alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
4 Bahaya Kosmetik yang Mengancam Ekosistem, Masih Mau Pakai?
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd9ac2aded770a46a8b456e/4-bahaya-kosmetik-yang-mengancam-ekosistem-masih-mau-pakai

4 Bahaya Kosmetik yang Mengancam Ekosistem, Masih Mau Pakai?

4 Bahaya Kosmetik yang Mengancam Ekosistem, Masih Mau Pakai?

Kosmetik merupakan bagian yang tak terpisahkan bagi kaum perempuan. Keinginan tampil cantik membuat banyak orang berlomba-lomba mengenakan kosmetik sebaik mungkin. Akan tetapi, kamu perlu mempertimbangkan penggunaannya jika melihat lebih jeli dari kandungan kosmetik yang kamu pakai. 

Komposisi dari kosmetik yang beredar di pasaran sebagian besar dibuat dari bahan kimia. Jika bahan komposisi tersebut diekstrak dari bahan yang diperoleh dari alam, secara sederhana coba bayangkan berapa besar eksploitasi yang telah dilakukan untuk menghasilkan berbagai jenis kosmetik yang kamu pakai.

Ada baiknya kamu lebih dulu mengetahui 4 bahaya kosmetik terhadap kelangsungan ekosistem berikut ini. Di simak ya supaya bisa lebih bijak untuk menentukan penggunaan kosmetik kedepannya.


1. Tabir surya yang kamu pakai dapat mengancam kehidupan karang di laut
4 Bahaya Kosmetik yang Mengancam Ekosistem, Masih Mau Pakai?
Pada umumnya dalam tabir surya terdapat kandungan oxybenzone. Tabir surya yang digunakan akan ikut mengalir dalam saluran air ketika kamu mandi atau mencuci muka dan akan terakumulatif di laut. Banyak studi menemukan bahwa kadar tabir surya di laut telah membahayakan kondisi terumbu karang karena oxybenzone dapat menyebabkan perubahan struktur DNA karang bahkan menyebabkan kematian pada karang-karang. Apalagi selain sebagai bagian dari keanekaragaman hayati, karang juga merupakan tempat hidup hewan laut. Sungguh merugikan bukan?


2. Tisu basah untuk kecantikan? Bisa mengancam kehidupan laut lho
4 Bahaya Kosmetik yang Mengancam Ekosistem, Masih Mau Pakai?
Kebanyakan tisu basah dibuat dari serat sintetis yang sulit diurai. Penggunaan tisu basah dapat berkontribusi pada peningkatan jumlah sampah di bumi. Jika tisu basah mengendap di saluran air dapat menghambat aliran air. Sementara jika tisu basah menjadi sampah yang mencemari lautan dapat mengancam kelangsungan biota laut. Selain itu, kandungan zat kimia dalam tisu basah juga dapat membahayakan hewan-hewan laut. Jika kamu memang membutuhkannya, kamu bisa memilih tisu basah yang terbuat dari bahan serat alami serta bebas alkohol, klorin, dan pewangi sintetis. 


3. Kosmetik mengandung minyak dari kelapa sawit dapat mengancam kelestarian hutan
4 Bahaya Kosmetik yang Mengancam Ekosistem, Masih Mau Pakai?
Sodium Lauryl Sulfate (SLS) banyak dijumpai dalam produk shampo, pasta gigi, conditioner, atau sabun. Tahukah kamu bahwa SLS merupakan turunan dari produk minyak sawit. Faktanya 90% pohon sawit tumbuh di Indonesia dan Malaysia. Kamu bisa memperkirakan ada berapa banyak hutan yang telah dikorbankan untuk menjadi perkebunan sawit. Bukan hanya itu, dibukanya perkebunan sawit juga telah merenggut tempat hidup hewan hutan seperti harimau dan orang utan. Apakah kamu masih tega membiarkan mereka kehilangan tempat hidup?


4. Kemasan yang berujung menjadi sampah akan menjadi polutan
4 Bahaya Kosmetik yang Mengancam Ekosistem, Masih Mau Pakai?
Sebagian besar kemasan kosmetik dibuat dari bahan plastik dalam bentuk jar atau botol. Beberapa kosmetik juga menggunakan kemasan tambahan berupa kardus. Kemasan tersebut akan berakhir menjadi sampah. Semakin banyak kamu menggunakan kosmetik, semakin besar sampah plastik dan kertas yang dihasilkan. 

Plastik terurai dalam kurun waktu ratusan tahun, sementara penggunaan kemasan kardus yang digunakan dapat mengancam ekosistem pepohonan di hutan. Hal kecil yang bisa kamu lakukan untuk meminimalkan resiko sampah adalah dengan mendaur ulang kemasan kosmetik yang kamu gunakan. 

Itulah 4 bahaya kosmetik yang mengancam kelangsungan banyak sumber kehidupan di bumi. Jika kamu masih tidak bisa lepas dari kosmetik, kamu bisa berpartisipasi dengan lebih efisien menggunakan kosmetik. Gunakan hanya pada acara penting dan jangan berlebihan dalam penggunaannya. Kamu juga bisa memilih produk kecantikan yang sepenuhnya berbahan dasar alami dari brand yang secara pasti memiliki kontribusi dalam menjaga lingkungan. Mari cintai bumi, dengan berhemat kosmetik dari diri sendiri.


Sumber : https://www.idntimes.com/life/women/...mpaign=network

---

Baca Juga :

- 4 Bahaya Kosmetik yang Mengancam Ekosistem, Masih Mau Pakai? Kenapa Harus Menggunakan Serum Wajah dan Apa Manfaatnya

- 4 Bahaya Kosmetik yang Mengancam Ekosistem, Masih Mau Pakai? Buka Lagi di Surabaya EXO L Rela Datang Subuh ke Gerai Kosmetik Ini

- 4 Bahaya Kosmetik yang Mengancam Ekosistem, Masih Mau Pakai? Andalan Para Wanita Tampil Kece Inilah 6 Kosmetik Hits Tahun 90 an



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di