alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Awas! Degenerasi Makula Bisa Merenggut Penglihatan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5bd9458a620881853f8b4567/awas-degenerasi-makula-bisa-merenggut-penglihatan

Awas! Degenerasi Makula Bisa Merenggut Penglihatan

Awas! Degenerasi Makula Bisa Merenggut Penglihatan

Degenerasi Makula atau age-related macular degeneration (AMD/ARMD) merupakan penurunan penglihatan pusat, yaitu kemampuan Anda untuk memandang lurus ke depan. Makula adalah suatu area kecil di tengah lapisan bagian dalam retina mata dengan jumlah sel batang dan kerucut terbanyak. Makula berperan penting bagi manusia untuk dapat melihat dengan baik di kala terang maupun gelap.

Makula membantu manusia lebih mandiri dan waspada terhadap benda atau keadaan disekitar diri sendiri. Degenerasi makula ini memengaruhi kemampuan membaca, menyetir, menulis atau mengenali wajah seseorang, namun tidak berpengaruh pada penglihatan sisi atau sekeliling.

Degenerasi makula adalah penyebab gangguan penglihatan paling umum di negara-negara maju. Di Asia sendiri, sekitar 6 dari 100 orang ditemukan menderita degenerasi makula.

Penyebab Degenerasi Makula

Sampai saat ini penyakit degenerasi makula belum diketahui penyebabnya secara jelas, dan gejalanya selalu berkembang seiring bertambahnya usia. Ada dua jenis utama degenerasi makula dengan penyebab yang berbeda, yaitu degenerasi makula basah dan kering.

Gejala Degenerasi Makula

Degenerasi makula adalah penyakit progresif yang kondisinya dapat memburuk seiring waktu meskipun pasien cenderung tidak merasakan sakit. Gejala AMD akan lebih mudah diketahui apabila penyakit ini telah menyerang kedua mata.

Gejala utama degenerasi makula adalah memburuknya penglihatan pusat meskipun sudah menggunakan kacamata. Penderita juga akan kseulitan saat mengenali tulisan, gambar, wajah dan ekspresi wajah orang lain.

Selengkapnya klik disini


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di