alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
[COC]Anak Penurut Itu Berbahaya #AslinyaLo
3.5 stars - based on 30 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd9d03fd675d4676d8b4587/cocanak-penurut-itu-berbahaya-aslinyalo

[COC]Anak Penurut Itu Berbahaya #AslinyaLo

Kebanyakan orang di Indonesia menilai bahwa anak penurut itu baik. Banyak orang tua yang memuji anak-anak penurut dan bahkan merasa iri jika anak mereka tidak sepatuh anak-anak itu. Tapi, apakah anak yang selalu menuruti kata-kata orang tuanya itu tidak memiliki sisi negatif? Zaman dulu, di mana orang tua mutlak harus dihormati, masyarakat secara umum berpendapat bahwa anak hanya harus patuh dan nurut pada orang tuanya. Jadi, anak penurut itu sepertinya gak ada sisi negatifnya sama sekali. Tapi, seiring perkembangan zaman, ilmu psikologi dan parenting berkembang, diketahuilah bahwa sesungguhnya anak penurut itu tidak selamanya baik dan justru berisiko menimbulkan masalah. Mendidik anak menjadi penurut is so oldschool dan bisa berbahaya! Kenapa? Here are some reasons why:

Quote:


Terus, harusnya mendidik anak itu gimana dong? Kan anak belum bisa berpikir bener, belum bisa bijaksana menentukan langkah, masa dibiarin ngatur kehidupannya sendiri?
Biar bisa berpikir bener dan bijaksana, ya berarti anaknya dilatih buat berpikir demikian dong. Ini beberapa langkahnya:

Quote:


Ah, gampang banget ngomong soal mendidik anak kaya gitu! Kenyataannya mah ngedidik anak kaya gitu tuh susah!
Yes, mendidik anak memang gak mudah. Semua kembali ke orang tua, mau mendidik yang gak mudah tapi hasilnya berkualitas atau mendidik yang mudah tapi hasilnya kaya di uraian awal thread ini emoticon-Smilie.

Tapi, emang kenapa sih banyak orang tua yang sok ngatur dan menciptakan anak-anak penurut?
Ada banyak sebab, di antaranya yang paling populer adalah:

Quote:


Lalu, bagaimana dengan anak-anak yang terlanjur menjadi korban orang tua over-control? Apakah mereka bisa memulihkan diri mereka dari luka-luka semasa kecil dan berubah menjadi pribadi yang lebih baik?

BISA!

Quote:


Sementara itu dulu penjelasan dari ane soal anak penurut. Maaf kalo kepanjangan. Topik ini emang udah cukup lama ngumpul di benak ane, hasil akumulasi dari materi kuliah, pengalaman saat praktik mengajar, dan berbagai sumber pustaka.

Sedikit cerita latar belakang ketertarikan ane terhadap parenting, awalnya ane sering heran dengan para siswa yang pendiam dan tidak mau menjawab pertanyaan dari ane meskipun ane yakin betul pertanyaan itu bisa mereka jawab. Melalui diskusi dengan dosen dan mahasiswa lain, ane menarik kesimpulan bahwa parenting yang keliru bisa membentuk pribadi anak yang pemalu. Yap, pemalu in a negative way karena sesungguhnya mereka menjadi seperti itu disebabkan rasa takut dan tidak percaya diri yang ditumbuhkan orang tuanya.

emoticon-Kiss (S) Terima kasih buat agan-sista semua yang udah mampir buat baca, komen, dan rate thread ane. Buat yang mau kirim cendol juga boleh banget loh emoticon-Cendol (S)

Mohon maaf kalo ada kata-kata yang kurang berkenan di hati agan-sista emoticon-Embarrassment.

emoticon-Kiss (S) See you on my next thread emoticon-Kiss (S)
emoticon-Maaf Aganwati

Diubah oleh frontalbaby
Halaman 1 dari 7
Reserved
Luar biasa sa, lengkap sekali uraiannya dari mulai pokok permasalahan, sebab, hingga pemecahan masalah emoticon-Wowcantik.

Memang gak baik kalau anak terlalu menurut ma ortunya. apalagi klo dah nikah, kata temen2, pas udah nikah, ortunya bakal banyak campur tangan, terutama soal keuangan dan soal prioritas.

yg paling bikin kesel, si anak jd plin plan hingga dewasa karena gak ada pendirian .
Diubah oleh aldysadi
dulu ane juga suka dikekang ama ortu, mungkin biar gak nakal kalo yah, jadi ya emang rada bener leadershipnya kurang. But makin ke sini makin rada bandel, yahh namanya umur nambah makin suka tantangan. Suka aneh ama ortu yang suka mengekang, gak pengen anaknya bisa dewasa dan mandiri apa yahhh. Nakal ? Ahhh biarin aja. But must know the limit
ya tidak baik itu
Diubah oleh edsixteen
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
yah klo nurut untuk kebaikan yah bagus menurut ane, gak ada ortu yang mau anaknya nakal atau gimana...
Quote:


Jangam terlalu penurut nanti jadi pribadi ga enakan lho.
jadi anak berontak aja
Yang lebih bahaya adalah orang tua yang bereaksi berlebihan ketika anaknya berbuat salah. Langsung main kekerasan misalnya, anak cenderung jadi pembohong agar tidak dikasari.
calon dibully dan dimanfaatin orang...


emoticon-Ngakak
ajari menjadi diri sendiri emoticon-Request
Diubah oleh kecatriatamvan
waaa benar ini gan i feel you
trit belom se pig dah ht?? emoticon-Wakaka
semua point yg agan ts sebutin ane udah kena gejala nya semua. dan sekarang ane baru sadar kenapa ane susah dalam mengambil keputusan. makasi agan ts.
Diubah oleh awanhitam666
kalo gak nurut mah di gebukin sama orang tua gan
Nurut kata ortu boleh. tapi kalo terlalu dikekang kita harus menolak dgn alasan yg bagus sih. krn ane rada rada 50 50 soalnya. kadang nurut, kadang jg bandel emoticon-Cool jd ane jg bingung nih emoticon-Hammer2
anak cerminan org tua gan.
numpang mejeng ditrit HT
Terlalu lugu takutnya mudah terpengaruh.
Setelah ane baca, poinnya terjadi semua sama ane, bener juga hubungan toxic pun ga sanggup ane tolak dan ane ga bisa memimpin orang lain secara tegas karena ane juga jadi merasa lebih nyaman diarahkan, selain itu kalau jadi pemimpin dan ada banyak saran, ane bakal kebingungan sendiri dan sulit untuk memberikan keputusan karena bisa terpengaruh
Diubah oleh king.aslan
Ane relate dengan hal-hal di atas, paling kerasa adalah jadi pribadi yang sering ngebandingin diri sendiri sama orang lain, takut ambil risiko, dan rada kuper. Tapi, gimana juga ane ngga nyalahi ibu ane, karena dia juga nerima perlakuan yang obsesif dan perfeksionis dari orangtuanya. Dan baca buku self help itu membantu banget, kalau bisa curhat sama temen juga membantu banget. Dengerin ceramah agama itu juga kerasa banget efeknya memperluas pandangan, yang udah terjadi ya udah. Hidup ke depan kita yang nentuin, yang penting untuk berubah menjadi lebih baik jangan didorong oleh rasa dendam / benci sama orangtua, perubahan kita nantinya mesti diniati untuk membahagiakan mereka suatu hari kelak.
Halaman 1 dari 7


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di