalan dulu sama (sebagian) kucing ane nih.. emoticon-Malu (S)
Quote:

Quote:


Yang penting ketika kucing sakit itu adalah agan-sista mesti paham sakitnya di mana, secara mereka mah kan gak bisa ngomong langsung sama manusia buat bilang apa yang mereka rasakan. Tapi, kalo emang dasarnya pecinta hewan, apalagi meliharanya udah lama, biasanya sih udah ngerti kebiasaan si kucing. Jadi, kalo ada yang menyimpang, pasti langsung curiga ada apa-apa dengan kucing tersebut. Kalo udah ketauan masalahnya apa, baru deh bisa nentuin tindakan pengobatannya mau gimana.

Nah, di thread ini, ane akan berbagi pengalaman ane menyembuhkan kucing-kucing peliharaan ane dengan bahan-bahan yang sederhana dan ada di rumah alias homemade. Kalo kata orang bule mah, “Homemade remedy” gitu gan-sist. Buat agan-sista, terutama yang pelihara kucing, yuk langsung disimak aja beberapa cara mengobati kucing sakit ala ane.

1. Kecap untuk Obat Cacing, Meningkatkan Nafsu Makan, dan Daya Tahan Tubuh

Quote:


Pernah gak, agan-sista ngalamin kucing peliharaannya tiba-tiba susah makan dan gak aktif? Kerjaan kucingnya tiduuuur melulu. Dielus-elus & dimanjain pun responnya gak terlalu antusias. Terus idungnya kering (bukan kering karena kepanasan ya, ini tuh semacam kering karena dehidrasi. Kalo kering karena kepanasan, biasanya abis diem di tempat sejuk juga normal lagi). Bisa jadi kucingnya agan-sista lagi sakit, tuh.

Mumpung belum parah, segera obati. Untuk ukuran kucing dewasa, ane biasa memberikan 1 sendok teh kecap manis sebagai obat. Iyes seriusan! Kecap itu obat yang ampuh buat mengobati berbagai penyakit pada kucing. Obat ini resep turun-temurun dari nenek ane. Dulu, beliau dapet resepnya setelah membaca majalah Belanda. Gak tau juga penjelasan saintifiknya gimana emoticon-Ngakak (S) Pokoknya selama ini emang terbukti ampuh buat kucing-kucing ane.

Cara memberikan kecap ke kucing bisa macem-macem sih, tergantung karakter kucingnya. Ada kucing ane yang doyan kecap emoticon-Big Grin, bahkan lagi sakit pun, asal disodorin ke deket mulutnya (biasa ane menggunakan piring kecil bekas mainan ane jaman bocah emoticon-Big Grin), pasti dia abisin tuh. emoticon-Ngakak (S) Buat kucing yang gak doyan kecap, cairkan kecap dengan sedikit air matang, lalu cekokkan pelan-pelan. Bisa menggunakan sendok kecil, bisa juga dengan bantuan pipet. Tiati keselek kecap tuh kucingnya yah. Jangan lupa lap mulutnya si kucing kalo ada sisa-sisa kecap.

Biasanya, abis minum kecap, kucingnya bobo, terus pas bangun, nyariin makan deh. Tapi, kadang butuh 2-3 kali pemberian kecap, baru nafsu makannya kembali. Selain mengembalikan nafsu makannya, kecap juga membantu mengobati cacingan pada kucing. Kalo abis dikasih kecap, nanti kucingnya mengeluarkan cacing-cacing itu. Bisa melalui poop, atau muntah-muntah gitu. Tapi gak kenapa-kenapa kok. Abis muntah-muntah/poop bercacing, kucing akan kembali sehat.

Kalo dibandingkan dengan manusia, kecap manis ini menurut ane kaya T*lak Ang*n gitu deh, tapi versi kucing emoticon-Ngakak (S) Soalnya bisa nyembuhin berbagai macem penyakit kucing, terutama yang ringan-ringan.

2. Tempe buat Obat Mencret

Quote:


Mencret-mencret adalah penyakit lainnya yang umum dialami kucing. Secara kucing sering makan gak pilih-pilih. Ane udah coba berbagai jenis obat buat mencret, tapi sering gak cocok atau ribet. Nah, setelah nyobain resep ini, ternyata berhasil. Tempenya bisa dipanggang, dibakar (jangan sampe gosong, ya emoticon-Big Grin), atau dikukus sebentar (10-15 menitan lah). Digoreng bisa gak? Ane sih menghindari proses goreng-goreng karena khawatirnya lemak dari minyak bisa memperparah penyakit mencret si kucing.

Setelah dimasak, kasiin deh ke kucingnya. Kebetulan kucing ane semuanya doyan tempe, jadi gak usah digimana-gimanain lagi udah pasti langsung habekk! emoticon-Big Grin Tapi kalo nafsu makannya lagi bermasalah, biasa dipotong-potong kecil terus dicampur potongan ikan/dry food yang ditumbuk kasar. Dosisnya sekitar 1-2 potong aja (potongan tempe dengan ketebalan kurang lebih 0,5 cm). Ini cuma ane kasih buat kucing anak-anak sampe dewasa. Kalo buat yang masih bayi, biarin mimi ASI emaknya aja. Yang penting, emaknya sehat dan makannya bener.

3. Daun Miana buat Obat Pendarahan

Quote:


Agan-sista yang pernah memiliki kucing melahirkan pasti pernah juga mengalami kucingnya pendarahan selama beberapa hari. Kalo manusia mah nifas gitu, entah istilahnya buat kucing sama gak sih emoticon-Big Grin Ribet banget kalo kucingnya udah mulai jalan ke sana-sini, terus duduk di tempat yang bukan semestinya. Darah jadi di mana-mana. Kan jijik ya, males juga ngebersihinnya. Kalo di rumah ane, kucing yang abis ngelahirin biasanya dicekokin air daun Miana (sebagian orang juga menyebutnya daun Jawer Kotok). Manjur banget buat mempersingkat masa nifas si kucing.

Cara bikinnya cukup sediakan segelas air panas (200ml), terus masukin deh 3-4 lembar daun Miana. Tutup gelas serta biarkan hingga dingin dan warna air berubah. Air itulah yang digunakan buat cekokin si kucing. Ane biasa pake pipet ukuran 10ml, dicekokin sekitar 3-4 pipet, sehari 2 kali. Daun Miana ini emang biasa dipake buat mengobati rahim manusia kalo ada masalah apa-apa, termasuk pendarahan. Makanya dipake buat kucing pun manjur.

Tips ini sangat bermanfaat buat agan-sista pemilik kucing yang jauh dari klinik/dokter hewan. Soalnya ane pun awalnya ya gitu, di kota tempat ane tinggal dulu masih jarang banget klinik & dokter hewan atau pet shop. Ane bukan dokter hewan dan gak punya latar belakang medis hewan sama sekali, so jangan menjadikan tulisan ini untuk referensi satu-satunya dalam menyembuhkan kucing agan-sista. Ane hanya sekadar berbagi pengalaman, dan sejauh ini, kucing-kucing ane (yang merupakan kucing kampung biasa) sering berhasil dengan pengobatan tersebut.

Segitu dulu deh thread ane. Terima kasih buat agan-sista semua yang udah mampir baca, komen, dan rate thread ane. Buat yang mau kirim cendol juga boleh banget loh emoticon-Cendol (S)

Mohon maaf kalo ada kata-kata yang kurang berkenan di hati agan-sista emoticon-Embarrassment.
emoticon-Kiss (S) See you on my next thread emoticon-Kiss (S)
emoticon-Maaf Aganwati

Sumber gambar: koleksi pribadi & sumber tercantum
Diubah oleh frontalbaby
Reserved
emoticon-linux

emoticon-linux2 emoticon-linux2

emoticon-linux2 emoticon-linux2 emoticon-linux2

emoticon-linux2 emoticon-linux2 emoticon-linux2 emoticon-linux2

emoticon-kucing selamat berkompetisi ya... emoticon-kucing

emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir

emoticon-Ngacir Tubrukan

emoticon-Bingung
wogh nis, banyak banget kucingnya, rajin pula ya bikin obat sendiri emoticon-Wowcantik

kucing aja diurus apalagi doi emoticon-Genit

al baru tau obat 3 macam itu buat kucing apa lagi kecap, aneh tapi manjur ternyata emoticon-Wowcantik
iya benar tempe manjur buat kucing yg sering mencret emoticon-Recommended Seller
suscribe kak ...
kalo ke kucing garong mempan ga
Quote:


Terima kasih gan eghy.. emoticon-Angpau

Quote:


Wkkwwk.. al bisa aja.. emoticon-Ngakak (S)

Iya emang banyak yang ngerasa aneh pas tau kecap manis bisa dipake buat ngobatin kucing.. emoticon-Malu (S)

Quote:


Pengalaman juga yah om.. emoticon-2 Jempol

Quote:


Kalo kucing garong kasih kopi vietnam aja, campurin sianida dikit.. pasti penyakitnya ilang..emoticon-Jempol
emoticon-thumbsup
kucingnya tidur pakai sepatu emoticon-Leh Uga
Quote:


Wkwk.. sepatu keponakan ane ketinggalan di rumah, yowes ane pinjem dulu buat potosyut si kucing..emoticon-Goyang
Diubah oleh frontalbaby


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di