alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Tidak Semua Kegiatan Fisik Harus Dilakukan Agar Anak Cepat Tinggi Lho!
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd94b0fdc06bdbc188b456d/tidak-semua-kegiatan-fisik-harus-dilakukan-agar-anak-cepat-tinggi-lho

Tidak Semua Kegiatan Fisik Harus Dilakukan Agar Anak Cepat Tinggi Lho!

Tidak Semua Kegiatan Fisik Harus Dilakukan Agar Anak Cepat Tinggi Lho!

Ada banyak orang tua yang berusaha melakukan berbagai cara agar anak cepat tunggi. Tapi ada juga orang yang beranggapan tinggi yang dimiliki anak adalah warisan dari orang tuanya. Ini tidak salah, karena faktor genetik juga sangat berperan dalam menentukan tinggi badan.
Tapi bagaimana dengan anak yang tidak memiliki faktor genetik badan tinggi? Apakah mereka tidak mungkin bisa tumbuh tinggi? Tentu saja bisa, karena bukan hanya faktor genetik yang mempengaruhi pertumbuhan tetapi juga dari faktor lingkungan seperti kebiasan berolahraga serta asupan nutrisi yang didapatkan.
Olahraga yang Paling Direkomendasikan
Banyak orang yang mengatakan bahwa dengan rajin berolahraga maka tubuh akan senantiasa sehat. Sebenarnya bukan hanya sehat, olahraga juga bahkan bisa mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan. Berikut ini jenis-jenis olahraga yang direkomendasikan agar bisa tumbuh tinggi :
  • Basket

Sudah menjadi rahasia umum jika pemain basket memiliki postur badan yang menjulang tinggi. Ini karena dalam permainan bola basket tubuh akan lebih sering berlari dan melompat. Ketika tubuh berlari dan melompat secara kostan maka lempeng pertumbuhan pada tubuh akan mengalami beberapa guncangan yang menyebabkan peregangan dan kontraksi. Hal inilah yang membuat pertumbuhan otot dan tulang menjadi lebih tinggi sehingga tubuh pun akan tinggi secara maksimal.
  1. Sepakbola

Ternyata bermain sepakbola juga bisa merangsang pertumbuhan yang akan membantu tubuh untuk tumbuh lebih tinggi secara alami. Ini karena saat bermain sepakbola badan akan dituntut untuk lebih banyak berlari dan melompat. Semua gerakan ini mampu membuat darah yang kaya oksigen dan hormon pertumbuhan lebih banyak diterima oleh lempeng pertumbuhan.
  1. Berenang

Gerakan yang dilakukan saat berenang mampu membuat seluruh otot yang ada pada tubuh akan ikut bergerak. Dalam renang tubuh akan mengambang di air dan bergerak secara horizontal, saat inilah tubuh melawan gaya grafitasi dan bagian atas akan melakukan peregangan serta kontraksi. Hal ini akan meningkatkan pertumbuhan tubuh bagian atas. Jadi patut saja jika perenang memiliki tubuh yang ramping dan tinggi dengan tubuh bagian atas yang lebih panjang jika dibandingkan dengan tubuh bagian bawah.
  1. Bersepeda

Ketika bersepeda, bagian bawah tubuh akan diberikan tugas yang lebih berat sehingga membuat aliran darah pada lutut dan otot paha yang merangsang pertumbuhan menjadi meningkat. Gerakan mengayuh sepeda juga akan membuat paru-paru bekerja lebih keras untuk memasok darah yang kaya akan oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini juga akan membantu tubuh bagian atas lebih kuat dan membantu dalam pertumbuhan. Sehingga bersepeda tidak hanya akan membuat stamina meningkat tetapi juga membuat tubuh lebih tinggi.
  1. Lompat Tali dan Bergelantung

Kedua hal ini adalah beberapa cara agar anak cepat tinggi yang sangat disukai oleh anak-anak. Selain menyenangkan, keduanya juga mampu membantu meninggikan badan. Hal ini karena gerakan melompat saat melakukan lompat tali mampu membuat otot meregang dan berkontraksi sehingga membantu pertumbuhan. Sedangkan bergelantung bisa membantu meluruskan dan memanjangkan tulang belakang sehingga postur tubuh akan lebih tinggi.
Nutrisi Yang Paling Diperlukan Untuk Tulang
Selain rajin berolahraga, asupan nutrisi yang didapatkan tubuh juga berpengaruh untuk pertumbuhan tinggi badan. Karena itu, pemenuhan kebutuhan nutrisi terutama untuk tulang juga merupakan salah satu cara agar anak cepat tinggi. Nutrisi-nutrisi yang diperlukan oleh tulang antara lain adalah :
  • Kalsium

Kalsium adalah nutrisi utama yang sangat dibutuhkan dalam pembentukan tulang yang kuat dan sehat. Sumber dari kalsium antara lain seperti susu, sayur, kacang almond dan juga ikan.
  1. Magnesium

Magnesium akan membantu penyerapan kalsium dalam pembentukan tulang. karena itu, magnesium juga dibutuhkan tulang agar bisa tumbuh sehat dan kuat. Sumber magnesium antara lain adalah kacang-kacangan, sayuran, dan juga gandum.
  1. Vitamin D

Untuk mendapatkan vitamin D Anda bisa berjemur dibawah sinar matahari pagi selama 10-15 menit agar kebutuhan vitamin ini untuk tulang Anda terpenuhi. Atau Anda juga bisa meminum suplemen sebagai sumber vitamin D.
  1. Kalium

Untuk menjaga berat pada tulang, kalium sangatlah dibutuhkan. Karena kalium akan membantu membatasi jumlah garam kalsium yang dikeluarkan tulang. Sumber kalium antara lain adalah seafood, pisang, dan juga jus jeruk.
  1. Vitamin K

Vitamin K juga berpengaruh dalam membentuk tulang dan bekerja sama dengan vitamin D dalam membantu menyeimbangkan berat tulang. Sumber makanan yang mengandung vitamin K antara lain adalah sayuran hijau, wortel atau kacang polong.
  1. Vitamin B12

Vitamin B12 juga merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tulang. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin B12 ini Anda bisa mengkonsumsi daging, telur, dan juga produk susu.
Bayi Tinggi Sejak Dalam Kandungan
Anak yang tumbuh tinggi tidak hanya dipengaruhi dari kebiasaan rutin olahraga ataupun asupan nutrisinya setelah lahir saja. Melainkan nutrisi yang didapatkan sejak dikandungan juga berpengaruh terhadap pertumbuhan anak terutama jika pertumbuhan janin terlambat. Karena itu, pemilihan makanan yang baik untuk ibu hamil juga harus tepat. Berikut ini beberapa jenis makanan yang tepat dikonsumsi saat ibu sedang mengandung :
  • Telur

Telur adalah makanan yang memiliki hampir semua nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Mengkonsumsinya akan memberikan efek yang baik pada perkembangan otak dan kesehatan janin.
  1. Ikan Salmon

Ibu hamil sangat disarankan untuk mengkonsumsi salmon setiap minggu, ini karena ikan salom mengandung omega3 yang sangat penting untuk perkembangan dan kesehatan janin.
  1. Sayuran Hijau

Bagi ibu hamil, sayuran hijau sangatlah penting karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan. Nutrisi itu berupa serat, vitamin, zat besi, kalium, folat, kalsium bahkan antioksidan. Sayuran hijau ini bisa berupa brokoli, bayam atau sayur hijau lainnya.
  1. Kacang

Kacang juga merupakan sumber nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Kandungan protein, kalium, magnesium, zat besi, asam esensial dan asam folatnya sangat dibutuhkan bagi tubuh ketika hamil.
  1. Produk Susu

Ibu hamil sangat cocok memakan produk dari olahan susu karena dalam masa kehamilan ibu membutuhkan tambahan protein dan kalsium untuk membantu pembentukan tulang dan pertumbuhan janinnya.
Pada intinya, kegiatan fisik bukan satu-satunya cara agar anak cepat tinggi. Pemenuhan nutrisi anak sejak dan setelah lahir juga berperan dalam pengoptimalan tumbuh tinggi anak. Pemberian nutrisi yang cukup dan kebiasaan hidup sehat merupakan dua hal yang sangat penting dalam proses pertumbuhan.


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di